Aki Mobil
Pilih Aki Kering atau Basah

Bingung Gunakan Aki Kering atau Basah untuk Mobil, Simak ini

06 Okt 2018 | 16:00 WIB

Tak dipungkiri jika saat ini masih banyak pemilik mobil yang kebingungan untuk menentukan pilihan aki, apakah akan menggunakan aki kering atau basah. Bahkan tak sedikit yang masih bingung membedakan apa keunggulan dan kekurangan dari keduanya.

Aki atau accu merupakan salah satu jenis baterai yang umumnya digunakan sebagai penyuplai daya listrik pada kendaraan, termasuk pada mobil. Jika tidak ada aki, tentu mobil tidak akan bisa dinyalakan saat dalam keadaan mati.

Bingung Gunakan Aki Kering atau Basah untuk Mobil, Simak ini

Berbicara fungsi, dilansir situs resmi Daihatsu, aki digunakan untuk menyalakan sistem starter. Saat sistem starter berhasil dinyalakan, mesin mobil juga akan menyala. Kedua, aki berfungsi untuk mengalirkan arus induksi pada alternator mobil.

Ketiga, aki berfungsi untuk menyuplai arus listrik ke dashboard sebagai sistem informasi yang berkaitan dengan kendaraan saat pertama kali pengemudi memasuki kabin.

Baca Juga : 3 Cara Mudah Cek 'Kesehatan' Aki Mobil

Keempat, aki berfungsi untuk membuka dan mengunci pintu mobil yang diaktifkan lewat kunci kontak. Kelima, aki berfungsi memberikan tegangan referensi ke ECU saat mesin mobil belum menyala.

Lalu apa keunggulan dan kekurangan dari masing-masing? Berbicara perawatan, aki basah memang lebih sedikit ribet. Sahabat harus rutin mengontrol ketinggian air aki. Jika telat tentu akan membuat aki cepat rusak.

Umumnya perawatan rutin pada aki basah dilakukan setiap dua bulan sekali. Namun, untuk kendaraan operasional seperti taksi, ada baiknya perawatan aki dilakukan setiap satu bulan sekali.

Aki basah didesain lebih transparan. Hal itu untuk memudahkan pengguna melihat kondisi sel dan ketinggian air aki. Selain itu, pada aki basah juga terdapat penanda garis batas ketinggian air yang memudahkan kamu mengetahui waktu untuk mengisi air pada aki.

Berbeda dengan aki basah, perawatan aki kering relatif mudah karena aki kering menggunakan gel sebagai pengganti cairan untuk meredam sel-sel aki. Gel tersebut mengandung cairan elektrolit atau air aki.

 Soal harga, aki basah biasanya lebih murah daripada aki kering. Nah, setelah tahu mengenai keunggulan dan kekurangannya, tentu keputusan ada di tangan Sahabat. Dan untuk membeli Aki yang Sahabat butuhkan, Sahabat bisa cek di Toko Garasi.id.

Foto : Garasi.id

Ditulis oleh RIZKY YUNIHARTO
Terakhir diupdate: 11 Mei 2020 | 14:10 WIB
Bagikan

Kata kunci pencarian

mobilbarubekasjualbeliperawatanakikeringbasahlistrikbatraigeltipstriktokogarasiidotomotifgarsiid
Kontak email [email protected]
Nomor WA 081522550888
Logo Garasi.id
Copyright © 2024 PT. Digital Otomotif Indonesia.
All Rights Reserved
Member Of 
Blibli
 Family