Sedan Timor
Mobil Sedan Timor Pernah Kuasai Pasar

"Terlupakan", Sedan Timor Pernah Menjadi Primadona

02 Agt 2019 | 17:01 WIB

Pasar mobil sedan kelas terendah saat ini terus mengalami penurunan. Menurut data Gabungan Industri Kendaraan Bermotor Indonesia atau Gaikindo, total sedan yang laku pada tahun 2017 hanya sekitar 1.800 unit, tidak termasuk taksi.

Padahal, tahun sebelumnya angka tersebut mencapai 2.743 unit. Dari data tersebut, diketahui bahwa ada dua mobil sedan di segmen paling bawah yang mendominasi, yakni Honda City dan Toyota Vios.

"Terlupakan", Sedan Timor Pernah Menjadi Primadona


Baca juga: Sedan Lawas Dua Pintu Lebih Mahal dari Empat Pintu, Kok Bisa?

Dua model tersebut menguasai pasar sejak 2004. Angka penjualan keduanya juga terpaut tipis. Dan sejak 2008 hingga 2014, Vios selalu menjadi nomor satu.

Namun ternyata, dua mobil tersebut bukanlah sedan terlaris sepanjang masa di Indonesia. Berdasarkan data Gaikindo, puncak penjualan sedan di Tanah Air terjadi pada 1997.

Kala itu, ada merek baru yang hadir di Indonesia. Merek tersebut juga menjadi awal dari kebangkitan industri otomotif dalam negeri, yakni Timor.

Meluncur perdana pada 1996, Timor berhasil memikat enam ribuan konsumen. Jauh lebih tinggi dari Honda City yang hanya laku 900-an unit dan Suzuki Baleno dengan angka penjualan dua ribuan unit.

Pada tahun berikutnya, angka penjualan Timor mencapai puncaknya, yakni 19 ribuan unit. Ini adalah jumlah sedan terbanyak yang dijual satu merek dalam kurun waktu satu tahun di Indonesia.

Tahun berikutnya, Indonesia dilanda krisis ekonomi, yang berdampak pada anjloknya penjualan mobil. Timor pun harus gulung tikar. Dan sejak saat itu, penjualan sedan tidak lagi pernah menyentuh angka 10 ribu unit per tahun.

Foto : Garasi.id

Ditulis oleh ANJAR
Terakhir diupdate: 09 Mei 2020 | 22:18 WIB
Bagikan

Kata Kunci Pencarian

mobilbarubekasjualbelilokalsedanindonesiarajaipasarotomotifjakartadepokbekasitanggerang