Perawatan mobil
Perawatan mobil

Work From Home Bukan Untuk Malas-Malasan, Nih 10 Langkah Terbaik Perawatan Mobil di Rumah

23 Mar 2020 | 12:22 WIB

Keputusan memiliki mobil dapat didasari oleh berbagai latar belakang. Salah satunya adalah kebutuhan sarana transportasi untuk menunjang aktivitas sehari-hari. Untuk alasan tersebut tentunya sebagai pengendara pasti sangat tidak menyukai jika kondisi mobil bermasalah ketika digunakan. Agar hal itu dapat dicegah, caranya adalah dengan melakukan perawatan mobil berkala.

Perawatan mobil berkala atau servis rutin biasanya termasuk prosedur yang diwajibkan oleh pabrikan. Apabila mobil masih dalam masa garansi tapi tidak melakukan perawatan berkala di bengkel resmi maka garansi yang dimiliki tersebut bisa hangus atau tidak berlaku lagi. Namun tidak semua bengkel resmi itu menawarkan promo perawatan mobil yang menarik.

5 'Ritual' Wajib Setelah Mudik Lebaran

Mungkin ada beberapa bengkel perawatan mobil yang bisa dibilang cukup mahal. Nah, buat kamu yang ingin melakukan perawatan mobil dengan berbagai macam promo menarik, coba kamu cek situs resmi Garasi.id karena disana banyak sekali promo-promo perawatan mobil yang bisa kamu dapatkan. 

Kembali ke perawatan mobil, kira-kira ada apa saja sih perawatan mobil itu, apakah perawatan mobil harus selalu dibawa ke bengkel, atau bisa dilakukan sendiri di rumah tanpa bantuan ahli, apa sih sebenarnya manfaat perawatan mobil yang bisa kamu dapatkan? Biar lebih jelas, mari simak penjelasan di bawah ini. 

Manfaat perawatan mobil

Pentingnya Perawatan Mobil, Perhatikan Komponen Berikut

Manfaat perawatan mobil berkala adalah kondisi mesin kendaraan akan selalu dalam performa maksimal.  Seiring dengan pemakaian kendaraan untuk keperluan sehari-hari, pastinya beberapa komponen akan mengalami perubahan. Misalnya seperti saringan udara menjadi kotor, busi menjadi aus, atau kampas rem yang semakin tipis. Pada perawatan berkala, komponen tersebut dilakukan pembersihan atau penyetelan kembali. Jika ada part mobil yang tidak dapat berfungsi maka akan dilakukan penggantian. Dengan begitu maka kondisi mesin mobil akan selalu dalam kondisi yang maksimal.

Pentingnya Perawatan Mobil, Perhatikan Komponen Berikut

Dengan melakukan perawatan mobil secara rutin, maka semua sistem bisa dipastikan bekerja dengan baik. Jika kendaraan selalu dalam kondisi yang baik maka pengendara akan terhindar dari perasaan was-was. Berkendara pun menjadi lebih tenang dan nyaman bukan?.

Terhindar mogok

Mobil mogok di jalan menjadi hal yang paling dihindari bagi pengendara. Dengan melakukan servis berkala maka kondisi tersebut dapat diminimalisir. Kendaraan yang tiba-tiba mogok bisa disebabkan oleh berbagai hal. Misalnya seperti kondisi aki yang lemah, aliran bahan bakar yang tidak lancar, sistem pengisian yang tidak normal, minyak kopling habis, dll. Selain itu, resiko akan adanya kerusakan juga dapat dikurangi sehingga umur kendaraan juga menjadi lebih lama.

Pentingnya Perawatan Mobil, Perhatikan Komponen Berikut

Itulah beberapa manfaat yang bisa kamu dapatkan dari melakukan perawatan mobil secara berkala. Mungkin, banyak orang memang sudah melakukan perawatan rutin terhadap kendaraannya, untuk alasan keawetan dan performa. Tapi, ternyata masih banyak juga lho yang cuek-cuek saja terhadap mobilnya. Mobil yang tidak pernah dipakai saja bisa rusak, apalagi yang setiap hari digunakan atau mungkin digunakan jarak jauh.

Merawat mobil setelah bepergian jauh

Nah, apakah Sahabat termasuk orang yang suka berakhir pekan dengan menjelajah tempat-tempat eksotis di Indonesia sekaligus melepaskan penat hiruk pikuk ibukota? Layaknya tubuh seorang manusia yang perlu penyegaran atau pemulihan, ternyata perawatan mobil wajib dilakukan setelah bepergian jauh (antar kota antar provinsi). Jika iya, Garasi.id punya beberapa perawatan mobil yang wajib kamu cek baik itu ke bengkel atau dirumah supaya performa mobil selalu terjaga.

