Membeli mobil bekas
Membeli mobil bekas

5 Langkah dan Cara Membeli Mobil Bekas yang Baik Agar Tidak Merugi

15 Mei 2020 | 12:45 WIB

Tentunya memiliki sebuah mobil atau kendaraan pribadi adalah impian semua orang. Jika terkendala oleh budget, tidak ada salahnya untuk membeli mobil bekas. Membeli mobil bekas kerap kali dijadikan alternatif lain untuk memiliki sebuah mobil. Jika Sahabat melakukannya dengan benar, kalian bisa mendapatkan mobil bekas dengan harga yang murah, namun tetap mendapatkan mobil bekas yang memiliki fitur dan kenyamanan mobil yang oke.

5 Langkah dan Cara Membeli Mobil Bekas yang Baik Agar Tidak Merugi

Mungkin akan banyak pertanyaan yang muncul seperti apakah saya sudah waktunya memiliki mobil? Apakah saya mampu membayar kredit ketika membeli mobil bekas? Apakah mobil bekas yang saya beli dalam kondisi yang baik? Dan berbagai pertanyaan lain yang membuat Sahabat ragu untuk membeli mobil bekas. Untuk itu, guna meminimalisir hal-hal yang tidak diinginkan ketika membeli mobil bekas, berikut akan dijelaskan apa saja langkah-langkah yang tepat ketika ingin membeli mobil bekas. 

Menentukan jenis mobil

5 Langkah dan Cara Membeli Mobil Bekas yang Baik Agar Tidak Merugi

Langkah pertama yang Sahabat harus lakukan adalah menentukan jenis model mobil. Ada banyak jenis dan model mobil seperti SUV, MPV, Sedan, Hatchback, Crossover dan masih banyak yang lainnya. Perlu kamu ketahui bahwa, semakin tinggi tipe mobil yang dipilih, maka akan semakin tinggi pula anggaran yang harus dipersiapkan. Jadi, jangan sampai memilih tipe mobil diluar batas kemampuan anggaran kalian. Jika Sahabat bingung mobil bekas apa saja sih yang bisa kalian beli di umur-umur produktif kalian, kalian bisa cek di artikel 5 Mobil Bekas Keren dan Berkualitas Cocok Untuk Anak Muda.

Periksa fitur dan kondisi mobil bekas

Langkah kedua yang harus dilakukan ketika membeli mobil bekas adalah, melihat ada fitur-fitur apa saja yang ada di dalam mobil bekas yang diinginkan. Kalian pasti sudah tahu, perkembangan teknologi khususnya di bidang otomotif roda empat sangatlah cepat. Oleh karena itu, pemilihan fitur yang ada di dalam mobil bekas menjadi aspek penting agar nantinya kalian tidak menyesal karena ternyata fitur yang ada di mobil tidak sesuai dengan kebutuhan yang diperlukan.

5 Langkah dan Cara Membeli Mobil Bekas yang Baik Agar Tidak Merugi

Sedikit tips lainnya mengenai ketersediaan fitur yang ada di dalam mobil bekas, pastikan fitur-fitur di dalam mobil dan fitur penunjang lainnya bertahan kurang lebih untuk 5 tahun ke depan.Jangan memilih mobil karena keinginan meniru orang, tetangga atau teman saja, karena kita adalah orang yang paling tahu tentang kebutuhan kita sendiri. 

5 Langkah dan Cara Membeli Mobil Bekas yang Baik Agar Tidak Merugi

Jika Sahabat lebih membutuhkan fungsionalitas dan kapasitas penumpang maka tidak perlu memilih mobil dengan berbagai fitur canggih, karena itu akan mubazir jika fitur-fitur tersebut tidak digunakan. Namun jika Sahabat mengutamakan fitur-fitur, maka jangan memilih mobil karena tampang eksteriornya yang cantik saja, telitilah fitur-fitur apa saja yang ada pada mobil bekas tersebut.

Tentukan alternatif pilihan mobil bekas

Langkah ketiga yang Sahabat bisa lakukan ketika ingin membeli mobil bekas adalah membandingkan 1 hingga 3 mobil untuk dijadikan pembanding. Ambil contoh, kamu ingin memiliki mobil merek A, namun kamu suka dengan fitur mobil di merek B, akan tetapi anggaran kamu mampu di mobil merk C. Diantara pilihan A, B dan C, kalian harus bisa menentukan manakah mobil bekas yang paling tepat yang bisa mendukung aktivitas dan kegiatan kamu sehari-hari.

5 Langkah dan Cara Membeli Mobil Bekas yang Baik Agar Tidak Merugi

Saat ini, mendapatkan informasi tentang mobil bisa kalian dapatkan dengan mudah di internet. Lakukan pencarian di berbagai macam website untuk mencari info-info yang akurat mengenai mobil bekas yang kamu inginkan. Saat ini membeli mobil bekas layaknya membeli barang di toko online. Namun ingat, pilihlah website jual beli mobil bekas yang memiliki reputasi baik dan memiliki fitur lengkap seperti di Garasi.id.  Kalian bisa membacanya di artikel 5 Tips Membeli Mobil Bekas Online Agar Tidak Berujung Kerugian, untuk mendapatkan alasan mengapa Garasi.id adalah e-commerce jual beli mobil bekas terbaik. 

Memilih tempat online membeli mobil bekas

5 Langkah dan Cara Membeli Mobil Bekas yang Baik Agar Tidak Merugi

Seperti sudah dijelaskan di poin sebelumnya, seiring dengan perkembangan di dunia digital membeli mobil bekas bisa dilakukan secara online. Yang kamu perlukan di poin ini adalah ketelitian dan kejelian ketika memilih tempat membeli mobil bekas online seperti :


Ingat! Membeli mobil bekas tidak hanya sekedar membeli. Dibutuhkan perawatan mobil setelah membeli mobil agar kondisi dan performanya selalu optimal sehingga umur pemakaian mobil akan lama. Selain itu, dengan promo-promo yang menarik akan sangat menguntungkan bagi Sahabat karena bisa menghemat biaya pengeluaran perawatan mobil kamu. Itu semua, bisa kalian dapatkan di Garasi.id. Tidak percaya? Buktikan sendiri!

Masih bingung memilih mobil bekas?

5 Langkah dan Cara Membeli Mobil Bekas yang Baik Agar Tidak Merugi

Masih ragu atau bingung memilih mobil bekas? Garasi.id punya layanan yang akan memudahkan kamu dalam memilih mobil bekas yang kamu inginkan. Melalui fitur Bantu Beli Garasi.id kami siap membantu kamu mulai dari mencari mobil sesuai keinginan, memastikan kondisi mobil tidak bekas banjir dan kecelakaan, hingga mengajukan kredit dengan proses cepat dan mudah. Jadi, kamu ga perlu ragu lagi untuk memiliki sebuah mobil.

Foto: Garasi.id


Ditulis oleh GEDE RAMANANDA
Terakhir diupdate: 15 Mei 2020 | 12:45 WIB
Bagikan

Kata Kunci Pencarian

tipsbelimobilbekasmobilbekasbelimobilmobilbekastipsgarasiid