Defogger
Fungsi Defogger

Seperti Tak Penting, Ini Fungsi Garis Vertikal Kaca Belakang Mobil

28 Jul 2019 | 19:01 WIB

Pernahkah Sahabat Garasi melihat garis melintang berwarna coklat pada kaca belakang mobil? Banyak yang mengira bahwa bagian tersebut sekadar stiker yang berfungsi sebagai hiasan. Tapi jika ditelisik lebih lanjut, rupanya ada peran yang sangat vital namun kerap terabaikan.

Menurut situs resmi Nissan Indonesia dan melansir laman Otosia.com,  garis-garis itu disebut dengan defogger. Fungsinya ialah menghilangkan embun ketika mobil sedang melaju di tengah hujan.

Seperti Tak Penting, Ini Fungsi Garis Vertikal Kaca Belakang Mobil

Baca juga: Ingat, Tidak Semua Kaca Film Bisa Menolak Sinar Infrared

Hal ini berkaitan dengan visibilitas berkendara yang seringkali terganggu apabila di luar kabin sedang basah. Ketika AC tidak menyala, pandangan ke arah belakang kerap buram karena embun. Pengembunan tersebut terjadi karena perbedaan suhu udara antara di dalam kabin dan lingkungan luar.

Karena itulah defogger sangat berguna untuk bikin kaca kembali bersih. Garis-garis yang menempel pada kaca tersebut memiliki elemen panas yang mampu menyeimbangkan suhu.

Sistem akan memanaskan elemen itu membuat embun lenyap dengan waktu singkat. Cara kerjanya mirip dengan kompor listrik di mana panas diinduksikan ke seluruh bagian permukaan kaca belakang.

Cara mengaktifkan defogger

Bagi mereka yang masih awam, tentu akan kebingungan untuk mengaktifkan fitur yang sudah banyak dipakai oleh mobil-mobil modern ini.

Cara mengaktifkan defogger ialah dengan menekan tombol yang biasanya terletak pada konsol utama AC. Umumnya, tombol tersebut ditandai dengan simbol persegi panjang yang dilintasi oleh tiga panah meliuk.

Selamat mencoba ya Sahabat Garasi!

Foto : Garasi.id

Ditulis oleh RIZKY YUNIHARTO
Terakhir diupdate: 11 Mei 2020 | 06:33 WIB
Bagikan

Kata kunci pencarian

mobilbarubekaskacafilmgarisbelakangjualbeliotomotiftipsfungsikacadefoggermanfaatjakartadepokbekasitanggerang
Kontak email [email protected]
Nomor WA 081522550888
Logo Garasi.id
Copyright © 2024 PT. Digital Otomotif Indonesia.
All Rights Reserved
Member Of 
Blibli
 Family