Langkah pertama 

Bagi Sahabat yang baru saja melakukan perjalanan jauh, sesampainya Sahabat di rumah, kamu bisa melakukan perawatan mobil dengan membersihkan eksterior mobil Sahabat. Mulai dari cuci bersih seluruh permukaan bodi termasuk bagian roda dan kolong mobil.

Pentingnya Perawatan Mobil, Perhatikan Komponen Berikut

Bila debu atau kotoran dibiarkan terlalu lama menempel di bodi mobil, kotoran-kotoran tersebut bisa mengeras dan mengakibatkan cat body menjadi kusam. Dan tak lupa, perhatikan pula apakah ada bagian dari eksterior mobil yang rusak atau baret setelah menempuh perjalanan jauh. Apabila ada, segera bawa ke salon mobil kepercayaan Sahabat untuk melakukan perawatan mobil agar kondisi eksterior mobil bisa kembali sempurna.

Langkah kedua 

Setelah Sahabat selesai melakukan perawatan mobil di sisi eksteriornya, bagian interior mobil juga patut diperhatikan kebersihannya. Gunakan lap atau penyedot debu untuk mengangkat kotoran yang ada dipermukaan dashboard, doortrim, maupun plafon mobil Sahabat.

Pentingnya Perawatan Mobil, Perhatikan Komponen Berikut

Dan pastikan Sahabat mencuci bersih bagian karpet mobil Sahabat dari kotoran yang menempel. Buang semua sisa-sisa bungkus makanan yang mungkin masih tertinggal di dalam mobil. Bila bagian interior dibiarkan terlalu lama dipenuhi kotoran maka akan meninggalkan bau tak sedap.

Langkah ketiga

Setelah selesai melakukan perawatan mobil di bagian eksterior serta interior, Jangan pernah melupakan bagian jantung mekanis. Mesin mobil Sahabat sudah bekerja keras ketika digunakan mudik Lebaran, karena itu cek secara seksama bagian ini.

Pentingnya Perawatan Mobil, Perhatikan Komponen Berikut

Periksa ketinggian air pada radiator, aki, hingga washer wiper. Jika berkurang atau habis, segera tambahkan dengan air yang sesuai untuk masing-masing kebutuhan. Periksa juga kuantitas oli mesin, oli power steering, minyak rem, dan oli kopling.

Langkah keempat

Bagian inilah paling sakral bagi Sahabat yang melakukan perjalanan jauh. Dimana kontur jalan lintas daerah terkadang tidak semulus Ibukota. Banyak lubang yang menganga, bebatuan, hingga permukaan jalan yang masih berupa tanah bisa membuat sistem suspensi mobil Sahabat bekerja ekstra saat dipakai mudik Lebaran.

Pentingnya Perawatan Mobil, Perhatikan Komponen Berikut

Karenanya selalu lakukan perawatan mobil di bagian suspensi, per, shock absorber, as roda, bearing, tie rod, ball joint, hingga gardan. Periksa dengan seksama apakah ada tanda-tanda terjadi benturan pada komponen tersebut atau terdengar suara-suara aneh yang muncul. Jika iya segera ganti komponen tadi sebelum kerusakan menjalar hingga ke bagian suspensi lainnya.

Langkah kelima

Selain suspensi, perawatan mobil di bagian velg dan ban juga perlu Sahabat perhatikan pasca perjalanan jauh. Dan pastikan Sahabat juga memeriksa apakah keadaan velg masih sama seperti sebelum Sahabat berangkat mudik.

Tak lupa, Sahabat juga wajib mengecek juga adanya kemungkinan velg terbentur atau penyok. Perhatikan pula kondisi ban, apakah ada bagian yang robek, menggumpal atau benjol, sekaligus mengecek apakah berkurang tekanan anginnya.

Pentingnya Perawatan Mobil, Perhatikan Komponen Berikut

Jangan lupakan juga periksa bagian rem seperti cakram rem, kampas rem, atau kaliper. Jika kampas rem habis atau menipis, ganti dengan yang baru. Bersihkan pula cakram rem dari semua kotoran yang masih menempel agar sistem pengereman roda mobil Sahabat kembali optimal.

Merawat mobil di akhir pekan

Melakukan perawatan mobil tidak harus selalu dilakukan ketika mobil sudah melakukan perjalanan jauh. Perawatan mobil juga harus kamu lakukan secara rutin walaupun mobil tersebut hanya digunakan di dalam kota saja. Kesibukan dari aktivitas kamu sehari-hari membuat Sahabat tidak sempat untuk mengecek atau melakukan perawatan mobil di akhir pekan.

Pentingnya Perawatan Mobil, Perhatikan Komponen Berikut

Bagi sebagian orang, waktu di akhir pekan adalah waktu untuk melepas penat dari hiruk pikuk dunia kerja atau sekedar bersantai bersama dengan keluarga tercinta. Biasanya para pemilik kendaraan malas untuk memeriksa atau merawat kondisi mobil, dan lebih memilih untuk menggunakannya langsung. Akan sangat disayangkan jika kamu tidak melakukan perawatan mobil sederhana, bisa-bisa mobil kamu rusak lho.

