Mobil turun mesin
Mobil turun mesin

Inilah 5 Penyebab Turun Mesin Mobil dan Pencegahannya

27 Jan 2020 | 11:18 WIB

Apakah Sahabat memiliki sebuah mobil dirumah? Jika iya, sudah selayaknya kalian memahami sedikit banyak cara melakukan perawatan mobil. Ada banyak hal yang bisa dilakukan dalam melakukan perawatan mobil dimana salah satunya adalah merawat mesin mobil yang benar. Kenapa merawat mesin mobil penting? Sudah tentu agar mobil bisa digunakan dengan nyaman ketika dikendarai dan untuk menghindari kerusakan hingga menyebabkan turun mesin mobil.

Inilah 5 Penyebab Turun Mesin Mobil dan Pencegahannya

Walaupun Sahabat sudah melakukan perawatan mesin mobil dengan teliti, tak jarang timbul beberapa gangguan yang bisa menyebabkan terjadinya turun mesin mobil. Sebenarnya, penyebab turun mesin mobil ada banyak dan bisa beraneka ragam. Oleh karena itu, jika Sahabat memiliki mobil, sebaiknya hindari sedini mungkin terjadinya mobil turun mesin. Mengapa disebut dengan turun mesin, karena memang dalam melakukan perbaikan dan perawatannya mesin mobil harus diturunkan dari mobil. Hal itu berguna untuk mengetahui penyebab turun mesin mobil.

Inilah 5 Penyebab Turun Mesin Mobil dan Pencegahannya

Ketika sebuah mesin sudah diketahui penyebab turun mesin mobil, maka akan dilanjutkan dengan penganalisaan terhadap segala gangguan yang mungkin terjadi. Lalu gangguan semacam apa yang menjadi penyebab mobil turun mesin, apakah memang gangguan pada mobil ini sangat serius dan berbahaya untuk kelangsungan dan kenyamanan mobil atau tidak. Biar Sahabat makin paham, berikut penyebab turun mesin mobil seperti yang dilansir di situs resmi Bengkel BOS.

Turun mesin mobil akibat panas berlebih/overheating

Apakah mobil kamu pernah mengalami mogok? atau justru sering mengalami mogok. Jika ditelusuri lebih dalam, penyebab mobil mogok ini ada banyak sekali, diantaranya adalah bensin habis, busi mati atau tidak berfungsi, ataupun juga mobil mengalami overheating.

Inilah 5 Penyebab Turun Mesin Mobil dan Pencegahannya

Untuk overheating sendiri, bisa menyebabkan berbagai kerusakan lainnya seperti kepala silinder melengkung, bercampurnya oli dengan air dan berbagai gangguan pada mesin mobil lainnya. Jika komponen di dalam mesin mengalami kerusakan, sudah bisa dipastikan kamu harus melakukan turun mesin mobil untuk dilakukan pengecekan lebih lanjut.

Turun mesin mobil akibat pelumasan buruk

Penyebab turun mesin mobil selanjutnya adalah dikarenakan sistem pelumasan yang tidak bisa bekerja dengan baik. Atau bisa jadi bahkan oli mesin mobil Sahabat mengalami kehabisan.

Inilah 5 Penyebab Turun Mesin Mobil dan Pencegahannya

Sistem pelumasan mobil ini sangat penting sekali pada komponen mobil, pelumasan mobil ini dibutuhkan untuk menjaga pergesekan di dalam mesin mobil agar tidak terjadi pemanasan yang terlalu tinggi. Sehingga ketika sistem pelumasan ini tidak bekerja dengan baik, maka tentu saja komponen-komponen tersebut mengalami kerusakan karena gesekan tanpa adanya pelumas.

Inilah 5 Penyebab Turun Mesin Mobil dan Pencegahannya

Sebaiknya, Sahabat mengecek berapa liter oli yang tersisa dengan bantuan deep stick oil secara rutin. Selain itu perhatikan indikator oli pada dashboard mobil. Ada gambar cangkir tetesan di sana. Jika gambar itu menyala, berarti ada masalah pada pelumasannya. Bisa jadi karena kurang tekanan, sirkulasi oli yang buruk. Dikhawatirkan saluran oli tersumbat atau pompa oli rusak. Jika oli mesin mobil tinggal sedikit segera bawa mobil Sahabat ke bengkel untuk penggantian oli mesin agar terhindar dari turun mesin mobil.

Timing belt putus bisa jadi penyebab turun mesin mobil

Penyebab turun mesin mobil selanjutnya adalah bisa jadi karena terjadinya putus timing belt. Timing belt sendiri berfungsi sebagai penyalur tenaga dari poros engkol. Bila terjadi putus pada timing belt, maka yang akan terjadi adalah piston dan katup-katupnya bertubrukan. Tentu saja hal ini akan membuat kerusakan pada katup dan pistonnya.

Inilah 5 Penyebab Turun Mesin Mobil dan Pencegahannya

Namun ada juga beberapa kasus yang sama namun tidak menyebabkan terjadinya gangguan pada mesin yang signifikan namun tetap bisa membuat mobil mogok dan tidak bisa dihidupkan.

Mobil kemasukan air atau water hammer

Selanjutnya, yang bisa menjadi penyebab turun mesin mobil biasanya adalah air yang masuk ke dalam mesin mobil. Masuknya air bisa melalui saluran hisap yang biasanya terjadi ketika mobil melewati jalan tergenang air atau mobil kamu melibas banjir yang tidak wajar. Nah, air yang masuk ini kemudian akan ikut berada di ruang bakar, sehingga hal ini tentu bisa menimbulkan sesuatu yang berbahaya. Hal ini bila terjadi tekanan dari piston, maka bisa menyebabkan piston menjadi berlubang atau bahkan bisa pecah. Gejala tersebut biasanyanya disebut water hammer dan sangat bisa menyebabkan turun mesin mobil jika tidak mendapatkan penanganan lebih lanjut.

Inilah 5 Penyebab Turun Mesin Mobil dan Pencegahannya

Nah Sahabat semua, itulah beberapa penyebab turun mesin mobil serta cara mengatasi mobil turun mesin.  Yang paling utama dalam mengatasi mobil turun mesin sebenarnya adalah bagaimana kita bisa mencegah terjadinya gangguan pada mobil sedini mungkin.

Inilah 5 Penyebab Turun Mesin Mobil dan Pencegahannya

Nah, untuk tindakan pencegahan ini yang paling bagus adalah dengan mengantisipasinya dengan cara merawat mesin mobil setiap waktu. Jangan hanya mengendarai saja, namun malas merawat mobil. Karena jika Sahabat malas merawat mesin mobil, yang terjadi adalah banyaknya terjadi kerusakan dan gangguan pada mesin mobil yang itu sangat buruk untuk kondisi mobil.

Foto: Garasi.id

Ditulis oleh GEDE RAMANANDA
Terakhir diupdate: 03 Apr 2020 | 07:49 WIB
Bagikan

Kata Kunci Pencarian

tipstipsotomotiftipsgarasitipsototipsdantrikotomotiftipsmobil