Mobil Listrik
Mobil Listrik 2019

Siap-Siap! Tahun Depan Mobil Listrik Mulai Wara Wiri

07 Des 2018 | 14:00 WIB

Sempat ramai diperbincangkan soal trend mobil listrik, nampaknya hal tersebut akan segera terealisasi karena Peraturan Presiden soal kendaraan listrik yang diusulkan Kementerian Perindustrian, akan rampung awal 2019. Tak lama lagi, akan banyak kendaraan tanpa suara berlalu lalang di Indonesia. 

Siap-Siap! Tahun Depan Mobil Listrik Mulai Wara Wiri

Mobil Listrik Masih Redup, Mending Mobil Bensin

Berdasarkan survei yang dilakukan PT Nissan Motor Indonesia (NMI), kecenderungan konsumen untuk membeli mobil listrik masih kecil.

Kepala Staf Kepresidenan, Jenderal TNI (Purnawirawan) Moeldoko mengatakan, regulasi kendaraan listrik akan mulai diterapkan pada awal tahun depan. Sebelumnya, aturan tersebut digodok oleh Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral serta Kemenperin.

"Dari Kementerian ESDM sudah, Kemenperin sudah, sekarang lagi diselaraskan oleh Kementerian Koordinator Bidang Kemaritiman. Targetnya awal 2019, makin cepat makin bagus. Karena, sesungguhnya sudah menggeliat mobil listrik di Indonesia," ujarnya di Jakarta Pusat,yang dilansir dari laman Viva.co.id, Rabu (5/12/2018).

Perpres kendaraan listrik itu melibatkan berbagai pihak, yakni kesiapan energi oleh Kementerian ESDM, kesiapan perpajakan oleh Kementerian Keuangan dan kesiapan industri oleh Kemenperin. Sedangkan persiapan stasiun pengisian baterai listrik akan berjalan secara bertahap.

"Kesiapan (pengisian baterai) sudah diinisiasi oleh Badan Pengkajian dan Penerapan Teknologi, bagaimana stasiun pengisian listriknya," tuturnya.

Menurutnya, sangat penting menyesuaikan tempat pengisian baterai sesuai aktivitas dari penggunanya. "Dimasifkan sesuai tempat, di mana kendaraan listrik berkumpul. Mungkin bisa stasiun kereta, mal-mal yang jadi tujuan publik," katanya.

Sebelumnya, Beberapa waktu lalu Gembar gembor mobil ramah lingkungan mulai mencuat. Bahkan pemerintah memprediksi kalau tahun 2025 produksi mobil listrik akan mencapai target 400 ribu unit. Hingga saat ini Mobil Listrik tengah berkembang pesat di seluruh dunia. Banyak prediksi, cepat atau lambat, mobil ramah lingkungan ini bakal menggantikan peran mobil bensin atau Diesel di jalan raya.

Foto : Garasi.id

Ditulis oleh RIZKY YUNIHARTO
Terakhir diupdate: 11 Mei 2020 | 02:09 WIB
Bagikan

Kata kunci pencarian

mobilbarubekasjualbelitrenotomotifgarasiidlitrikpemerintahpresiden2019jakartajalanberkendarasiapindonesia
Kontak email [email protected]
Nomor WA 081522550888
Logo Garasi.id
Copyright © 2024 PT. Digital Otomotif Indonesia.
All Rights Reserved
Member Of 
Blibli
 Family