Garasi.id
PIlih Pelumas Yang Sesuai

Untuk Mobil Bekas, Pilih Pelumas Yang Sesuai Spesifikasi Mesin

09 Jan 2019 | 19:00 WIB
BAGIKAN
Tidak sedikit dari pengendara memilih mobil bekas yang sudah berumur. Hal ini wajar, karena biasanya mobil bekas kerap dipilih, karena mobil tersebut sudah menjadi mobil impian bagi si konsumen.

Jika sudah memilih mobil bekas tertentu, perawatan pastinya juga sangat diperlukan Sahabat Garasi. Hal ini dilakukan agar mobil bekas pilihan konsumen bisa kembali prima seperti awal kelahiran mobil tersebut.
Untuk Mobil Bekas, Pilih Pelumas Yang Sesuai Spesifikasi Mesin

Baca juga: Mau Beli Mobil? Ini 5 Tips Simpel Memilih Mobil Bekas Berkualitas

Salah satunya memilih pelumas mesin yang tepat untuk mobil bekas pilihannya. Biasanya pertanyaan sederhana pun muncul, pelumas tipe encer atau kental ya yang tepat untuk mobil bekasnya tersebut.

Dipastikan menggunakan pelumas encer atau kental tidak salah keduanya. Namun ada catatan penting yang harus diingat, yaitu pilihlah pelumas yang sesuaikan dengan spesifikasi kendaraan termasuk kekentalan pelumasnya. Jadi tidak asal pilih dan tak selamanya anggapan oli yang lebih encer memiliki kualitas lebih baik. 

Karena nyatanya di Indonesia banyak yang beranggapan pelumas yang SAE rendah atau lebih cair itu lebih bagus daripada yang SAE nya kental. Padahal itu belum tentu benar atau belum tentu sesuai spek yang dibutuhkan.

Paling gampang memang mencontohkannya pada mobil sport, sebut saja seperti Lamborghini. Mobil sport Italia ini dikatakan lebih memilih pelumas yang kental seperti 10W60 dibandingkan dengan pelumas yang encer. Kenapa? Karena pelumas yang kental itu secara ketahanan dari sisi aditif atau gesekan itu tidak masalah saat dikendarai.

Sehingga disarankan nih Sahabat Garasi, pilihlah pelumas yang cocok dengan spesifikasi mesin ya.

Foto: Garasi.id
Ditulis oleh ANJAR
Terakhir diupdate: 09 Jan 2019 | 19:00 WIB
BAGIKAN