Mobil Offroad
Trik Offroad

Trik Mudah Mobil Offroad Libas Sungai

29 Jul 2018 | 12:00 WIB

Mobil-mobil offroad memiliki kemampuan melibas segala medan termasuk melibas genangan air ataupun menyeberangi sungai dangkal. Namun, bukan berarti Sahabat bisa sembarangan ketika melewati genangan air saat menggunakan mobil offroad.

Perlu adanya perhitungan yang cukup baik agar keselamatan tetap terjaga. Seperti dilansir dari laman Liputan6, Menurut instruktur Land Rover dari Taiwan saat acara The Above and Beyond Tour di Tangerang beberapa waktu lalu, terdapat beberapa hal yang perlu dilakukan baik sebelum masuk genangan air maupun saat melewati khususnya untuk mobil offroad standar.

Trik Mudah Mobil Offroad Libas Sungai

Yang pertama adalah memeriksa kedalaman air. Pengendara perlu turun dari mobil atau mencoba berjalan kaki melewati genangan tersebut.

Cara ini mengizinkan pengendara mengetahui area mana saja yang memugkinkan untuk dilewati kendaraan offroad. Akan tetapi, apabila genangan air seperti sungai itu memiliki arus yang cukup kuat, sebaiknya Sahabat berhati-hati atau mengurungkan niat tersebut.

Setelah mengetahui kedalaman, menggerakkan kendaraan secara perlahan-lahan sangatlah penting. Sering ada anggapan untuk melewati genangan, mobil harus dikemudikan sekencang-kencangnya. Padahal hal ini salah.

"Kalau mobilnya dikemudikan cukup kencang, air akan naik ke kap mesin lalu ke kaca depan. Pandangan jadi terhalang," jelasnya.

Di samping itu risiko mesin kemasukan air bisa saja terjadi apabila mobil offroad yang digunakan masih standar. Pasalnya saluran hisap udara mobil offroad standar seperti Land Rover masih berada di balik kap mesin.

Akan berbeda apabila mobil tersebut sudah dimodifikasi menggunakan snorkel. Jika sudah begini, mobil berisiko mogok di tengah situasi yang cukup berbahaya.

Foto : Garasi.id

Ditulis oleh RIZKY YUNIHARTO
Terakhir diupdate: 11 Mei 2020 | 08:03 WIB
Bagikan

Kata kunci pencarian

mobilbarubekasjualbelitriktipsoffroadgenanganjalananairsungairagamotomotifgarasiid
Kontak email [email protected]
Nomor WA 081522550888
Logo Garasi.id
Copyright © 2024 PT. Digital Otomotif Indonesia.
All Rights Reserved
Member Of 
Blibli
 Family