Kamu hanya butuh waktu kurang lebih 30 menit ko untuk melakukan perawatan mobil di akhir pekan! Apa saja sih bentuk perawatan mobilnya? Mari simak tips di bawah ini.

Perawatan mobil di akhir pekan

Perawatan mobil pertama, perawatan mobil dilakukan di daerah mesin. Perawatan mobil ini termasuk mudah, Sahabat hanya perlu membuka kap mesin mobil untuk melihat apakah kondisi fisik mesin mobil masih bagus atau tidak. Jika ada oli yang menetes, segera lakukan tindakan inspeksi.

Pentingnya Perawatan Mobil, Perhatikan Komponen Berikut

Perawatan mobil kedua, coba kamu cabut dipstick pengecekan oli kendaraan, hal tersebut berfungsi untuk melihat ketersediaan oli yang ada pada mesin. Penambahan oli mesin sangat dianjurkan karena jika jumlah volume oli dalam mesin berkurang akan sangat berakibat fatal. 

Pentingnya Perawatan Mobil, Perhatikan Komponen Berikut

Perawatan mobil ketiga, lakukan pengecekan ketersediaan penampungan air radiator dan penampungan air pembersih kaca Untuk menambahkan air radiator Sahabat wajib menggunakan cairan khusus pendingin air radiator karena tidak disarankan untuk menggunakan air keran.

Pentingnya Perawatan Mobil, Perhatikan Komponen Berikut

Pasalanya air keran atau air sumur mengandung zat dalam tanah yang dapat menimbulkan lumut di dalam dinding bak penampungan, jika itu sampai terjadi sirkulasi pendinginan oleh radiator akan tersumbat dan mobil Sahabat sudah dipastikan mengalami overheating.

Perawatan mobil keempat adalah pengecekan minyak rem dan kopling. Jika minyak rem pada wadah penampungan berkurang atau di bawah garis batas yang ditentukan, Sahabat wajib untuk mengisinya kembali. Jangan pernah berpikir untuk mengisi oli melebihi dari batas maksimal karena akan terbuang sia-sia.

Pentingnya Perawatan Mobil, Perhatikan Komponen Berikut

Perawatan mobil kelima adalah pengecekan bagian roda dan kelistrikan. Dengan menggunakan kunci khusus untuk membuka roda, Sahabat coba lakukan perawtan mobil dengan mengecek setiap baut yang menempel pada roda, jika ditemukan baut yang longgar segera kencangkan baut tersebut karena jika dibiarkan akan sangat berbahaya ketika kamu sedang berkendara.

Pentingnya Perawatan Mobil, Perhatikan Komponen Berikut

Setelah melakukan pengecekan baut, coba ukur tekanan angin pada keseluruhan ban, dengan menggunakan alat Tire Pressure Gauge. Jika Sahabat tidak memilikinya, coba amati keempat ban tersebut apakah semua terlihat rata atau justru ada yang tampak melebar seperti kekurangan angin. Jika dirasa ada salah satu ban yang kekurangan angin, alangkah baiknya Sahabat melakukan pengisian ulang angin untuk seluruh ban. Ingat !

Pentingnya Perawatan Mobil, Perhatikan Komponen Berikut

Perawatan mobil selanjutnya adalah pengecekan kelistrikan, langkah keenam ini merupakan langkah yang cukup rumit jika Sahabat tidak terlalu paham mengenai kelistrikan. Namun, perlu Sahabat pahami jalur-jalur kelistrikan utama seperti jalur kelistrikan untuk menyalakan lampu utama, lampu pengereman, lampu mundur, dan lampu sein. Biasanya jika salah satu lampu tersebut ada yang tidak berfungsi ada tiga kemungkinan penyebabnya. Penyebab pertama adalah bohlam lampu yang putus, kedua adalah sekring yang putus, atau yang ketiga kabel yang terputus. 

Pentingnya Perawatan Mobil, Perhatikan Komponen Berikut

Jika permasalahannya adalah sekring yang putus, Sahabat bisa menggantinya dengan membuka kotak sekring yang terdapat di atas mesin mobil. Perlu ketelitian dan kesabaran dalam melakukan pengecekan sekring, seluruh pedoman fungsi dari sekring biasanya berada di balik tutup cover sekring. Sahabat juga jangan pernah mengganti sekring seenaknya saja, karena beda sekring beda juga voltase yang dapat ditahannya. Lebih baik segera mengunjungi bengkel terdekat jika kamu ragu untuk memperbaikinya. 


Foto : Garasi.id

Ditulis oleh ANJAR
Terakhir diupdate: 09 Apr 2020 | 21:05 WIB
Bagikan

Kata Kunci Pencarian

mobilbarubekasjualbelitipstrikmudik2018keluargaamannyamangarasiidotomotiflebaranjakartajawasurabayabandung