AC Mobil
Bikin AC Mobil Cepat Sejuk

Tips Ampuh Bikin AC Mobil Cepat Dingin

27 Jul 2018 | 14:00 WIB

Penyejuk kabin mobil menjadi fitur andalan, saat harus berkendara di tengah udara yang panas. Sama seperti komponen lainnya, perangkat ini harus diperiksa secara berkala, terutama soal kondisi kebersihannya.

Umumnya, pemilik mobil menyerahkan proses tersebut ke bengkel atau tempat servis resmi. Namun, ada cara lain yang bisa ditempuh pemilik, agar kondisi penyejuk kabin tetap prima dalam jangka waktu lama.

Tips Ampuh Bikin AC Mobil Cepat Dingin

Dilansir dari Astraworld, Rabu 25 Juli 2018, langkah pertama yakni memastikan bahwa lantai mobil selalu dalam kondisi bersih. Setiap kali mobil dipanaskan saat pagi hari, angkat karpet dan bersihkan dari debu serta kotoran yang menempel.

Baca Juga : Tips Mudah Merawat AC Kendaraan Ala Pakar

Hal itu perlu dilakukan, agar kotoran tidak terisap ke dalam saringan udara penyejuk kabin. Bila itu terjadi, maka saringan akan cepat kotor dan pendinginan tidak maksimal.

Langkah kedua yakni membuka kaca sebelum menghidupkan penyejuk udara. Meski terlihat janggal, namun udara panas yang terperangkap di dalam kabin dapat keluar dengan mudah. Udara yang sedikit lebih sejuk bisa masuk, sehingga kerja pendingin tidak berat.

Terakhir, pastikan kondensor dibersihkan saat mencuci mobil. Semprotkan air bertekanan tinggi ke lubang di bumper depan. Kotoran yang menempel akan terbawa air, menjadikan sirip kondensor bersih dan siap menurunkan suhu freon.

Foto : Garasi.id

Ditulis oleh ANJAR
Terakhir diupdate: 07 Mei 2020 | 14:39 WIB
Bagikan

Kata Kunci Pencarian

mobilbarubekasjualbelitipstrikmerawatacmobilkendaraanotomotifgarasiidjakartaSUVMPVSedancitycar