Pentingnya Tutup pentil
Tutup Pentil Ban

Sahabat Tahu Tidak, Tutup Pentil Ban Itu Fungsinya Penting Lho

08 Feb 2019 | 20:00 WIB

Ada satu bagian pada kendaraan yang mungkin sering kali diabaikan keberadaannya. Bagian tersebut adalah tutup pentil ban kendaraan. Memang benda tersebut sering kali dianggap tidak penting oleh pemilik kendaraan. Sejatinya tidak ada satupun benda pada kendaraan yang tidak memiliki peran. Tutup pentil ban sendiri memiliki peran. Peran dari tutup pentil itu untuk menjaga kondisi ban.

Banyak dari kita kerap meremehkan part kecil seperti tutup pentil ban. Tapi Sahabat Garasi tahu tidak, tutup pentil pada ban itu sangatlah penting lho. Karena bisa saja, akibat tidak memiliki tutup pentil, bisa membuat ban Sahabat Garasi meledak. Apesnya lagi, karena ulah hal kecil seperti tutup pentil Sahabat bisa ditilang Polisi karena Sahabat tidak menggunakan tutup pentil pada ban kendaraan Sahabat. 

Fungsi dari tutup pentil ban atau yang juga dikenal dengan sebutan valve cap, adalah mencegah udara di dalam ban agar tidak keluar melalui celah kecil pada katup. Tidak hanya itu saja, tutup pentil juga mampu menahan kotoran maupun air agar tidak masuk. Sebab, apabila sudah terlanjur masuk akan menimbulkan korosi yang menyebabkan katup menjadi bocor.

Sahabat Tahu Tidak, Tutup Pentil Ban Itu Fungsinya Penting Lho

Hal ini jelas sangat berhubungan dengan faktor keselamatan yang diakibatkan oleh tidak adanya tutup pentil ban. Memang tidak akan langsung terasa akibatnya, namun banyak kejadian ban bocor halus hanya karena tidak menggunakan tutup pentil.

Coba bayangkan apabila kendaraan dipakai dalam kecepatan tinggi, sementara ban mengalami kerusakan seperti yang disebutkan di atas. Intensitas yang tinggi pada pemakaian dalam kondisi tersebut dapat memicu kecelakaan.

Akibat kurang angin

Tekanan ban yang ideal tentunya sangat penting ketika kendaraan melaju pada kecepatan tinggi. Berkurangnya tekanan udara membuat ban kurang stabil dan limbung dan tentunya membahayakan.

Dalam kondisi tertentu, kawat penyangga di dalam ban akan bekerja eskstra menahan beban berlebih karena kurangnya tekanan udara. Lama kelamaan, kawat akan putus dan berpotensi menyebabkan ban benjol atau lebih parahnya lagi bisa pecah.

Baca juga: Isi Angin Ban Mobil Dengan Nitrogen, Aman Tidak Ya?

Lantas, apakah boleh menggunakan tutup pentil variasi? Kenapa tidak?

Tutup Pentil Beragam

Pilihan tutup pentil saat ini cukup beragam, mulai dari bahan plastik sampai logam dengan model yang bervariasi. Lalu mana yang baik digunakan?

Menjawab hal ini, Dany mengatakan, sebaiknya mengikuti dari pabrikan yang umumnya terbuat dari plastik. Karena bahan logam ternyata juga cukup mudah dihinggapi karat.

"Bahan logam memang memiliki daya tahan yang lebih bagus, selain itu modelnya banyak. Tapi tidak kuat kalau kena air jadi mudah berkarat, apalagi bila korosinya ada di bagian ulir, otomatis akan sulit dibuka. Karat ini juga bisa menular pada bagian pelek yang materinya terbuat dari besi," ucap Dany.

Namun yang perlu diingat, harus ada sil karet pada tutup pentil. Mengingat saat ini sudah banyak tutup pentil dengan berbagai bahan, seperti plastik, metal yang dilapisi karet, dan lain sebagainya. Yang lebih baik lagi adalah tutup pentil yang memiliki indikator untuk mengetahui tekanan ban berkurang atau tidak. Secara garis besar, tutup pentil tidak hanya membuat aman, tapi juga bisa digunakan sebagai pemanis pada ban.

So, jangan lagi anggap remeh tutup pentil ban ya Sahabat!

Foto : Garasi.id


Ditulis oleh ANJAR
Terakhir diupdate: 11 Mei 2020 | 05:27 WIB
Bagikan

Kata Kunci Pencarian

infobantutuppentilamanbahayameledakpentingtutuppentingtipsgaarsiidtilangpolisiotomotifkendaraanmobilbarubekasjualbeli