Garasi.id siap memberikan solusi untuk merawat mobil kamu
Suspensi merupakan komponen yang berfungsi untuk meredam getaran selama berkendara

5 Jenis Suspensi Mobil dan Perbedaanya

05 Agt 2019 | 20:00 WIB
BAGIKAN

Suspensi pada mobil ada sebuah rangkaian komponen yang berfungsi untuk meredam getaran saat mobil melewati jalanan. Tujuan utama dari komponen mobil itu adalah demi meningkatkan kenyaman saat berkendara. 

Untuk sistem suspensi mobil, ada beberapa jenis sistem suspensi dan terdapat juga beberapa jenis pegas (per) yang digunakan. Seperti yang dilansir di carkeys.co.uk, terdapat 5 jenis suspensi berbeda yang ada pada mobil yang kita kendarai sehari-hari, mari simak perbedaanya:

Suspension MacPherson

Ditemukan oleh Earl MacPherson, suspensi MacPherson diposisikan tegak lurus dan ditopang oleh sebuah peredam kejut (shockbreaker). Banyak mobil yang menggunakan tipe suspensi ini karena harganya yang terjangkau dan komponen penggantinya mudah dicari. Mobil-mobil seperti MPV, LMPV dan sedan hampir sebagian besar menggunakan suspensi tipe ini. 

5 Jenis Suspensi Mobil dan Perbedaanya

Suspension Double Wishbone

Suspensi Double Wishbone dilihat dari bentuknya hampir mirip dengan suspensi MacPherson, namun yang menjadi pembedanya adalah penggunaan dua buah lengan ayun yang diberi nama lower arm dan upper arm. Penggunaan lower arm dan upper arm berfungsi untuk menyeimbangkan roda ketika bergerak secara vertikal.

5 Jenis Suspensi Mobil dan Perbedaanya

Bisa dikatakan suspensi ini merupakan penyempurnaan dari sistem suspensi MacPherson. Umumnya mobil berjenis crossover, SUV, double cabin menggunakan tipe suspensi ini.

Suspension Multi-Link

Sesuai dengan namanya, suspensi tipe ini memiliki beberapa penghubung (link) pada sistem komponen suspensinya. Penghubung ini berperan sebagai lengan suspensi yang berjumlah lebih dari tiga buah. Link-link tersebut diletakan sedemikian rupa sehingga dapat menyerap getaran roda dengan baik. Selain itu, komponen link-link ini berdimensi kecil sehingga tidak terlalu memakan banyak ruang di bagian suspensi. 

5 Jenis Suspensi Mobil dan Perbedaanya

Uniknya lagi, sistem suspensi Multi-link termasuk kategori suspensi yang bekerja sangat ringan ketimbang dengan sistem suspensi lainnya. Mungkin karena kerumitan konstruksinya menyebabkan sistem suspensi Multi-link secara relatif lebih sensitif terhadap cara pemakaian kendaraan. Suspensi Multi-link banyak digunakan pada mobil MPV, LCGC dan SUV.

Suspension Torsion Beam

Suspensi ini merupakan suspensi yang bisa dikategorikan semi-independen, karena pada dasarnya suspensi Torsion Beam merupakan pengembangan dari suspensi rigid namun dibuat dengan bentuk yang berbeda untuk menghasilkan peredaman yang lebih baik. 

5 Jenis Suspensi Mobil dan Perbedaanya

Nah, itulah beberapa jenis suspensi yang ada di mobil yang kamu punya Sahabat. Selalu berkendara yang baik dan benar agar komponen mobil kamu selalu terjaga ya ! Jika bingung memilih tempat merawat mobil yang terbaik dan terlengkap, Garasi.id siap memberikan solusi kebingunan kamu. Di Garasi.id kamu bisa mendapatkan mobil yang kamu inginkan, perawatan-perawatan terlengkap, hingga promo-promo yang sangat menguntungkan.

Foto : Internet


Ditulis oleh GEDE RAMANANDA
Terakhir diupdate: 05 Agt 2019 | 20:00 WIB
BAGIKAN