Mika Lampu
Bersihkan Mika Lampu

Tips Membersihkan Mika Lampu Sederhana

16 Jun 2019 | 23:32 WIB
BAGIKAN

Lampu mobil, khususnya lampu utama yang terletak di bagian depan merupakan bagian paling vital dalam berkendara. Saat kondisi malam hari, jalanan hujan dan berkabut mika kaca lampu mobil yang buram (kusam) akan membuat sinar lampu kurang maksimal. Sahabat sudah dipastikan akan terganggu dengan cahaya yang kurang dan sangat membahayakan bagi kamu dan pengguna jalan lainnya.

Perubahan warna yang terjadi pada mika lampu mobil bisa disebabkan oleh beberapa faktor seperti penggunaan lampu mobil dengan watt tinggi sehingga menimbulkan panas yang berlebih, faktor cuaca, jamur kaca, goresan dan tentunya usia yang sudah cukup lama. Faktor-faktor tersebut menjadi penyebab utama menurunnya performa lampu depan dalam memberikan cahaya ketika berkendara.

Tips Membersihkan Mika Lampu Sederhana

Baca juga: Ini Cara Tepat Jaga Mika Lampu Tetap Bening

Mika lampu mobil yang sudah kurang optimal ini dapat dibersihkan dengan cara membawanya ke bengkel salon perawatan mobil. Namun harga yang ditawarkan cukup mahal, sehingga jika kamu ingin sedikit mengeluarkan tenaga ekstra dan waktu yang cukup luang bisa saja membersihkannya sendiri dengan peralatan sederhana. Walaupun hasilnya tidak akan semaksimal jika dibawa ke bengkel, namun alat sederhana ini mampu memberikan hasil yang cukup untuk membersihkan mika lampu depan mobil yang sudah usang. 

Alat-alat yang harus dipersiapkan : 

  1. Kanebo dan kain mikrofiber
  2. Sabun cuci mobil atau sabun cuci piring
  3. Air hangat
  4. Pertamax/Pertalite (Bisa digantikan oleh minyak tanah, namun berbau cukup tajam)
  5. Amplas 1500 dan 2000
  6. Compound atau Pasta Gigi

Langkah pertama yang harus dilakukan adalah cuci lampu depan mobil Sahabat dengan sabun cuci mobil dan keringkan dengan menggunakan kanebo. Pencucian lampu dilakukan agar kotoran-kotoran yang membandel terangkat sehingga tahap pembersihan selanjutnya maksimal. 

Kedua adalah campurkan pertamax/pertalite yang kamu sudah siapkan dengan sabun cuci piring, rasio perbandingan sabun cuci piring dengan bensin 60:40 atau 70:30. Jika sudah meracik obat tersebut, mulailah mengamplas dengan amplas 2000 sambil mencelup amplas tersebut ke dalam campuran bensin dengan sabun cuci tersebut. Jika dirasa sudah sedikit bersih, bersihkan lampu dengan air, lalu mulai amplas lagi dengan amplas 1000. Jika mika lampu masih dirasa sangat buram, gunakan amplas 2000 hingga Sahabat merasa sudah cukup lalu keringkan dan lap hingga bersih.

Langkah selanjutnya adalah mengoleskan compound atau odol secara merata pada permukaan mika kaca lampu mobil. Tetapi untuk hasil yang maksimal Sahabat dianjurkan untuk menggunakan compound, karena compound sendiri merupakan bahan yang bersifat mengikis. Dengan demikian baret maupun lecet pada bodi mobil, kaca lampu depan akan tertutupi.

Cara menggosok yang baik dan benar ketika akan membersihkan kaca lampu depan menggunakan compound adalah dengan menggosok secara perlahan searah jarum jam atau berlawanan dengan jarum jam. Jika Sahabat terlalu menekan ketika membersihkannya, lapisan mika lampu depan sudah dipastikan menjadi tipis. Jangan lupa untuk mengelap compound atau odol dengan lap mikrofiber yang memiliki permukaan halus sehingga tidak meninggalkan bekas goresan atau lecet. 

Jika sudah melakukan tahapan-tahapan di atas, coba Sahabat nyalakan lampu mobil dan sorotkan lampu tersebut ke arah tembok untuk memastikan bahwa lampu utama mobil kamu berfungsi dengan maksimal, apabila dirasa belum memberikan cahaya yang baik ulangi langkah-langkah diatas.

Foto : Garasi.id

Ditulis oleh GARASI.ID
Terakhir diupdate: 16 Jun 2019 | 23:32 WIB
BAGIKAN