Modifikasi mobil
Modifikasi mobil

Wow! Inilah Tips Modifikasi Mobil Dengan Memasang Spoiler !

18 Nov 2019 | 15:05 WIB
BAGIKAN

Hingga saat ini, masih banyak orang yang belum memahami fungsi dari beberapa komponen yang terdapat pada mobil. Salah satu komponen yang sering dibicarakan namun tak banyak orang tahu kegunaannya ketika melakukan modifikasi mobil adalah spoiler mobil.

Wow! Inilah Tips Modifikasi Mobil Dengan Memasang Spoiler !

Sering orang berpendapat bahwa spoiler mobil hanyalah aksesori yang menambah estetika modifikasi mobill. Ketika mobil dipasang spoiler, secara instan mobil terlihat lebih sporty. Sebenarnya bukan hanya penampilan saja yang menjadi efek dari spoiler, melainkan juga performa mobil itu sendiri. Lalu, apa sebenarnya fungsi dari spoiler pada mobil?

Fungsi penting modifikasi spoiler

Modifikasi mobil pada bagian spoiler adalah salah satu modifikasi mobil yang mempengaruhi aerodinamika pada mobil. Spoiler berfungsi menambah downforce atau tekanan ke bawah pada mobil untuk mengurangi gaya angkat yang timbul akibat kecepatan tinggi. Gaya angkat yang terjadi pada mobil mampu membuat mobil melayang dan tidak stabil saat melaju dalam kecepatan tinggi sehingga menyebabkan pengemudi kehilangan kontrol.

Wow! Inilah Tips Modifikasi Mobil Dengan Memasang Spoiler !

Selain menambah tekanan bawah saat melaju kencang, modifikasi mobil dengan memasang spoiler juga mampu meningkatkan pengendalian mobil. Hal ini berkaitan dengan meningkatnya efek aerodinamis yang mempertahankan roda untuk tetap menempel di jalan. Spoiler biasanya dipasang di bagian belakang mobil. Untuk mobil sedan, biasanya spoiler ditempelkan di atas pintu bagasi. Sedangkan untuk mobil yang tidak memiliki bagasi belakang (hatchback), maka spoiler diletakkan di atap belakang atau berada tepat di atas kaca belakang.

Wow! Inilah Tips Modifikasi Mobil Dengan Memasang Spoiler !

Pemasangan spoiler ketika melakukan modifikasi mobil harus diimbangi juga dengan pemasangan spoiler di bagian depan dan samping. Pemasangan spoiler belakang saja dapat menyebabkan mobil bergerak tidak tentu arah dan terkadang mengubah haluan mobil ketika melaju kencang. Spoiler depan biasanya menempel pada bagian bemper, sedangkan spoiler samping berada tepat di bagian panel bawah pintu di sisi kiri dan kanan.

Tidak boleh asal pasang spoiler ketika modifikasi mobil

Saat ini banyak dijual spoiler untuk modifikasi mobil di pasaran. Beberapa produsen mobil bahkan mengembangkan spoiler yang mampu mengembang ketika mobil mencapai kecepatan 100 km per jam sehingga mobil akan lebih stabil saat melaju. 

Tak hanya dari keluaran pabrikan, spoiler juga diproduksi sebagai produk aftermarket dan menjadi komponen penting modifikasi mobil. Jadi, ketika mobil kamu memang tidak dilengkapi dengan spoiler, kamu tetap dapat menambahkan komponen ini. Meski begitu, spoiler tersebut masih belum tentu memiliki fungsi yang sama dengan desain mobil ber-spoiler keluaran pabrik.

Wow! Inilah Tips Modifikasi Mobil Dengan Memasang Spoiler !

Belum lagi dengan risiko pemasangan spoiler yang salah. Kesalahan dalam memasang spoiler yang asal-asalan justru dapat menjadi beban bagi mobil sehingga konsumsi bahan bakar jadi lebih besar. Jadi, pastikan untuk memasang spoiler secara baik dan benar di tempat yang terpercaya ketika melakukan modifikasi mobil.

Nah, tahukah Sahabat ada perbedaan antara spoiler dan wing dalam dunia modifikasi mobil. Memang kedua komponen tersebut dipasang di bagian belakang mobil, namun nyatanya ada perbedaannya lho Sahabat. Untuk itu, mari simak 3 perbedaan spoiler dan wing yang wajib kamu pahami.

Wow! Inilah Tips Modifikasi Mobil Dengan Memasang Spoiler !

Walaupun keduanya merupakan aksesoris untuk modifikasi mobil yang sama-sama dipakai untuk mendukung kinerja mobil, bukan berarti spoiler dan wing bisa disamakan. Ada beberapa perbedaan kegunaan, ukuran, dan bahan yang harus diketahui oleh Sahabat jika ingin membelinya.

