Garasi.id
Pentil Ban Mobil

Tutup Pentil Ban Hal Kecil, Tapi Ini Penting

16 Des 2018 | 17:00 WIB
BAGIKAN

Banyak dari kita kerap meremehkan part kecil seperti tutup pentil ban. Tapi Sahabat Garasi tahu tidak, tutup pentil pada ban itu sangatlah penting lho. Karena bisa saja, akibat tidak memiliki tutup pentil, bisa membuat ban Sahabat Garasi meledak.

Tutup Pentil Ban Hal Kecil, Tapi Ini Penting

Baca juga: Cara Memilih Ban yang Tepat, Agar Siap Hadapi Musim Hujan

Lalu bagaimana bisa hanya sekedar tutup pentil saja bisa membuat ban meledak saat berkendara di jalanan raya? Sebagai catatan buat Sahabar Garasi, tutup pentil pada ban itu memiliki peran yang sangat penting dan cukup vital.

Karena tutup pentil ban itu sebenarnya memiliki fungsi utama yaitu untuk melindungi pentil ban dari kotoran atau debu dan air masuk ke dalam ban. Debu atau kotoran dan air yang masuk ke pentil dapat merusak katup, sehingga akan membuat material ban akan menjadi getas dan bisa menyebabkan terjadinya korosi atau kerusakan.

Artinya ban tidak lagi memiliki kualitas terbaik seperti sedia kala.Kalau terjadi korosi, maka udara dalam ban akan keluar secara perlahan akibatnya angin ban akan berkurang. Jika tekanan angin berkurang maka konsumsi bbm akan boros, serta dampak terparahnya karena mengalami korosi ban bisa saja langsung meledak.

Atau ban akan mengalami kehausan atau botak yang tidak merata, atau ban akan lebih cepat aus atau botak. Hal ini pun bisa mengancam keselamatan Sahabat saat berkendara.

Foto : Garasi.id

Ditulis oleh ANJAR
Terakhir diupdate: 16 Des 2018 | 17:00 WIB
BAGIKAN