Ban Bagian Penting Karena Bersentuhan Langsung Dengan Jalan
Ban Bagian Penting Karena Bersentuhan Langsung Dengan Jalan

Waduh, Keseringan Semir Ban Mobil Bisa Cepat Rusak!

27 Mei 2023 | 17:56 WIB

Ban memiliki peran penting dalam tampilan kendaraan yang eye catching. Jika ban terlihat kusam dan kotor, maka kesan yang dihasilkan pun tidak maksimal. Oleh karena itu, perlu perawatan khusus agar ban tetap kinclong dan menambah nilai estetika pada kendaraan.


Ketika Sahabat mencuci mobil secara mandiri maupun di carwash, tak jarang Sahabat memberikan semir pada ban mobil. Tentu, semir ban ini berfungsi untuk mempercantik tampilan ban dari luar. Akan tetapi, terlalu sering menyemir ban juga memiliki efek buruk bagi ban mobil. Oleh karena itu Sahabat wajib mengetahui dan mewaspadainya.


Bilas Ban Mobil Dengan Air Bersih

Bilas Ban Mobil Dengan Air Bersih


Agar Sahabat lebih memperhatikan lagi, berikut ini beberapa dampak buruk yang muncul akibat terlalu sering memoles ban dengan semir.


  • Ban Jadi Tipis dan Licin

Rata-rata bahan untuk semir ban yang ada di pasaran menggunakan jenis silikon. Ternyata silikon ini sangat berpengaruh terhadap ban. Karena selain untuk menyemir, juga dapat melapisi secara tipis bagian permukaan ban. Pemakaian semir ban hanya disarankan pada bagian dindingnya saja, tapi kemungkinan semir bisa juga sampai mengalir hingga ke bagian tapak.


Apabila hal demikian itu terjadi, maka efek buruknya dapat menyebabkan ban tersebut kehilangan traksi terbaiknya dan membuatnya akan lebih licin. Apalagi saat melintasi genangan air.


Baca Juga : Jangan Abaikan Pengecekan Bagian Kaki-Kaki Mobil


  • Ban Jadi Mudah Retak

Memoleskan semir ban mobil yang terlalu sering juga akan menyebabkan lapisan komponen ban terkikis. Jika lapisan tersebut hilang, maka karet ban jadi mudah getas dan rusak. Akibatnya ban mobil menjadi mudah retak. Apabila retakannya semakin parah dapat menyebabkan tekanan pada ban semakin berkurang. Kondisi ini bisa mengakibatkan bocor yang halus.


Pastikan Ban Mobil Dalam Kondisi Baik

Pastikan Ban Mobil Dalam Kondisi Baik


Bahkan lebih fatalnya lagi dapat mengakibatkan ban pecah apabila mobil melakukan akselerasi dalam kecepatan tinggi. Hal ini akan menyebabkan terjadinya kecelakaan fatal. Dalam hal ini Sahabat harus lebih waspada.


Baca Juga : Konsekuensi Ganti Ban Mobil dengan Ukuran Lebih Besar


  • Ban Mobil Terlihat Kusam

Penggunaan semir ban setelah selesai mencuci mobil tentu akan membuat tampilan ban mobil terlihat bersih seperti halnya ban yang baru. Tetapi jika penggunaan semir ban mobil yang terlalu sering justru semakin lama ban mobil Sahabat akan terlihat menjadi semakin kusam.


Kondisi itu terjadi lantaran terdapat lapisan ban yang telah terkikis bahan kimia. Karena semir ban mengandung zat kimia. Apalagi saat memolesnya tidak merata. Kemungkinan warna ban tersebut juga terlihat mengalami perubahan.


Dengan begitu maka secara otomatis pemilik mobil, termasuk Sahabat akan memoleskan lagi semir ban. Tujuannya supaya ban tetap terlihat mengkilap. Jika Sahabat tetap ingin memoles ban mobil sebaiknya lakukan saja sesekali, jangan sampai berlebihan hingga ke bagian tapak. 


Pastikan Ban Mobil Dalam Kondisi Baik

Roda Terlihat Berkilau Dan Membuat Penampilan Mobil Menjadi bersih


Menghabiskan akhir pekan kali ini Sahabat bisa lebih produktif melakukan cuci mobil dirumah. Tapi, jika Sahabat ingin mencuci mobil diluar rumah. Kamu bisa nikmati promo Payday dan cek layanan cuci mobil dari Bengkel Bos berikan diskon hingga 15%. Informasi lengkap Sahabat bisa hubungi Clara dari Garasi.id.


Ingat Sahabat, gunakan produk semir ban yang sudah teruji kualitasnya untuk hasil yang lebih optimal dan aman digunakan. Selamat cuci mobil kesayangan Sahabat Garasi!


Ditulis oleh ALDY SURYA
Terakhir diupdate: 05 Jun 2023 | 11:18 WIB
Bagikan

Kata kunci pencarian

tipsotomotifperawatanbanmobilcucimobilsemirbanbantipisbanretak
Logo Garasi.id
Copyright © 2024 PT. Digital Otomotif Indonesia.
All Rights Reserved
Member Of 
Blibli
 Family