Perkakas Kendaraan
Rawat Perkakas Kendaraan

Tak Hanya Kendaraan, Perkakas Juga Harus Dirawat

06 Jul 2019 | 16:01 WIB

Perkakas kendaraan lengkap wajib dimiliki oleh pemilik mobil maupun sepeda motor untuk berbagai keperluan. Namun seringkali ketika dibutuhkan, barang perkakas seperti kunci pas, kunci ring, kunci L, kunci sock, kunci Inggris dan sebagainya tercerer, lupa menaruh, bahkan hilang. Ini tentu saja menjengkelkan.

Tak Hanya Kendaraan, Perkakas Juga Harus Dirawat

Kendati mudah mendapatkannya dan harganya tidak terlalu mahal, namun cukup merepotkan manakala barang tersebut tidak ada pada saat kita butuhkan.

Selain itu, jika pun ada, terkadang kita juga dibuat kesal lantaran kunci-kunci yang dimiliki sudah karatan dan cepat rusak. Nah, kali ini PT Altama Surya Anugerah selaku pemasar tool kit merek Tekiro yang dilansir dari Otosia.com memberikan kiat-kiat menyimpan dan merawat perkakas dan kunci-kunci kendaraan 

Berikut tipsnya:

1. Jangan gunakan jika sudah rusak

Kunci yang sudah aus bisa mengakibatkan baut atau mur menjadi aus, sehingga hindari penggunaan kunci-kunci yang sudah aus.

2. Bersihkan kunci sebelum digunakan

Bersihkan kunci yang akan kita gunakan. Biasanya kunci-kunci tersebut masih terdapat oli, minyak, debu ataupun kotoran lainnya yang bisa mengakibatkan kita kesulitan menggunakannya.

3. Bersihkan kunci setelah digunakan

Segera bersihkan kunci-kunci tersebut setelah digunakan karena apabila ada sisa oli maka akan membuat kunci-kunci tersebut akan cepat rusak dan apabila masih terdapat debu yang menempel bisa menyebabkan korosi. Untuk membuat awet kunci-kunci, kita bisa semprotkan Rexco 50 yang merupakan pelumas serbaguna pelindung dari karat.

4. Simpan di tempat yang tepat 

Masalah yang timbul selain kunci-kunci tersebut rusak juga karena kunci tersebut hilang entah dimana. Untuk itu disarankan jika sudah tidak digunakan dapat disimpan di tempat yang semestinya, seperti kotak perkakas ataupun wadah plastik.

Hal ini selain akan tetap terjaga kebersihannya juga akan memudahkan kita mencari dan menemukannya. Hindari menyimpan kunci-kunci perkakas yang berbahan besi di tempat yang lembab untuk menghindari terjadinya korosi atau karat.

Tak Hanya Kendaraan, Perkakas Juga Harus Dirawat

Pilihlah kunci pas, kunci ring, kunci L dan kunci sock yang berbahan chrome vanadium tinggi. Bahan chrome vanadium adalah jenis material yang sangat baik digunakan untuk pembuatan produk tools.

Salah satu merek tools yang selalu menggunakan kadar bahan chrome vanadium yang tinggi adalah Tekiro. Tekiro selalu menggunakan chrome vanadium dengan kadar yang tinggi untuk menghasilkan tools yang kuat, kokoh dan anti karat sehingga pada saat baut yang dibuka keras maka kunci tidak akan kalah (akan berputar walau baut tidak berputar) dan tidak merusak baut.

Nah seperti itulah cara merawat perkakas kendaraan Sahabat Garasi agar awet dan tidak mudah tercecer setelah pemakaian.

Foto : Garasi.id

Ditulis oleh ANJAR
Terakhir diupdate: 07 Mei 2020 | 14:32 WIB
Bagikan

Kata Kunci Pencarian

mobilperawatanperkakasmobilbarubekaskunciobengdongkrak