Fitur Aneh
Fitur Mobil Yang Unik

Fitur Mobil Unik Sepanjang Sejarah yang Bikin Geleng Kepala

07 Jul 2019 | 14:00 WIB

Sekarang ini, mobil sudah tak lagi menjadi sekedar alat transportasi saja. Banyak fitur yang ditanamkan di dalamnya yang gunanya adalah membuat perjalanan Sahabat Garasi menjadi lebih nyaman, menyenangkan, dan membuat Sahabat betah di dalam. Kalau di mobil modern, ini bisa berarti memasang sound system, televisi mini, dan bahkan kulkas mini. Tapi ternyata sepanjang sejarah mobil, cukup banyak mobil unik yang memiliki fitur yang aneh-aneh.

Fitur Mobil Unik Sepanjang Sejarah yang Bikin Geleng Kepala

Fitur-fitur mobil tersebut ada yang sudah dipasang nyata di mobil tersebut, dan ada juga yang masih menjadi konsep. Hal yang sudah pasti adalah, begitu Sahabat melihatnya, Sahabat pasti akan geleng-geleng kepala. Entah karena kagum dengan inovasinya, atau karena merasa bahwa fitur tersebut terlalu tak masuk akal. Satu hal yang jelas adalah, fitur-fitur itu bukanlah fitur mobil yang bertahan sampai di zaman modern. mari lihat fitur-fitur yang hanya menjadi konsep saja dan tak pernah dipasang:

1. Karung kanvas buat anjing peliharaan

Konsep ini pertama kali diajukan di tahun 1935. Karung kanvas tersebut bisa dipasang di pintu mobil dan berada di sisi luar. Untungnya, konsep ini tak pernah jadi kenyataan.

2. Disc yang terlepas saat tabrak lari

Di tahun 1931, muncul konsep untuk melepaskan disc yang berisi identitas pengemudi secara otomatis ketika dia menabrak seseorang. Sayangnya konsep berguna ini tidak diberlakukan.

3. Ban yang bisa menyala

Goodyear memperkenalkan ban yang bisa menyala ini di tahun 1961. Ban ini bisa menyala karena ada bohlamnya, yang jelas sangat berbahaya kalau dipakai jalan.

4. Mini Bar

Mobil Cadillac Eldorado Brougham keluaran 1975 memiliki mini bar yang dilengkapi magnet untuk menjaga gelas dan botol alkohol agar tak tumpah. Bahkan di bar tersebut Sahabat akan menemukan tempat peralatan makeup, tempat rokok, dll.

5. Mobil Amfibi

Diproduksi tahun 1961-1968. Mobil ini memiliki 4 silinder dan pompa untuk mengapungkan mobil. Sayangnya, mobil ini kecepatannya pelan di jalan, dan lambat di air.

6. Mobil Roda 3

Dibuat di Inggris selama 27 tahun. Mobil yang dikenal dengan sebutan Robins ini diklasifikasi sebagai sepeda motor karena tak punya 4 ban. Sangat ringan dan cocok buat di jalanan bersalju, meski mudah terguling.

7. Kursi Berputar 180o

Kursi depan mobil Buick Flamingo buatan tahun 1961 ini bisa berputar 180o sehingga bisa dipakai untuk mengobrol dengan orang di belakang.

8. Setir mobil yang mengayun

Mobil Ford Thunderbird 61 ini memiliki setir yang bisa diayun sehingga pengemudi mudah untuk keluar.

Selanjutnya adalah beberapa fitur unik lain lagi yang sekarang ini sudah tak ada lagi:

1. Seatbelt otomatis

Diperkenalkan tahun 1970-an, seatbelt ini akan langsung mengikatkan diri ke penumpang begitu duduk.

2. Rim Blow

Alih-alih menggunakan tombol klakson, Sahabat bisa membunyikannya dari mana saja di bagian setir karena ada karetnya di dalam rangkanya.

3. Persneling lightning rod

Sistem transmisi manual yang unik karena menggunakan 3 buah persneling sekaligus.

Benar-benar fitur mobil unik yang cukup bikin geleng kepala, bukan? Kalau dilihat lagi, sebenarnya ada beberapa fitur mobil tersebut yang masih ada sampai sekarang, hanya saja diperbaharui dan dibuat lebih praktis. Sementara yang lainnya lagi sudah ditinggalkan begitu saja. Meskipun demikian, harus diakui bahwa ada beberapa konsep tersebut yang sebenarnya cukup berguna buat pengendara mobil modern.

Foto : Garasi.id

Ditulis oleh RIZKY YUNIHARTO
Terakhir diupdate: 07 Mei 2020 | 14:32 WIB
Bagikan

Kata kunci pencarian

mobilbarubekasjualbelifituranehuniksejarahlangkadunianegaraindonesiabaikburuk
Logo Garasi.id
Copyright © 2024 PT. Digital Otomotif Indonesia.
All Rights Reserved
Member Of 
Blibli
 Family