Lakukan Perawatan Mobil Sekarang Juga
Lakukan Perawatan Mobil Sekarang Juga

Perawatan Mobil Tidak Hanya Jangka Pendek, Tapi Jangka Panjang Juga

15 Agt 2023 | 15:59 WIB

Ketika Sahabat memutuskan untuk memiliki mobil, keseharian yang wajib dilakukan bukan hanya mengisi bensin, kamu juga harus bertanggung jawab untuk melakukan perawatan secara rutin baik dalam jangka pendek maupun jangka panjang. Karena, mobil kesayanganmu dapat bertahan dalam masa pakai yang lama paling dipengaruhi oleh cara kamu merawatnya.


Tanpa alasan, ini dilakukan dengan tujuan untuk memaksimalkan performa mobil kesayangan Sahabat agar optimal dan tetap prima. Selain itu, percuma apabila kamu memiliki mobil dengan modifikasi mewah namun kamu tidak merawatnya dengan benar. Ditambah lagi jika kamu berniat untuk menjualnya di kemudian hari pun, mobil yang terawat tentunya akan memiliki daya beli yang tinggi.


Meski perawatan mobil rutin tidaklah murah, hal ini dapat membuat Sahabat menghindari biaya perbaikan yang lebih mahal ketika rusak parah. Oleh karena itu, Sahabat bisa mengikuti beberapa tips perawatan mobil mulai dari jangka pendek hingga jangka panjang berikut ini.


Perawatan Mobil Tidak Hanya Jangka Pendek Tapi Jangka Panjang Juga

Lakukan Perawatan Mobil Secara Berkala


Perawatan Mobil Jangka Pendek


1. Perawatan Wax Pada Bodi Mobil

Pastikan mobil kesayangan Sahabat di wax setiap enam bulan setelah dicuci, ini tidak hanya akan membuatnya tetap mengkilap, tetapi juga akan membantu menjaga cat dalam kondisi yang baik dan mengurangi kemungkinan untuk berkarat. Banyaknya iritasi seperti debu dan pasir serta faktor lingkungan seperti ozon dan sinar ultraviolet dapat menyebabkan kerusakan mikroskopis. Perawatan Wax pada bodi mobil juga dapat membantu meminimalkannya dengan membentuk segel pelindung untuk memperpanjang umur cat.


2. Cek Filter udara

Filter atau penyaring udara mesin dalam mobil adalah yang mengatur udara yang mengalir ke mesin dan membantu mencegah kotoran serta partikulat atau polusi udara. Dengan memastikan bahwa filter udara mobil Sahabat mengalir dengan benar, kamu dapat meningkatkan efisiensi bahan bakar, mengurangi emisi, dan membantu memastikan masa pakai mesin.


Pastikan Kondisi Ban Mobil Dalam Kondisi Baik

Pastikan Kondisi Ban Mobil Dalam Kondisi Baik


3. Periksa Kondisi Ban Mobil

Ban yang dirawat dengan baik merupakan bagian keseluruhan dari perjalanan yang aman dan hemat bahan bakar, biasakan Sahabat untuk sering memeriksa ban mobil kesayangan secara visual. Periksa tekanan ban setiap bulan dan sebelum melakukan perjalanan jauh atau membawa beban ekstra. Jangan lupa untuk selalu membawa cadangannya. Di dalam panduan buku manual terdapat informasi berapa banyak tekanan udara yang dibutuhkan ban mobil kesayangan Sahabat.


4. Lampu Mobil Menyala Normal 

Wajib diingat Sahabat, sangat penting untuk memastikan lampu pada mobil berfungsi dengan baik, seperti lampu rem, lampu sein, lampu depan, dan lampu parkir. Jangan sampai bagian ini diabaikan. Karena jika rusak dan tidak menyadarinya, kamu dapat bermasalah dengan hukum lalu lintas. Periksa minimal sebulan sekali, periksa apakah kedua seluruh lampu mobil berfungsi dengan baik dan ditempatkan dengan baik.


Rutin Periksa Cairan Oli Pada Mobil

Rutin Periksa Cairan Oli Pada Mobil


5. Ganti Filter Oli Secara Berkala

Oli di mesin mobil memiliki banyak fungsi, seperti mendinginkan mesin, mengurangi keausan, dan membantu mencegah korosi mesin. Tujuannya menjaga saringannya agar tetap bersih serta sangat penting untuk kesehatan mesin menjadi lebih baik. Semua tergantung pada mobil dan jenis oli yang digunakan, Sahabat perlu mengganti filter oli beserta olinya sebanyak setiap 3 bulan. Kamu dapat mengecek panduan manual mobil Sahabat dan konsultasikan dengan montir untuk memastikan apa yang sesuai untuk kendaraanmu.


