Bodi Mobil Yang Bersih dan Kinclong Adalah Dambaan Setiap Pemilik Mobil
Bodi Mobil Yang Bersih dan Kinclong Adalah Dambaan Setiap Pemilik Mobil

Simak! Cara Memoles Mobil Agar Tetap Kinclong Dari Rumah

28 Des 2022 | 11:00 WIB

Sahabat pasti mau tampilan mobilnya tetap mengkilap saat digunakan bukan. Kamu juga bisa memoles mobil sendiri di rumah supaya lapisan catnya makin berkilau. Namun, kamu harus mengikuti tips memoles mobil secara tepat dan benar agar hasilnya lebih optimal. Sebelum kita bedah cara memoles mobil sendiri dirumah dengan benar, mari kita bahas pengertiannya sebagai berikut.


Pengertian dan Manfaat Memoles Mobil


Sebelum mempelajari cara memoles bodi mobil, ada baiknya Sahabat mengenal apa itu proses pemolesan mobil lebih jauh. Pemolesan mobil atau polishing adalah salah satu teknik merawat cat mobil. Proses pemolesan akan membantu mengikis lapisan cat mobil agar permukaannya rata kembali.


Tujuan pemolesan mobil adalah untuk menghilangkan baret yang mungkin ada di permukaan mobil serta membuat bodi mobil tampak lebih indah dan mengkilap. Perawatan ini juga berguna untuk menghilangkan debu dan kotoran yang menempel pada bodinya. 


Selain itu, lapisan cat mobil juga makin terjaga dari goresan atau lecet dengan prosedur perawatan mobil ini. Lebih jauh bahkan proses pemolesan yang benar dapat menutupi lapisan cat mobil dengan cairan pelindung. Cairan pelindung ini dapat melindungi kondisi cat mobil serta memperlambat penuaan lapisan cat yang dapat membuat warna cat terlihat kusam. Tampilan mobil makin indah dan bersinar berkat teknik memoles mobil yang tepat


Lakukan Pencucian Seluruh Bagian Bodi Mobil

Lakukan Pencucian Seluruh Bagian Bodi Mobil


Memoles Mobil Bukan Pekerjaan Sepele


Poles mobil bukanlah pekerjaan yang bisa dilakukan secara asal asalan. Pekerjaan ini juga memakan waktu tidak sebentar dan membutuhkan ketelitian selama proses pengerjaannya. Oleh karena itu, Sahabat perlu berhati-hati saat memoles mobil supaya lapisan cat mobilnya tetap terjaga dan tidak rusak.


Berbagai Tips Memoles Mobil Dengan Benar


Seperti yang sudah disebutkan sebelumnya bahwa pemolesan bukanlah hal mudah yang bisa dilakukan sembarangan. Supaya mobil tidak tergores atau justru memiliki tampilan yang jelek, Berikut adalah tips memoles mobil sendiri agar tampilan akhir cat mobil Sahabat lebih indah dan berkilau saat dilihat, Yuk simak apa saja tips-tipsnya.


1. Siapkan Peralatan Poles


Peralatan poles mobil terdiri dari kain poles dan cairan poles. Ada dua jenis cairan poles yang tersedia di pasaran, yaitu cairan wax dan hard shell. Keduanya sama-sama bisa digunakan untuk memoles bodi mobil, jadi Sahabat tinggal memilihnya sesuai kebutuhan. 


Pilihlah cairan poles berkualitas tinggi meskipun harganya mahal agar tidak membahayakan cat mobilnya. Saat membeli cairan poles, bacalah dahulu review mengenai barang tersebut agar lebih aman saat digunakan.


Sedangkan untuk kain poles, pilihlah jenis kain halus agar tidak menyebabkan baret pada permukaan cat kendaraan. Menggunakan kain kasar pada proses pemolesan hanya akan merusak lapisan cat kendaraan Sahabat. Oleh karena itu, disarankan menggunakan jenis kain microfiber yang lembut.


Baca Juga: Cek Radiator Hukumnya Wajib!


2. Cuci Mobil Sampai Bersih


Bersihkan mobil Sahabat terlebih dahulu sebelum memulai proses pemolesan. Kamu harus mencuci mobil sampai bersih dan tidak ada kotoran atau debu menempel di permukaannya. Langkah ini harus dilakukan untuk menghindari munculnya baret atau goresan saat bodi mobil sedang dipoles.


