Toyota
Sejarah Toyota

Perjalanan Toyota Mulai Dari Mesin Tenun, Hingga Menjadi Mobil

10 Mar 2019 | 14:07 WIB
BAGIKAN

Toyota telah hadir di Indonesia sejak lebih dari 40 tahun yang lalu sebagai pionir di industri otomotif. Toyota Indonesia direpresentasikan oleh 2 perusahaan utamanya, yaitu Toyota Astra Motor selaku distributor mobil Toyota di Indonesia, dan Toyota Motor Manufacturing Indonesia (atau disingkat TMMIN) selaku manufaktur dan eksportir kendaraan utuh, mesin, komponen dan dies & jigs.

Toyoda lahir pada bulan Februari 1867 di Shizuoka, Jepang. Toyoda adalah penemu dan industrialis Jepang, pendiri Toyota Industries. Minatnya pada mesin tenun timbul setelah melihat ibunya menenun memakai alat tenun yang digerakkan dengan tangan.

Toyoda menciptakan berbagai jenis mesin tenun. Penemuannya yang paling terkenal adalah mesin tenun sistem otomatis (Jidoka) yang dapat berhenti sendiri bila terjadi gangguan teknis. Sistem Jidoka nantinya dijadikan bagian dari sistem produksi yang disebut Sistem Produksi Toyota.

Jadi sejarah Toyota bermula dari perusahaan tenun otomatis dalam skala kecil hingga menjadi produsen mobil terkemuka dunia. Tahun 1933 tepatnya Toyota Motor Corporation didirikan pada bulan September sebagai divisi mobil Pabrik Tenun Otomatis Toyoda. Divisi mobil perusahaan tersebut kemudian dipisahkan pada 27 Agustus 1937 untuk menciptakan Toyota Motor Corporation seperti saat ini.

Perjalanan Toyota Mulai Dari Mesin Tenun, Hingga Menjadi Mobil

Toyota menjadi pabrik mobil terbesar ketiga di dunia yang menghasilkan 5,5 juta unit mobil di seluruh dunia. Jika dihitung, angka ini sama dengan memproduksi 1 unit mobil dalam 6 detik.Nama Toyota sebenarnya di ambil dari nama pendirinya namun dimodifikasi agar memudahkan penyebutan Toyoda menjadi Toyota.

Toyota semakin berjaya setelah era Perang Dunia II berakhir, tahun 1950-an merupakan pembuktian Toyota sebagai penghasil kendaraan serba guna tangguh. Waktu itu kendaraan jip akrab di Jepang. Terinspirasi dari mobil ini, Toyota kemudian mengembangkan orototipe Land Cruiser yang keluar tahun 1950. Setahun kemudian meluncurkan secara resmi model awal Land Cruiser yakni model BJ.

Baca juga: Perhatikan Beberapa Hal Ini Sebelum Membeli Toyota Avanza Bekas!

Toyota tidak hanya dikenal melalui Toyota Land Cruiser. Mereka juga mengembangkan model yang menjadi favorit dunia, sedan kecil. Lewat Corolla yang memulai debutnya pada tahun 1966, sedan mungil generasi awal ini memakai penggerak belakang mengubah tatanan sedan bongsor yang populer saat itu menuju arah sedan kecil yang kompak, irit dan ringkas. Memasuki tahun 1975, Corolla masuk dalam generasi ketiga dan terjual lebih dari 5 juta unit. Hal yang menakjubkan ini masih kokoh hingga sekarang. Mesin mobil Corolla ini kemudian digunakan di Indonesia sebagai mesin untuk kendaraan niaga keluarga serbaguna, Toyota Kijang .

Tidak sampai disitu, Semangat inovasi membuat Toyota tidak pernah redup. Toyota kemudian berkembang menjadi penghasil kendaraan tangguh. Pada tahun 1990-an, Toyota semakin membuktikan bahwa mobil Jepang dapat bersaing dengan mobil Eropa dan Amerika. Toyota Celica berhasil menjadi juara rally dunia, dan Toyota Camry menjadi mobil paling laris di Amerika.

Foto : Garasi.id

Ditulis oleh ANJAR
Terakhir diupdate: 10 Mar 2019 | 14:07 WIB
BAGIKAN