Oli mesin mobil
Oli mesin mobil

Oli Mesin Mobil Punya Peranan Penting! Simak Penjelasannya

17 Mei 2020 | 15:42 WIB

Oli mesin mobil adalah salah satu cairan pada ruang mesin yang berfungsi untuk memberikan pelumasan untuk meminimalisir gesekan antar komponen. Pada saat mesin dihidupkan, oli akan langsung disirkulasikan ke seluruh komponen mesin oleh komponen pompa oli.

Oleh karena itu, oli mesin mobil menjadi satu bagian yang sangat penting untuk mendukung kerja mesin. Seiring dengan pemakaian, terjadi penurunan kualitas dan fungsinya, sehingga harus dilakukan penggantian secara periodik dan pengecekan secara berkala.

Oli Mesin Mobil Punya Peranan Penting! Simak Penjelasannya

Salah memilih oli mesin mobil akan menyebabkan mobil  terasa tidak bertenaga dan bisa mebahayakan mesin dalam jangka panjang. Bila diperhatikan, setiap oli mesin mempunyai beragam kode di kemasan nya dan ini digunakan sebagai petunjuk untuk mesin mobil yang berbeda-beda.

Agar lebih paham, Sahabat bisa membacanya di artikel Oli Mesin Mobil yang Cocok? Perhatikan 4 Hal Ini, kamu bisa mengetahui jenis oli apa yang cocok untuk mobil kamu. Selain itu, kamu juga bisa mengetahui cara membedakan oli asli atau palsu sehingga mobil selalu tetap prima Sahabat.  

Oli Mesin Mobil yang Cocok? Perhatikan 4 Hal Ini

Oli mesin mobil memiliki fungsi penting dalam menjaga keawetan komponen di dalam mesin. Salah memilih oli mesin mobil bisa membuat umur mesin mobil pendek.


Lantas apa sih sebenarnya fungsi lain dari oli mesin mobil? Yuk simak di bawah ini.

Pelumasan

Pada saat mesin dihidupkan, oli mesin disirkulasikan ke setiap komponen mesin oleh pompa oli. Oli melewati bagian-bagian yang bergerak, dan membentuk lapisan film untuk melumasi komponen tersebut.

Oli Mesin Mobil Punya Peranan Penting! Simak Penjelasannya


Dengan cara ini, komponen di mesin terjaga dari kerusakan dan keausan. Di artikel Yang Perlu Kamu Tahu Soal Pelumas Mesin Mobil kamu bisa mendapatkan informasi yang informatif mengenai pentingnya pelumasan oli terhadap komponen mesin mobil kamu.

Fakta dan Mitos Oli Mobil Yang Perlu Kamu Tahu

Mengganti oli merupakan rutinitas yang wajib dilakukan bila mempunyai kendaraan. Sebagai pemilik kamu perlu tahu mitos dan faktanya oli mobil.


Perapat

Saat oli mesin mobil bersirkulasi di dalam mesin, oli akan membentuk lapisan tipis. Lapisan ini akan merapatkan celah antara dua benda yang bergerak. Sebagai contoh, di dalam mesin terdapat silinder dan ring piston sebagai bagian penghasil tenaga di mesin. Oli pada bagian ini akan merapatkan celah keduanya, sehingga kompresi maupun tenaga pembakaran tidak bocor. Hasilnya, tenaga yang dihasilkan akan maksimal.

Oli Mesin Mobil Punya Peranan Penting! Simak Penjelasannya

Jika ring piston atau terdapat celah karena retakan kecil di bagian silinder, otomatis kamu akan mencium bau terbakar yang menyengat. Kamu bisa mengetahui komponen mana dan apa sih penyebab dari bau tersebut di artikel Bau Oli Terbakar, Perhatikan Komponen Berikut.

Bau Oli Terbakar, Perhatikan Komponen Berikut

Mendeteksi kerusakan pada mobil tidak hanya dapat dilakukan dengan mengecek kondisi mesin.


Pembersih


Ketika oli mesin mobil bersirkulasi, oli yang sudah tersaring di filter oli melewati bagian-bagian mesin seperti dinding silinder, metal dan sebagainya.Ketika daerah tersebut terdapat kotoran, seperti sisa karbon pembakaran, maupun partikel logam akibat gesekan, maka oli bersih tersebut akan mendorong/membawa kotoran tersebut.

