DI Garasi.id tersedia layanan untuk jasa dan service mobil kesayanganmu
Mobil yang selalu dirawat akan selalu optimal

Tips Optimalkan Mobil ala Garasi.id

15 Jul 2019 | 09:06 WIB

Kendaraan ibarat tubuh dan pikiran manusia. Jika dipakai dan digunakan terus menerus bisa menyebabkan stress. Begitu pula kendaraan Sahabat, kendaraan yang dipakai terus menerus tanpa diberikan waktu istirahat akan menumpulkan performanya apalagi jika mobil kamu tidak pernah digunakan.

Ada banyak sekali langkah-langkah yang dapat anda gunakan untuk merawat dan menjaga performa kendaraan kamu. Ini dia Sahabat, langkah-langkah mudah menjaga performa kendaraan yang sering dilupakan oleh para pengendara dan pemilik kendaraan.

Sesuaikan Bahan Bakar Dengan Mesin

Kendaraan bermotor bisa bergerak karena ada dukungan dari bahan bakar. Bahan bakar ini yang akan dipakai untuk menentukan apakah kendaraan anda bisa melaju atau tidak. Penggunaan bahan bakar juga tidak bisa dilakukan secara sembarangan. Contohnya saja pada kendaraan dengan mesin bensin, gunakanlah bensin yang mengandung kualitas oktan yang tinggi.

Tips Mobil Selalu Optimal Ala Garasi.id


Bahan bakar bensin yang memiliki oktan yang tinggi adalah pertamax. Penggunaan pertamax sangat disarankan untuk menjaga mesin anda bekerja lebih optimal dan baik, apalagi pembakaran yang dihasilkan sudah sempurna hingga mengurangi polusi akibat kendaraan bermotor.

Memang masalah yang utama saat menggunakan pertamax adalah harga yang relatif mahal. Tetapi akan berbanding lurus dengan mesin kendaraan anda.

Sebaliknya untuk mesin diesel, gunakanlah bahan bakar solar atau biodiesel untuk kelangsungan mesin yang lebih baik dan menghasilkan pembakaran yang lebih baik dari bahan bakar solar biasa.

"Mandikan" Dengan Rutin

Masalah kebersihan memang terkadang terlihat simpel dan kecil, tetapi banyak masalah yang muncul pada kendaraan diakibatkan oleh ketidak bersihan. Kendaraan yang tidak bersih terkadang akan membuat mobil terasa ‘berat’ saat akan dikendarai. Bahkan kotoran-kotoran yang menempel dapat masuk ke bagian-bagian yang penting dalam mesin kendaraan sehingga menyebabkan penyumbatan.

Tips Mobil Selalu Optimal Ala Garasi.id

Penyumbatan ini bisa menyebabkan mesin berhenti bekerja dan berakibat mogok. Alhasil, kamu harus kembali memberikan servis pada kendaraan anda atau berakibat pada semakin banyaknya pengeluaran yang harus anda bayarkan.

Rutin membersihkan mobil dapat memperpanjang usia mobil. Termasuk memperindah tampilan kendaraan kamu. Jangan pernah menggunakan detergen untuk mencuci kendaraan ya, gunakanlah shampo yang telah dibuat khusus untuk kendaraan.

Servis Secara Rutin

Servis mobil disini adalah servis secara keseluruhan, mulai dari mesin, ganti oli, perawatan rem dan bagian-bagian lainnya.

Tips Mobil Selalu Optimal Ala Garasi.id

Bawalah kendaraan ke bengkel resmi agar servis yang diberikan terjamin keadaannya. Bengkel resmi biasanya memiliki reputasi yang baik dan memiliki parts atau onderdil resmi dari produsen terkait kendaraan. Selain itu servis berarti meremajakan mesin kendaraan dan performa yang tetap terjaga walau kendaraan anda sudah berumur..

Tangki BBM Tidak Boleh Kosong

Jangan pernah biarkan tangki BBM anda benar-benar dalam keadaan kosong. Tangki yang dibiarkan kosong terlebih dahulu sebelum pengisian BBM dapat menyebabkan mesin mengalami kerusakan. Tangki kosong akan mengganggu kinerja mesin, selalu isi tangki bahan bakar anda dalam keadaan terisi atau full untuk menjaga performa kendaraan anda.


Beberapa perawatan di atas sangat mudah dilakukan di rumah. Lakukanlah perawatan dari yang paling mudah hingga terlebih dahulu. Kebiasaan merawat kendaraan akan menjadi kebiasaan yang terus berlangsung bahkan untuk hal-hal lainnya. Ayo, rawat kendaraan Sahabat mulai dari sekarang. Kalau bingung ingin merawat dimana, di Garasi.id kamu bisa memilih perawatan apa yang kamu butuhkan untuk kendaraan kesayangan kamu !


Ditulis oleh RIZKY YUNIHARTO
Terakhir diupdate: 07 Mei 2020 | 16:20 WIB
Bagikan

Kata kunci pencarian

tipsbelimobilbekasmobilbekasmurahjualmobilmurahmerawatmobiltipsmerawattipsmobil
Kontak email [email protected]
Nomor WA 081522550888
Logo Garasi.id
Copyright © 2024 PT. Digital Otomotif Indonesia.
All Rights Reserved
Member Of 
Blibli
 Family