Seatbelt mobil
Seatbelt Fitur Utama Keselamatan

Tahu Tidak? Bukan Airbag, Justru Seatbelt Fitur Keselamatan Paling Penting di Mobil

06 Agt 2019 | 20:00 WIB

Tiap kendaraan pasti selalu dilengkapi dengan fitur-fitur terkait keselamatan dalam berkendara. Hal ini untuk memastikan keamanan baik bagi pengendara dan juga penumpang saat melakukan perjalanan. Dan fitur keselamatan pun terus diperbarui, sebut saja ada teknologi baru seperti sensor pejalan kaki, kantung udara atau airbag hingga kamera pengaman.

Tahu Tidak? Bukan Airbag, Justru Seatbelt Fitur Keselamatan Paling Penting di Mobil

Namun, dari semua fitur keamanan itu, ternyata seatbelt atau sabuk pengaman merupakan fitur keamanan yang paling utama dalam sebuah kendaraan. Hal itu diungkapkan oleh Product Knowledge Planning Division PT Toyota Astra Motor, Gandhi Ahimsa Putra.

"Keamanan yang ada dalam sebuah kendaraan itu adalah seatbelt, sementara yang lainnya seperti airbag dan lainnya adalah jadi pendukungnya," papar Product Knowledge Planning Division PT Toyota Astra Motor (TAM), Gandhi Ahimsa Putra, melansir dari lamana Oto.com. Menurut Gandhi, alasan safety utama dalam kendaraan adalah seatbelt karena fitur ini menempel langsung ditubuh manusia. Untuk itu, ia menyatakan berbagai inovasi coba dikembangkan Toyota dalam keselamatan salah satunya ialah teknologi pada seatbelt.

"Saat ini kan seatbelt jadi standart safety yang harus ada pada setiap kendaraan, untuk itu kami dari Toyota fokus pada hal itu dan terus coba kembangkan terkait keselamatan baik bagi pengendara maupun penumpangnya," tambah Gandhi.

Baca juga: Makin Canggih, Ini Fitur Mobil Yang Banyak ‘Dikacangin’

Saat ini, Gandhi menyatakan bila seatbelt hadir dengan menggunakan teknologi pretensioner mechanism dan force-limiter mechanism. Teknologi ini akan melindungi pengguna apabila terjadi benturan keras maka pretensioner mechanism akan aktif dan menghindari pengguna terpental kedepan atau membuatnya tetap berada di kursi.

Namun, selain itu terdapat juga force-limiter mechanism yang akan bekerja sesaat setelah pretensioner mechanism. Dengan force-limiter mechanism sabuk pengaman akan mengendur dan membuat badan terbentur dengan airbag yang sudah mengembang, atau membuat benturan tidak terlalu keras sehingga menghindari resiko patah tulang bahu akibat tekanan seatbelt yang terlalu kuat.

"Jadi teknologi pretensioner mechanism dan force-limiter mechanism bekerja selaras dengan airbag. Keduanya akan bekerja saat airbag mengembang sehingga benturan akan terasa tidak terlalu keras dan dapat melindungi pengendara," terang Gandhi.

Foto : Garasi.id

Ditulis oleh RIZKY YUNIHARTO
Terakhir diupdate: 10 Mei 2020 | 19:21 WIB
Bagikan

Kata kunci pencarian

mobilbarubekasjualbelikendaraanseatbeltfiturkeselamatanairbagtipsotomotifmpvsedansuvjakarta
Kontak email [email protected]
Nomor WA 081522550888
Logo Garasi.id
Copyright © 2024 PT. Digital Otomotif Indonesia.
All Rights Reserved
Member Of 
Blibli
 Family