Akibatnya bagian yang terdapat partikel logam dan bagian sisa karbon akan bersih kembali. Untuk itulah, oli mesin mobil perlu diganti secara berkala, karena kualitas oli akan menurun setelah tercampur dengan endapan karbon dan partikel logam.

Oli Mesin Mobil Punya Peranan Penting! Simak Penjelasannya

Nah, penggantian oli biasanya dilakukan sesuai dengan anjuran bengkel yakni 10.000 km, 15.000 km, 30.000 km, 50.000 km dan selanjutnya. Namun faktanya bahwa penggantian oli mesin mobil maupun servis berkala tidak bisa menjadikan jarak tempuh sebagai acuan. Penasaran kan? Coba deh baca artikel Servis Berkala Mobil yang Benar. Jarak Tempuh Bukan Acuan!.

Servis Berkala Mobil yang Benar. Jarak Tempuh Bukan Acuan!

Servis berkala mobil tidak lagi melihat jarak tempuh mobil. Kondisi jalanan yang macet padat dan panas ekstrim membuat hal tersebut tidak relevan.


Penyerap panas

Ketika mesin dihidupkan, terjadi proses pembakaran yang menghasilkan panas untuk diubah menjadi tenaga. Pada saat yang bersamaan, oli bersirkulasi pada bagian dalam mesin melewati bagian seperti piston, metal dan dinding silinder yang memiliki temperature tinggi karena gesekan.

Oli Mesin Mobil Punya Peranan Penting! Simak Penjelasannya


Nah, oli yang melewati komponen tersebut akan menyerap suhu panas dari komponen-komponen tersebut sehingga suhu mobil tetap terjaga. Jika tiba-tiba mobil mengalami overheat atau mesin panas biar tidak panik coba lakukan hal di artikel ini Mesin Mobil Overheat Dijalan? Segera Lakukan Hal Ini !

Mesin Mobil Overheat Dijalan? Segera Lakukan Hal Ini !

Mesin mobil overheat bisa disebabkan dari komponen yang rusak atau tidak berfungsi. Selalu pengecekan terutama cairan pendingin mesin mobil setiap minggu.


Mencegah karat

Oli Mesin Mobil Punya Peranan Penting! Simak Penjelasannya

Fungsi lain dari oli mesin mobil yaitu mencegah terjadinya karat pada permukaan logam. Oli mesin akan menutup permukaan metal, sehingga metal tersebut terbebas dari oksidasi yang menyebabkan timbulnya karat. Hal ini dapat dibuktikan pada mesin yang terbuat dari metal/ logam, ketika terisi dengan oli, akan terbebas dari karat. 

Perawatan mobil terbaik hanya Di Garasi.id

Sahabat sudah paham bukan apa saja sih sifat-sifat dari oli mesin mobil sehingga perawatan mobil dengan mengganti oli tidak boleh dilupakan. Tapi ingat, merawat mobil tidak hanya sekedar mengganti oli mesin mobil saja. Banyak jenis perawatan mobil lainnya yang bisa dilakukan agar mobil selalu optimal.

Oli Mesin Mobil Punya Peranan Penting! Simak Penjelasannya

Mulai dari perawatan eksterior seperti mencuci mobil pasang kaca film atau coating mobil, perawatan interior seperti pembersihan ruang kabin, pembersihan bagian komponen AC mobil dan masih banyak lagi yang bisa kamu bisa dapatkan di layanan Jasa dan Servis Garasi.id.

Oli Mesin Mobil Punya Peranan Penting! Simak Penjelasannya

Khusus di tengah pandemi Covid-19 ini, Garasi.id juga menghadirkan #SolusiPuas buat kalian yang menginginkan perawatan mobil selama #DiRumahAja. Melalui layanan Home Servis Garasi.id, kamu bisa mendapatkan perawatan mobil yang lengkap dari partner-parter kami yang profesional dan memiliki reputasi yang baik. Jadi tunggu apalagi, yuk rawat mobil kamu sekarang hanya di Garasi.id.

Foto: Garasi.id


Ditulis oleh RIZKY YUNIHARTO
Terakhir diupdate: 17 Mei 2020 | 15:42 WIB
Bagikan

Kata kunci pencarian

tipsmobiltipsotomotiftipsdantricktipsdantrickotomotiftipsgarasiidtipsmembacaolikodeoliolitipsmemiliholioliterbaik
Kontak email [email protected]
Nomor WA 081522550888
Logo Garasi.id
Copyright © 2024 PT. Digital Otomotif Indonesia.
All Rights Reserved
Member Of 
Blibli
 Family