Mobil Langka
Mobil Bensin Akan Langka

Mulai Ramai Mobil Listrik, Apa Iya Mobil BBM Bakal Jadi Barang Langka?

28 Jun 2019 | 19:01 WIB

Mobil berbahan bakar konvensional atau minyak dalam waktu dekat akan jadi barang langka. Produsen mobil besar sudah mulai menghentikan produksi mobil bensin.

Salah satu raksasa otomotif China, Beijing Automotive Group (BAIC) mengatakan akan menghentikan penjualan semua mobil bensin pada 2025. Chairman BAIC Xu Heyi seperti dilansir AFP, beberapa waktu lalu mengatakan mobil konvensional akan dihilangkan dari Beijing pada tahun 2020 dan seluruh China pada 2025.

Perhatian! Mobil BBM Bakal Jadi Barang Langka

Baca juga: Upayakan Mengurangi Konsumsi BBM, Berikut 7 Alat Rekomendasinya

Namun keputusan penghentian produksi mobil itu hanya berlaku untuk mobil-mobil yang dibuat oleh BAIC sendiri. Untuk mobil yang dibangun bareng Hyundai dan Daimler tidak terpengaruh keputusan ini.

Langkah BAIC itu menyusul keputusan pemerintah China yang ingin menghapuskan mobil BBM untuk mengurangi polusi udara di kota-kota besar. Tahun 2019, pemerintah Beijing menerapkan sebuah sistem yang memaksa produsen memproduksi mobil listrik dalam jumlah minimum.

Pabrikan lain juga sudah mulai menyiapkan langkah menuju mobil listrik. Ford misalnya memprediksi pada tahun 2025,70 persen dari armada mobil yang dijual bakal memiliki opsi tenaga listrik. Sementara Volvo menargetkan untuk menjual mobil listrik di China pada 2019.

Foto : Garasi.id

Ditulis oleh ANJAR
Terakhir diupdate: 07 Mei 2020 | 20:43 WIB
Bagikan

Kata Kunci Pencarian

mobilbekasbarujualbelibensinBBMminyaklangka2025duniaindonesiabeijing