6. Tingkat Oli dan Pendingin

Setiap bulan atau setiap beberapa kali pengisian bahan bakar, terutama sebelum perjalanan darat yang lebih panjang dari biasanya, ada baiknya untuk melihat ke dalam kap mobil dan memeriksa level oli dan cairan pendingin saat mesin dalam keadaan dingin. Jika salah satu tingkatnya rendah, hal itu dapat menyebabkan masalah pada mesin mobil jika dibiarkan. Sahabat bisa melihat panduan buku manual untuk menemukan tingkat aman keduanya sesuai dengan mobil kamu secara spesifik.


Perawatan Mobil Tidak Hanya Jangka Pendek Tapi Jangka Panjang Juga
Servis Mobil Kesayangan Secara Berkala

Perawatan Mobil Jangka Panjang


1. Penyetelan Dinamometer

Dinamometer direkayasa sebagai tes kinerja tertinggi untuk sebuah mobil. Performa dinamometer diukur dengan memeriksa output mesin kendaraan, termasuk campuran udara-bahan bakar, torsi, dan horse power. Jika Sahabat sudah memiliki mobil selama beberapa tahun, penyetelan ini tidak bisa kamu lewatkan, terutama jika kamu berencana untuk melakukan perjalanan jauh.


2. Cek Cairan Transmisi

Semua bagian yang bergerak dalam mobil Sahabat dipengaruhi oleh pelumas yang disebut cairan transmisi. Baik mobil manual ataupun matic, kamu tetap perlu memeriksakan cairan transmisi setidaknya setahun sekali untuk menghindari perbaikan atau penggantian yang mahal di kemudian hari.


Gunakan Busi Mobil Yang Asli Dari Pabrikan

Gunakan Busi Mobil Yang Asli Dari Pabrikan


3. Busi Mobil

Busi di mesin mobil bertanggung jawab untuk membuat mobil kesayanganmu hidup dengan cara menyalakan campuran gas dan udara setiap kali kamu menghidupkan mesin. Jika busi mobil tidak berfungsi, hal ini akan menyebabkan mobil berkurang dayanya dan tidak akan berfungsi pada kapasitas puncaknya.


Alasan mobil Sahabat harus dilakukan perawatan adalah untuk memastikan mobil kesayangan tetap optimal. Sebab, dengan melakukan perawatan jangka pendek maupun jangka panjang, tujuannya agar komponen dalam mesin akan selalu terjaga dengan baik. Sebab mobil yang mengalami gangguan ketika digunakan maka akan sangat mengganggu Sahabat selama sedang berkendara. Akan tetapi mobil yang mendapat perawatan khusus maka akan terasa begitu nyaman dan aman.


Untuk perawatan mobil secara maksimal Sahabat harus cek e-commerce terpercaya www.Garasi.id. Nikmati promo terbaik dari partner bengkel terpercaya yang ada di kota tercinta Sahabat dibawah ini.


Perawatan Mobil Tidak Hanya Jangka Pendek Tapi Jangka Panjang Juga

Jabodetabek

  • Bengkel Bos berikan promo Diskon Hepi 8.8 Hemat Pasti diskon hingga 50% untuk layanan jasa paket servis lengkap, engine scanning, ganti oli, tune up, jasa kuras transmisi, servis rem 4 roda + free check-up 58 komponen kendaraan, spooring dan balancing.


Perawatan Mobil Tidak Hanya Jangka Pendek Tapi Jangka Panjang Juga


Untuk Sahabat yang berada di daerah juga bisa nikmati promo terbaik yang berikan diskon hingga 70% sesuai jasa servis yang cocok untuk mobil kesayangan kamu berikut ini.


Sikat promo ini sekarang dan lakukan pembayaran yang mudah dan aman dengan fitur QRIS. Jika ada kendala, silahkan Sahabat hubungi tim customer servis Clara dari Garasi.id.


Ditulis oleh ALDY SURYA
Terakhir diupdate: 19 Agt 2023 | 19:58 WIB
Bagikan

Kata kunci pencarian

tipsotomotifperawatanmobiljangkapendekservisberkalajangkapanjangsolusipuasberkualitas
Kontak email [email protected]
Nomor WA 081522550888
Logo Garasi.id
Copyright © 2024 PT. Digital Otomotif Indonesia.
All Rights Reserved
Member Of 
Blibli
 Family