Sahabat bisa menggunakan mesin cuci mobil di rumah supaya bersih maksimal dan kualitas cat mobilnya tetap terjaga. Jangan menggunakan jenis sabun lain selain sabun cuci mobil, serta pilihlah produk sabun berkualitas agar mobil tetap aman saat dicuci.


3. Keringkan Mobil


Hindari mengeringkan mobil dengan cara dibiarkan di bawah sinar matahari. Alasannya, sisa-sisa air bisa mengendap dan membentuk water spot dan jamur pada bodi mobil. Gunakan lap microfiber supaya mobil kering sempurna. Sahabat bisa menggunakan lap chamois sebagai alternatif, tetapi bilaslah dahulu menggunakan air bersih supaya cat mobil tidak tergores


4. Poles Mobil Secara Merata


Setelah mobil kering sempurna, waktunya memoles mobil Sahabat. Waktu pengerjaannya bergantung pada tingkat kekusaman dan detail pemolesannya. Kamu membutuhkan waktu lebih lama jika tampilan cat yang kusam sudah sangat terlihat atau membutuhkan detail polesan yang rapi dan teliti. Ikuti langkah di bawah ini untuk memoles mobil sendiri menggunakan tangan:


Parkir mobil di lokasi yang terang dan aman dari debu atau kotoran lainnya, misalnya garasi atau halaman rumah. Siapkan peralatan poles mobil. yaitu cairan poles dan kain microfiber. Teknik poles ini dilakukan secara manual menggunakan tangan.


Manjakan Mobil Kesayangan Di Rumah

Manjakan Mobil Kesayangan Di Rumah


Mulai proses pemolesan mobil dari bagian atas mobil. Bubuhkan cairan poles pada bagian tersebut kemudian lap menggunakan kain microfiber sampai mengenai seluruh bagian atasnya. Pastikan Sahabat telah meratakan cairan dari atas hingga samping mobil supaya tampilan mobil mengkilap seperti yang diinginkan. Lakukan dengan gerakan memutar dan berulang ulang sampai mendapat hasil yang diinginkan.  Ulangi langkah di atas pada bagian samping, depan dan belakang mobil secara berurutan. Pastikan satu area mobil sudah dipoles sempurna sebelum berpindah ke area lainnya. Lakukan juga pemolesan pada bagian velg mobil dan mika agar tampak lebih indah. Tahap terakhir, lakukanlah pengecekan setelah mobil selesai dipoles. Sahabat bisa memoles bagian mobil jika perlu. Akhiri proses pemolesan apabila sudah sesuai ekspektasi.


Baca juga: Jangan Sampai Nyesel Membeli Sparepart Palsu!


Tips memoles mobil di atas sebenarnya mudah dilakukan, hanya saja pengerjaannya membutuhkan waktu lama. Belum lagi jika salah dalam pengerjaannya malah dapat membuat bodi mobil lecet bahkan rusak.


Jika ingin lebih praktis dalam memoles mobil, kunjungi www.Garasi.id pilih jasa servis Premium Exterior Detailing adalah layanan yang berguna untuk memperbaiki permukaan cat mobil secara signifikan dari defect yang menempel pada permukaan bodi mobil seperti swirl, marring, dan buffer mark. Pembersihan ini bisa menghasilkan tingkat kebersihan hingga mencapai angka 80-95%. Dengan langkah terakhir yaitu memberikan lapisan wax, permukaaan mobil akan lebih terlihat mengkilap dalam jangka waktu yang lama yaitu sekitar 4-6 Bulan.


Simak! Cara Memoles Mobil Agar Tetap Kinclong Dari Rumah


Semua partner di Garasi.id sangat terpercaya memiliki alat poles yang dibutuhkan serta menggunakan pembersih kualitas terbaik di kelasnya. Mulai dari mesin poles hingga cairan dan kain yang dibutuhkan. Nikmati juga seluruh fasilitas layanan terbaik untuk mobil kesayangan Sahabat hanya di promo Gaspol 12.12 berikan diskon 75% hingga 150Ribu. Untuk mendapatkan informasi dan penawaran terbaik lainnya silahkan hubungi Clara di Wasap.


Ditulis oleh ALDY SURYA
Terakhir diupdate: 28 Des 2022 | 11:00 WIB
Bagikan

Kata kunci pencarian

tipsotomotifperawatanexteriorinterior
Kontak email [email protected]
Nomor WA 081522550888
Logo Garasi.id
Copyright © 2024 PT. Digital Otomotif Indonesia.
All Rights Reserved
Member Of 
Blibli
 Family