Fungsi dan bentuk

Walaupun hampir mirip, kedua aksesoris tersebut memiliki fungsi yang berbeda ketika melakukan modifikasi mobil. Spoiler biasanya digunakan pada city car untuk mengurangi efek melayang saat berkendara, dan akan bekerja maksimal saat mobil dipacu pada kecepatan tinggi. Selain itu, ternyata spoiler juga dapat menangkal kotoran, seperti debu, pasir kecil, atau air hujan pada kaca belakang yang disebabkan oleh turbulensi udara di bagian tersebut.

Sedangkan wing lebih sering digunakan untuk modifikasi mobil-mobil yang memiliki performa tinggi atau mobil balap yang digunakan di sirkuit. Wing juga dirancang sesuai dengan desain mobil oleh pabrikan pembuatnya, sehingga memiliki bentuk yang berbeda antara yang satu dengan lainnya.

Wow! Inilah Tips Modifikasi Mobil Dengan Memasang Spoiler !

Desain wing akan disesuaikan dengan lekuk body, sehingga mempengaruhi aliran udara dari depan ke belakang. Lalu, wing juga akan menekan bagian belakang mobil (downforce) agar ban semakin mendapatkan traksi atau grip ke aspal. Begitu juga saat menikung, wing akan membuat mobil tetap stabil walaupun melibas tikungan tajam dengan kecepatan tinggi.

Jadi, jika dipasang untuk modifikasi mobil yang digunakan untuk harian, wing dirasa tidak ideal. Apalagi bentuknya yang besar dan tinggi akan mengganggu pengendara lain, serta membebani kinerja mesin. Berbeda dengan spoiler yang memiliki bentuk lebih kecil dari wing. Oleh karena itu, spoiler adalah perangkat aerodinamika yang cocok digunakan pada mobil yang dipakai untuk harian daripada wing.

Bahan pembuat

Spoiler dari pabrikan rata-rata dibuat dari bahan plastik polyurethane yang memiliki sifat lentur dan ringan, sehingga membuatnya tahan lama. Sementara spoiler aftermarket kebanyakan memakai bahan fiberglass dan dibuat secara handmade menggunakan cetakan.

Wow! Inilah Tips Modifikasi Mobil Dengan Memasang Spoiler !

Berbeda dengan wing yang harus mengikuti desain mobil, lekukan, bahkan situasi di sirkuit ketika menentukan bahan pembuatnya. Biasanya wing akan terbuat dari bahan karbon dan bahan fiber yang sering digunakan untuk modifikasi mobil.

Aksesoris tambahan

Perbedaan terakhir adalah spoiler biasanya disematkan aksesoris tambahan, seperti stoplamp yang gunanya sama dengan stoplamp mobil. Sedangkan wing kebanyakan didesain khusus untuk mengatur aerodinamika mobil, sehingga tidak membutuhkan aksesoris tambahan saat melakukan modifikasi mobil.

Modifikasi mobil dengan menambahkan body kit

Body kit itu terdiri dari bemper (Bumper) depan dan belakang, bagian samping (Side Skirt), area fender dan juga belakang atas (spoiler / ducktail). Jika pihak pabrikan seperti Mugen ataupun AMG, dalam membuat body kit pasti telah membuat desain modifikasi mobil yang dapat memaksimalkan aerodinamis body. Jadi tiap bagian dari body kit memiliki fungsi masing-masing, namun bukan berarti yang custom tidak memiliki kualitas desain yang aerodinamis, karena jika bengkel modifikasinya professional, pastinya akan membuat desain yang presisi dan mampu mengejar fungsi aerodinamika.

Wow! Inilah Tips Modifikasi Mobil Dengan Memasang Spoiler !

Untuk modifikasi mobil bagian body kit yang berada di bagian bawah, seperti bumper dan side skirt, sebenarnya dibuat untuk lebih mendekatkan jarak bodi ke tanah guna memperkecil masuknya angin dari bawah sehingga pada kecepatan tinggi dapat mengurangi daya limbung / melayang, namun penggunaannya saat ini lebih kepada segi fashion modifikasi saja, terutama buat body kit custom yang desainnya tidak memperhitungkan segi aerodinamika.

Nah bagaimana Sahabat, sudah mengerti kan apa beda modifikasi mobil dengan memasang spoiler, wing atau body kit. Ingat ya, jangan memodifikasi mobil kamu terlalu lebay karena akan berpengaruh terhadap performa mobil yang kamu miliki. Selalu jaga kenyamanan dan keamanan selama berkendara.

Foto: Garasi.id

Ditulis oleh ANJAR
Terakhir diupdate: 18 Nov 2019 | 15:05 WIB
BAGIKAN