Oli mobil
Oli mobil

Oli Mesin Mobil Punya Peranan Penting! Simak Penjelasannya

22 Des 2019 | 15:51 WIB

Oli mesin adalah salah satu cairan yang ada di ruang mesin. Lebih tepatnya adalah cairan yang diisikan ke dalam mesin. Pada saat mesin dihidupkan, oli ini disirkulasikan ke seluruh komponen mesin oleh pompa oli.

Oli mesin menjadi satu bagian yang sangat penting untuk mendukung kerja mesin. Seiring dengan pemakaian, terjadi penurunan kualitas dan fungsinya, sehingga harus dilakukan penggantian secara periodik.

Salah memakai oli, mobil akan terasa tidak bertenaga dan dalam jangka panjang bisa merusak mesin. Bila diperhatikan, setiap oli mesin mempunyai beragam kode di kemasannya dan ini sebagai petunjuk digunakan untuk mobil teknologi mesin yang berbeda-beda.

Oli Mesin Mobil Punya Peranan Penting! Simak Penjelasannya

Hati-hati dalam memilih tingkat viskositas oli atau biasa disebut kekentalan oli. Jika kamu membeli oli yang tidak sesuai dengan spesifikasi mesin, oli justru akan merusak mesin.

Kamu tidak percaya? Di artikel Oli Mesin Mobil yang Cocok? Perhatikan 4 Hal Ini, kamu bisa mengetahui jenis oli apa yang cocok untuk mobil kamu. Selain itu, kamu juga bisa mengetahui cara membedakan oli asli atau palsu sehingga mobil selalu tetap prima Sahabat.  Lantas apa sih sebenarnya fungsi lain dari oli mesin mobil? Yuk simak di bawah ini.

Oli Mesin Mobil yang Cocok? Perhatikan 4 Hal Ini

Oli mesin mobil memiliki fungsi penting dalam menjaga keawetan komponen di dalam mesin. Salah memilih oli mesin mobil bisa membuat umur mesin mobil pendek.


Pelumasan


Oli mesin mobil

Pada saat mesin dihidupkan, oli mesin disirkulasikan ke setiap komponen mesin oleh pompa oli. Oli melewati bagian-bagian yang bergerak, dan membentuk lapisan film untuk melumasi komponen tersebut.

Dengan cara ini, komponen di mesin terjaga dari kerusakan dan keausan. Di artikel Yang Perlu Kamu Tahu Soal Pelumas Mesin Mobil kamu bisa mendapatkan informasi yang informatif mengenai pentingnya pelumasan oli terhadap komponen mesin mobil kamu.

Fakta dan Mitos Oli Mobil Yang Perlu Kamu Tahu

Mengganti oli merupakan rutinitas yang wajib dilakukan bila mempunyai kendaraan. Sebagai pemilik kamu perlu tahu mitos dan faktanya oli mobil.


Perapat


Oli Mesin Mobil Punya Peranan Penting! Simak Penjelasannya

Saat oli mesin bersirkulasi di dalam mesin, oli akan membentuk lapisan tipis. Lapisan ini akan merapatkan celah antara dua benda yang bergerak. Sebagai contoh, di dalam mesin terdapat silinder dan ring piston sebagai bagian penghasil tenaga di mesin.

Oli pada bagian ini akan merapatkan celah keduanya, sehingga kompresi maupun tenaga pembakaran tidak bocor. Hasilnya, tenaga yang dihasilkan akan maksimal.

Jika ring piston atau terdapat celah karena retakan kecil di bagian silinder, otomatis kamu akan mencium bau terbakar yang menyengat. Kamu bisa mengetahui komponen mana dan apa sih penyebab dari bau tersebut di artikel Bau Oli Terbakar, Perhatikan Komponen Berikut.

Bau Oli Terbakar, Perhatikan Komponen Berikut

Mendeteksi kerusakan pada mobil tidak hanya dapat dilakukan dengan mengecek kondisi mesin.


Pembersih


Ketika oli bersirkulasi di area mesin, oli yang sudah tersaring di filter oli melewati bagian-bagian mesin seperti dinding silinder, metal dan sebagainya.

