Konsumsi bahan bakar yang irit membuat mobil berpenggerak depan diminati
Pendistribusian bobot di depan membuat mobil memiliki traksi yang baik

Keuntungan Mobil Penggerak Depan

18 Jun 2019 | 20:00 WIB
BAGIKAN

Sahabat pernah mendengar istilah FWD (Front Wheel Drive), RWD (Rear Wheel Drive) dan AWD (All Wheel Drive) ? Istilah-istilah itu merupakan istilah dari sistem penggerak roda mobil. Sebagian besar dari para pembeli mobil bekas atau baru tidak terlalu memperhatikan mengenai sistem penggerak roda ini. Dari ketiga sistem penggerak mobil diatas, hanya dua sistem penggerak mobil yang banyak diminati konsumen Indonesia, yakni sistem berpenggerak belakang dan depan namun seiring berkembangnya mobil dan teknologi hampir seluruh mobil menggunakan sistem penggerak depan. 


Kelebihan dari sistem mobil penggerak roda depan sendiri mobil lebih ringan ketimbang mobil berpenggerak belakang dimana tidak adanya (drivetrain) gigi transmisi dan poros gardan untuk menyalurkan daya ke roda bagian belakang. Drivetrain sendiri merupakan komponen yang berfungsi untuk menyalurkan tenaga mobil ke roda, sehingga mobil dapat bergerak. Dengan biaya produksi yang lebih sedikit, membuat mobil penggerak roda depan memiliki harga yang lebih murah dibandingkan dengan sistem penggerak roda belakang di kategori mobil yang sama.

 

Selain itu, kelebihan mobil berpenggerak depan yaitu memiliki traksi yang lebih pada saat melibas jalanan licin terutama pada saat hujan. Traksi mobil berpenggerak depan lebih bagus di jalanan licin karena berat mesin mobil di bagian depan ikut membantu memberikan traksi saat hujan.

Mobil-mobil dengan sistem Front Wheel Drive (FWD) mampu berakselerasi dengan lebih baik. Kenapa ? Karena mesin yang terletak di depan akan menarik beban bukan mendorong beban seperti pada sistem penggerak roda belakang. Hal tersebut membuat roda tidak mudah selip ketika berakselerasi dan mudah untuk dikendalikan. 

Tidak sampai situ saja, mobil yang menggunakan sistem penggerak roda depan memiliki radius putar yang lebih luas ketimbang penggerak belakang. Hal ini membuat mobil berpenggerak depan mampu menikung lebih tajam dan presisi.

Keuntungan Mobil Penggerak Depan

Jika kamu tidak terlalu sering melewati jalanan rusak, hanya digunakan untuk dalam kota dan tetap ingin bahan bakar lebih irit serta mengangkut penumpang yang banyak maka mobil sistem penggerak roda depan akan sangat cocok untuk Sahabat. Di Garasi.id kami memiliki mobil-mobil bekas penggerak depan dengan kualitas yang OKE punya loh Sahabat. Seperti Honda HR-V, Jazz, Brio, Toyota Fortuner, Mazda Biante, Mitsubishi Xpander dan masih banyak mobil pilihan lainnya.


Foto : Garasi.id

Ditulis oleh GEDE RAMANANDA
Terakhir diupdate: 18 Jun 2019 | 20:00 WIB
BAGIKAN