Ban Mobil
Perawatan Ban

Pahami Ancaman Yang Bikin Usia Ban Pendek

27 Agt 2018 | 10:11 WIB

Meski memiliki peran penting, sayangnya si karet bundar yang kerap disebut ban sering luput dari perawatan. Padahal dalam melakukan perawatannya cukup mudah, bahkan memiliki banyak manfaat. 

Pahami Ancaman Yang Bikin Usia Ban Pendek

Menurut Manager Proving Ground Bridgestone Zulpata Zainal, ban memiliki musuh utama yang sebenarnya mudah untuk dilawan tapi malas diperhatikan oleh pengguna kendaraan. 

"Dari semua perawatan ban, sebenarnya hal paling penting adalah menjaga tekanan udaranya. Tekanan udara ini menjadi musuh utama pada ban yang sering disepelekan pemilik kendaraan, padahal sangat mudah untuk mengeceknya," ucap Zul yang dilansir dari laman Kompas.com, beberapa waktu lalu.

Baca Juga: Apa Benar Ban Kendaraan Punya Masa Kedaluwarsa?

Lebih lanjut Zul menjelaskan, meski secara perlakuan penggunaan dan penyimpanan sudah baik, seperti tak langung terkena sinar matahari, terhindar dari meterial panas yang bisa merusak karet, tapi selama tidak diimbangin dengan menjaga tekanan udaranya, maka sia-sia.

Perlu diketahui, efek buruk dari kurangnya tekanan udara pada ban bisa sangat merugikan. Bukan hanya merusak ban secara perlahan, tapi juga bisa sampai menimbulkan hal fatal menyangkut keselamatan dalam berkendara.

"Jadi sebaik mungkin merawat ban, paling penting dilakukan menjaga tekanan udaranya, minimal satu bulan satu kali. Saat mengecek dan penambahan udara, baiknya dilakukan ketika kondisi ban sedang dingin," ujar Zul. 

Zul menambahkan, pengecekan atau penambahan udara saat ban dalam kondisi panas atau usai digunakan, angkanya tidak akan akurat karena udara dalam kondisi memuai. Karena itu, lebih aktual saat kondisi ban sudah dingin.

Foto : Garasi.id


Ditulis oleh RIZKY YUNIHARTO
Terakhir diupdate: 08 Mei 2020 | 22:49 WIB
Bagikan

Kata kunci pencarian

mobilbarubekasjualbelibanrekondisisecondtanggalproduksiteabltelitipirantiotomotifjakartadepokbekasitanggerangbandungsurabayabaligarasiid
Kontak email [email protected]
Nomor WA 081522550888
Logo Garasi.id
Copyright © 2024 PT. Digital Otomotif Indonesia.
All Rights Reserved
Member Of 
Blibli
 Family