Ketika daerah tersebut terdapat kotoran, seperti sisa karbon pembakaran, maupun partikel logam akibat gesekan, maka oli bersih tersebut akan mendorong/membawa kotoran tersebut.

Akibatnya bagian yang terdapat partikel logam dan bagian sisa karbon akan bersih kembali. Untuk itulah, oli mesin perlu diganti secara berkala, karena kualitas oli akan menurun setelah tercampur dengan endapan karbon dan partikel logam.

Oli Mesin Mobil Punya Peranan Penting! Simak Penjelasannya

Nah, penggantian oli biasanya dilakukan sesuai dengan anjuran bengkel yakni 10.000 km, 15.000 km, 30.000 km, 50.000km dan selanjutnya.

Namun faktanya bahwa penggantian oli maupun servis berkala mobil tidak bisa menjadikan jarak tempuh sebagai acuan. Penasaran kan? Coba deh baca artikel Servis Berkala Mobil yang Benar. Jarak Tempuh Bukan Acuan!.

Servis Berkala Mobil yang Benar. Jarak Tempuh Bukan Acuan!

Servis berkala mobil tidak lagi melihat jarak tempuh mobil. Kondisi jalanan yang macet padat dan panas ekstrim membuat hal tersebut tidak relevan.


Penyerap panas


Oli Mesin Mobil Punya Peranan Penting! Simak Penjelasannya

Ketika mesin dihidupkan, terjadi proses pembakaran yang menghasilkan panas untuk diubah menjadi tenaga. Pada saat yang bersamaan, oli bersirkulasi pada bagian dalam mesin.

Ketika oli mesin melewati bagian mesin dengan temperatur tinggi seperti piston, metal dan dinding silinder, maka panas komponen tersebut akan diserap. Hal ini dapat menjaga temperatur mesin dan mencegah keausan yang berlebihan pada bagian mesin.

Jika tiba-tiba mobil mengalami overheat atau mesin panas biar tidak panik coba lakukan hal di artikel ini Mesin Mobil Overheat Dijalan? Segera Lakukan Hal Ini !

Mesin Mobil Overheat Dijalan? Segera Lakukan Hal Ini !

Mesin mobil overheat bisa disebabkan dari komponen yang rusak atau tidak berfungsi. Selalu pengecekan terutama cairan pendingin mesin mobil setiap minggu.


Mencegah karat


Oli Mesin Mobil Punya Peranan Penting! Simak Penjelasannya

Fungsi lain dari oli mesin yaitu mencegah terjadinya karat pada permukaan logam. Oli mesin akan menutup permukaan metal, sehingga metal tersebut terbebas dari oksidasi yang menyebabkan timbulnya karat. Hal ini dapat dibuktikan pada mesin yang terbuat dari metal/ logam, ketika terisi dengan oli, akan terbebas dari karat. 

GASPOL (Garasi Promo Online)

Untuk kamu yang ingin melakukan perawatan mobil, Selama Promo GASPOL (Garasi.id Promo Online) kamu akan mendapatkan diskon sebesar 12% setiap pembelian Promo Jasa dan Servis dengan total potongan hingga Rp. 500.000,-. Mulai dari penggantian oli, spooring balancing, tune up atau perawatan mobil dengan jasa coating dan detailing, pemasangan kaca film, pelapisan jok, hingga cuci mobil agar kamu semakin siap menghadapi musim penghujan.

Oli Mesin Mobil Punya Peranan Penting! Simak Penjelasannya

Untuk info lebih lanjut, Sahabat bisa menghubungi Officer Garasi.id atau Chat WA langsung di +62-817-0250-888 atau email di clara@garasi.id. Masih banyak kejutan lainnya yang menanti kamu di Garasi.id, buruan sebelum kehabisan!

Foto: Garasi.id

Ditulis oleh GEDE RAMANANDA
Terakhir diupdate: 09 Apr 2020 | 01:53 WIB
Bagikan

Kata Kunci Pencarian

tipsmobiltipsotomotiftipsdantricktipsdantrickotomotiftipsgarasiidtipsmembacaolikodeoliolitipsmemiliholioliterbaik