Tinggalkan Barang
Jangan Tinggalkan Barang Dimobil

Tidak Mau Mobilmu Kenapa-Napa? Jangan Pernah Tinggalkan Barang - Barang Ini

16 Apr 2019 | 14:11 WIB
BAGIKAN

Belakangan ini cuaca sering tak menentu, kadang hujan sepanjang hari, kadang juga panas terik. Musim panas bukan hanya memberikan kehangatan yang berlebih bagi kita, tapi juga kendaraan yang bila dijemur langsung di bawah paparan sinar matahari. Beberapa barang bahkan tidak bisa ditempatkan di dalam mobil yang bersuhu panas juga, lho. Bukan hanya merusak barang, namun juga dapat merusak mobil kesayanganmu.

Tidak Mau Mobilmu Kenapa-Napa? Jangan Pernah Tinggalkan Barang - Barang Ini

Apalagi jika diletakkan di dalam mobil dengan suhu yang sangat tinggi. Bisa bahaya banget nih akibatnya. Biar mobilmu nggak kenapa-napa, barang-barang di bawah ini jangan sampai ditinggal di dalam mobil yang suhunya panas ya Sahabat.

1. Tabir Surya dan Obat-Obatan

Bukan hanya tabir surya yang bisa memperpanas suhu di dalam mobil, namun sunscreen yang terlalu lama ‘dipanaskan’ di dalam mobil juga bisa membakar kulit Sahabat dari suhu tinggi. Selain itu, menyimpan tabir surya atau obat-obatan di dalam suhu yang panas berpotensi mengubah komposisi yang ada didalamnya. Makanya, beberapa dokter menyarankan obat-obatan dan bahan kimia lainnya untuk disimpan pada suhu kamar yang stabil.

2. Pemantik Api

Beberapa kejadian di luar negeri menceritakan tentang korek api yang ditinggalkan di kursi depan mobil menjadi sangat panas dan meledak lalu menabrak kaca depan. Kerusakannya sangat buruk sehingga mereka harus mengganti kaca depan mereka. Label peringatan menginstruksikan pemakai pemantik api untuk tidak diletakan pada suhu lebih dari 50 derajat celcius atau sinar matahari yang berkepanjangan. Suhu dalam mobil ketika musim panas bisa menjadi 60 derajat celcius.

3. Barang Elektronik

Barang elektronik seperti kamera, mp3 player dan handphone sering ditinggal di dalam mobil. Namun, panas yang berlebihan bisa merusak lensa kamera dan kartu memori. Apalagi baterai, jika ditinggalkan akan menjadi barang yang berbahaya karena sifat asam jika bocor akan menyebabkan iritasi pernapasan, mata dan kulit.

4. Kacamata

Panas bisa melengkungkan bingkai maupun lensa kacamata Sahabat. Kacamata hitam sering ditinggalkan di dalam mobil, tapi hal ini bisa meningkatkan resiko pergantian kacamata. Karena itu, jangan pernah meninggalkan kacamata, apalagi kacamata resep yang mahal di dalam mobil. Pastikan kamu menghindarkan diri dari masalah dan biaya perbaikan kacamata milikmu.

5. Barang Plastik

Plastik mudah meleleh jika diletakan pada suhu yang panas. Sahabat juga seharusnya tidak pernah meminum air dari botol plastik yang tertinggal di dalam mobil. Zat kimia yang digunakan pada botol plastik bisa larut ke minuman milikmu dan mememasukkan racun ke dalam tubuh. Selain itu, cuaca panas bisa membuat kartu kredit melengkung sehingga tidak bisa digunakan.

6. Permen dan Cokelat

Karena permen dan coklat mudah mengeras karena suhu dingin, makanan tersebut juga mudah meleleh ketika dihadapkan dengan suhu mobil pada cuaca panas. Apalagi jika coklat dan permen tersebut dibungkus dengan plastik, seperti yang telah dibicarakan pada poin di atas, tentu saja membuat semuanya menjadi lebih rumit dan berbahaya.

7. Krayon

Krayon dan buku mewarnai adalah salah satu cara yang efektif untuk menghibur anak-anak ketika berkendara. Namun, terkadang krayon bisa jatuh dari kotak penyimpanan dan menggelinding ke lantai mobil dan meleleh karena suhu panas. Lelehan krayon bisa menjadi mimpi buruk bagi Sahabat ketika membersihkan karpet mobil selain lilin.

8. Lipstik

Komposisi lipstik terdiri dari pigmen, minyak, lilin dan emolen. Lipstik meleleh di suhu yang sedikit lebih panas dibandingkan suhu kamar. Bayangkan jika kamu meninggalkan lipstik milikmu di dalam mobil ketika cuaca panas. Bahkan setelah didinginkan, panas bisa memberi efek kekal pada lipstik, seiring mengubah komposisi dan menciptakan hasil warna yang berbeda dari sebelumnya.

9. Minuman Kaleng / Minuman Soda

Salah satu benda yang paling sering ditinggalkan di dalam mobil adalah soda kaleng atau minuman kaleng. Bahkan, soda kaleng yang belum terbuka beresiko meledak di dalam mobil karena suhu yang panas. Minuman berkarbonasi dikompres untuk menahan udara masuk. Karena kaleng soda terbuat dari alumunium dan logam bertambah panas, kenaikan suhu di bagian luar kaleng akan menyebabkan meningkatnya suhu cairan di dalamnya sehingga membuat kaleng soda meledak.

10. Barang Belanjaan

Barang-barang belanjaan terburuk yang bisa tertingal di dalam mobil adalah daging dan susu. Pemanasan akan membuat kedua bahan makanan ini menghasilkan bau mengerikan yang tertinggal di mobil untuk waktu yang cukup lama.

Nah, Sahabat begitulah barang-barang yang akan berbahaya bila tertinggal di dalam mobil seperti melansir dari laman Mobilipo.com. Jadi jangan sampai kejadian mobil atau barang kesayanganmu jadi rusak atau malah berakibat fatal lainnya ya Sahabat.

Foto : Garasi.id

Ditulis oleh GARASI.ID
Terakhir diupdate: 16 Apr 2019 | 14:11 WIB
BAGIKAN