Ban mobil
Waktu tepat ganti ban mobil

Waktu yang Tepat Untuk Mengganti Ban Mobil

24 Agt 2020 | 12:02 WIB

Ban merupakan salah satu komponen penting dari sebuah kendaraan. Pasalnya, ban adalah komponen satu-satunya yang bersentuhan langsung dengan aspal atau jalan. Namun ternyata, masih banyak yang meremehkan fungsi ban. Seringkali tekanan angin ban tidak diperhatikan, padahal dampaknya bisa sangat fatal.

Waktu yang Tepat Untuk Mengganti Ban Mobil

Kecelakaan sering terjadi diakibatkan pecah ban, atau kondisi yang sudah tipis. Sebenarnya, kapan waktu yang tepat untuk mengganti ban? Apakah dilihat dari usia pakai atau kondisi fisik ban? 

Usia ban

Jika mobil jarang digunakan, patut diketahui jika ban juga mempunyai usia pakai. Tidak serta merta mobil yang jarang digunakan selama bertahun-tahun, tak perlu mengganti ban karena masih tebal. Kondisi karet tentunya mengalami penurunan. Umumnya, pihak produsen merekomendasikan pemakaian ban selama 5 tahun maksimal tergantung pemakaian dan kondisi jalanan yang dilalui.

Waktu yang Tepat Untuk Mengganti Ban Mobil

Tapi kalau mobil yang digunakan setiap hari dengan rute yang cukup jauh, maka Sahabat harus perhatikan kondisi ban dari fisiknya. Jika mobil rutin digunakan dalam pemakaian normal, jarak tempuh maksimal biasanya mencapai 40 ribu km.

Ciri-ciri ban yang harus diperhatikan 

Untuk tanda-tanda ban yang sudah waktunya diganti bisa dilihat dari kondisi tapak ban, dan hal ini paling mudah terlihat. Apakah ban tersebut masih layak pakai atau sudah menipis. Karena ban yang sudah botak atau aus sangat mempengaruhi pengendalian dan pengereman.

Merawat Ban Mobil, Jadikan TWI Untuk Patokan

TWI merupakan tanda segitiga atau panah yang ada di dasar dinding ban (sidewall) dan umumnya terdapat enam (6) buah yang menunjukkan batas keausan ban.

Sangat berbahaya bila dipacu dalam kecepatan tinggi, dan menemui jalanan licin bila hujan. Grip ban sudah pasti jauh berkurang dan mobil mudah melintir dan hilang kendali. Perhatikan kembangan ban, bila terlihat tebal dan utuh, masih terbilang aman.

Waktu yang Tepat Untuk Mengganti Ban Mobil

Sahabat juga bisa memperhatikan tanda TWI (tread wear indicator). Bentuknya berupa simbol segitiga yang terletak di batas terbawah kembangan ban dan tonjolan karet di sela kembangan ban. Jika bagian itu sudah menyentuh aspal dan mulai terkikis, berarti ban semakin menipis dan sudah waktunya dipensiunkan.

Perhatikan juga apakah ada retak-retak di alur dan dinding ban. Bisa jadi kualitas ban jelek atau pengaruh cuaca. Jangan dibiarkan, karena mungkin saja menyebabkan kebocoran dan bisa meletus sewaktu-waktu. Lihat juga apakah kondisi ban mengalami benjolan, biasanya terjadi pada dinding ban. Penyebab ban benjol adalah kerusakan dari struktur serat di dalam ban.

Biasanya diawali dengan kurangnya tekanan udara di dalam ban dan dipaksa terus jalan, dan setelahnya dilakukan pengisian angin yang berlebihan. Kerusakan serat ban juga bisa diakibatkan seringnya menghajar lubang. Sahabat bisa merasakan ban benjol ini saat mobil berjalan terasa ada getaran yang mengganggu.

Jenis Ban yang Tepat

Waktu yang Tepat Untuk Mengganti Ban Mobil

Ada banyak tipe ban yang memiliki umur yang relatif lama, dan ada yang tidak. Ada juga ban yang memiliki perawatan yang mudah seperti ban Run Flat Tyre tetapi harganya yang cukup tinggi membuat orang berpikir kembali ketika akan membelinya. Banyak sekali tipe ban yang bisa kamu pilih yang dijual di toko-toko online atau konvensional dan masing-masing ban tersebut memiliki karakteristik dan fungsinya masing-masing. Kamu juga bisa membaca 10 Merk ban mobil terbaik.

Selama kamu mengganti ban sesuai dengan ukuran yang dianjurkan dan tekanan angin di dalam bannya ideal, umur ban sudah bisa dipastikan lama terlepas dari hantaman benda tajam atau faktor lain yang membuat ban rusak.

Waktu yang Tepat Untuk Mengganti Ban Mobil

Jika kamu bingung tipe ban apa sih yang cocok untuk mobil kamu? Garasi.id merekomendasikan ban dengan merk Bridgeston Sahabat. Bekerjasama dengan Nawilis, dengan membeli Voucher Perawatan Ban di Jasa dan Servis Garasi.id Sahabat bisa nih nikmatin Promo Semua Ban Bridgeston Diskon 32% dengan layanan :

  • Free Balancing
  • Free Bongkar dan Pasang
  • Free Pentil Karet Baru
  • Free Angin Nitrogen
  • Free Cek and Go

Itulah informasi penting soal waktu tempat ganti ban mobil dan rekomendasi ban mobil yang oke untuk Sahabat. Untuk info lebih lanjut Sahabat bisa hubungi Officer Garasi.id atau Chat WA langsung di +62-817-0250-888 atau email di [email protected].

Foto: Garasi.id

Ditulis oleh RIZKY YUNIHARTO
Terakhir diupdate: 24 Agt 2020 | 12:02 WIB
Bagikan

Kata kunci pencarian

banmobilperawatanbanmemilihbanpromogarasiidbridgeston32%
Kontak email [email protected]
Nomor WA 081522550888
Logo Garasi.id
Copyright © 2024 PT. Digital Otomotif Indonesia.
All Rights Reserved
Member Of 
Blibli
 Family