Uji Emisi
Jelang Uji Emisi, Mobil Tua Harus Dirawat

Aturan Emisi Baru, Begini Rawat Mobil Tua Agar Tetap Ramah Lingkungan

26 Agt 2019 | 17:24 WIB

Mobil tua tentu performanya tidak akan seperti mobil baru. Terutama gas buang yang dihasilkan tidak akan sesuai dengan klaim pabrikan pada saat pertama kali diluncurkan.

Sambut Aturan Emisi Baru, Begini Cara Rawat Mobil Tua Agar Tetap Ramah Lingkungan

Baca juga: Dukung Pemerintah Tingkatkan Kualitas Udara Jakarta, Ini Cara Yang Bisa Dilakukan

Saat ini pemerintah juga sedang gencar untuk dapat meningkatkan kualitas udara serta menekan emisi dari pembakaran kendaraan bermotor. Seperti yang tertera di Peraturan menteri Lingkungan Hidup dan Kehutanan Nomor P.20/MENLHK.SETJEN.KUM.1/2/2017 tentang Baku Mutu Emisi Gas Buang Kendaraan bermotor Tipe Baru Kategori M, N, dan O atau yang lebih dikenal dengan Standar Emisi Euro IV. Peraturan ini segera diterapkan pada tahun ini.

Nah, melansir dari situs resmi Daihatsu, berikut tips untuk menekan kadar emisi pada mobil tua :

1. Lakukan perawatan berkala agar kondisi mobil tetap prima.

Hal itu untuk mencegah mesin terasa tak bertenaga dan untuk menekan kadar gas buang pada mobil. Perawatan bisa dilakukan dengan membersihkan saringan bensin, saringan udara, busi, saringan oli, cek sistem pengapian. Gantilah sparepart mobil tua yang bersifat fast moving pada mesin jika memang sudah waktunya atau ikuti aturan buku panduan.

2. Jangan lupa cek kompresi pada kendaraan.

Bila komponen yang satu ini bermasalah, bisa menyebabkan kadar emisi gas pada mobil bertambah. Keuntungan memperhatikan part yang satu ini juga bisa menjaga agar kompresi pada ruang bakar mesin tetap baik.

Namun jika mobil sudah bermasalah sebaiknya segeralah membawanya ke bengkel langgananmu. Hal itu menyangkut campuran udara pada bensin, tekanan kompresi, pengapian, dan keausan mesin. Karena hal ini akan menyebabkan mobil Sahabat tidak lulus uji emisi dan harus ditanggapi dengan cepat untuk menjaga mesin mobil fit kembali.

Baca juga: Polusi Meningkat, Pemerintah Buat Aplikasi E-Uji Emisi

Menurut informasi yang didapat, uji emisi ini juga akan dikaitkan dengan proses pengurusan surat dan pajak kendaraan. Jika mobil tersebut tidak lolos uji emisi akan sulit bagi pemilik untuk mengurus surat kendaraan bermotor.

Jadi, tetap rawatlah mobilmu secara berkala dan dengan baik. Supaya mobil lamamu bisa berpartisipasi menjaga standar emisi gas buang ya Sahabat Garasi.

Foto : Garasi.id


Ditulis oleh RIZKY YUNIHARTO
Terakhir diupdate: 11 Mei 2020 | 04:48 WIB
Bagikan

Kata kunci pencarian

mobilbarubekasjualbeligasbuangujiemisimobiltuaperawatantipstrickjakartadepokbekasitanggerang
Kontak email [email protected]
Nomor WA 081522550888
Logo Garasi.id
Copyright © 2024 PT. Digital Otomotif Indonesia.
All Rights Reserved
Member Of 
Blibli
 Family