SUV Garasi.id
Mobil Pilihan Keluarga

Mencari Mobil Keluarga? Ini 4 Pilihan yang Tepat

14 Sep 2019 | 14:01 WIB
BAGIKAN

Pergi bersama keluarga tercinta menggunakan mobil pribadi pastilah menyenangkan, mulai dari pergi liburan hingga mudik lebaran yang namanya berkendara bersama orang terkasih pastilah akan menciptakan moment-moment yang menyenangkan selama perjalanan. Namun ketika pergi bersama keluarga dengan tujuan yang jauh, ada beberapa hal yang perlu Sahabat perhatikan nih salah satunya mobil keluarga yang cocok. 

Pergi Bersama Keluarga Tercinta, Ini 4 Tunggangan Yang Tepat

Buat Sahabat yang akan menggunakan mobil keluarga untuk pergi bersama, mesti cermat memilih karena perjalanan bisa memakan waktu berjam-jam. Selain kenyamanan penumpang, pastikan juga pengeluaran untuk mobil tersebut sesuai dengan anggaran.

Beberapa pengeluaran penting untuk mobil keluarga yang harus disiapkan dananya adalah biaya servis kendaraan (jika menggunakan mobil pribadi), biaya sewa kendaraan (jika menggunakan mobil sewa), serta biaya bensinnya selama perjalanan.

Berdasarkan faktor terakhir inilah, jenis mobil MPV menjadi pilihan utama untuk kategori mobil keluarga. Kami telah memilihkan 4 merek MPV yang bisa menghemat ongkos perjalanan Sahabat bersama keluarga tercinta.

4 Rekomendasi mobil keluarga

Nissan Grand Livina X-Gear

Dalam hal efisiensi bahan bakar, Nissan Grand Livina X-Gear ini memang juaranya. Setiap liter dapat dipakai untuk perjalanan sejauh 13,2 km (pemakaian dalam kota) dan 18,2 km (pemakaian di jalan tol).

Mobil keluarga ini juga hadir dengan desain menarik. Bagian depannya telah dilengkapi oleh dual airbag dan sensor parkir di bagian belakang. Dengan kapasitas penumpang maksimal 7 orang, mobil ini sangat pas digunakan untuk keluarga.

Satu lagi kelebihan Nissan Grand Livina adalah transmisinya. Sahabat dan keluarga akan merasakan kenyamanan meski untuk perjalanan jauh.

Isuzu Panther

Dikenal sebagai rajanya mobil diesel, Isuzu Panther mampu menembus 15 – 16 km per liternya. Mobil keluarga ini memiliki mesin kuat, handal, dan ekonomis. Sangat cocok dibawa untuk perjalanan jauh seperti liburan maupun mudik lebaran.

Mesin Isuzu Panther menggunakan 4JA1L with Turbocharger dengan sistem injeksi bahan bakar (Diesel Direct Injection) yang membuat mobil tidak memerlukan pemanas solar saat dihidupkan dalam kondisi dingin.

Suzuki Ertiga

Suzuki Ertiga menggunakan mesin K148B serta teknologi VVT. Konsumsi BBM mencapai 13,2 km per liter (pemakaian dalam kota) dan 19,2 km per liter (pemakaian di jalan tol).

Meski bodinya lebih kecil dibandingkan dengan MPV lain, Suzuki Ertiga tetap memiliki tenaga besar untuk melalui jalan menanjak. Kapasitas penumpangnya pun bisa mencapai 7 orang dewasa. Lumayan kan untuk kategori mobil keluarga?

Honda Mobilio

Tak mau ketinggalan dengan MPV lain, Honda Mobilio juga hadir meramaikan persaingan mobil keluarga. Keunggulan dibanding yang lain adalah pemakaian bahan bakar yang lebih hemat.

Pemakaian dalam kota menembus 14,8 km per liter sedangkan pemakaian di jalan tol menembus 18,9 km per liter.

Selain kapasitas penumpang cukup besar, muat 8-9 orang, Honda Mobilio juga memiliki kapasitas bagasi yang luas serta fleksibel. Hal ini tentu sangat berguna jika Sahabat berencana pergi berlibur atau mudik bersama keluarga.

Punya mobil harus dirawat

Untuk Sahabat yang senang bepergian jarak jauh bersama keluarga menggunakan mobil pribadi, harus melakukan perawatan mobil dari jauh-jauh hari. Lakukanlah persiapan dengan matang.

Pergi Bersama Keluarga Tercinta, Ini 4 Tunggangan Yang Tepat

Baca juga: Perawatan Mobil Kunci Utama Kendaraan Panjang Umur

Berikut ini 8 langkah persiapan perjalanan jauh dengan mobil keluarga yang wajib Sahabat lakukan agar perjalananmu lancar tanpa hambatan.

1. Memeriksa mesin mobil

Nyalakan mesin dan dengarkan suaranya, apakah terdengar masih normal atau tidak. Jika mobil keluarga milikmu suaranya kasar, atau ada bunyi tertentu yang berbeda, segera periksa ke bengkel.

Pastikan juga Sahabat mengecek minyak rem, minyak kopling, air radiator, aki, oli mesin, serta air wiper terisi sesuai dengan takarannya. Jika Sahabat masih awam untuk mengeceknya sendiri, Sahabat bisa memeriksakannya ke bengkel yang Sahabat percayai.

2. Memeriksa lampu mobil

Caranya nyalakan lampu mobil dan lihat kondisinya. Sahabat perlu melihat kondisi lampu depan mobil, lampu rem yang ada di belakang, lampu sein, dan cek bagian soket pada bagian lampu depannya. Kondisi lampu ini akan sangat berguna saat Sahabat berkendara di malam hari.

3. Pastikan wiper mobil masih bagus

Saat melakukan pengecekkan mobil keluarga, pastikan wiper mobil masih berfungsi dengan sempurna. Jangan lupa memastikan bagian karet wiper masih bagus dan mampu membersihkan kaca mobil dengan cepat.Tanpa dilengkapi dengan wiper yang baik, saat kondisi jalanan sedang hujan, Sahabat akan sangat kesulitan melanjutkan perjalanan.

4. Pastikan ban tidak botak

Salah satu yang harus dilakukan saat melakukan pengecekkan mobil keluarga adalah Sahabat harus melihat bagian tapak dan kembang ban, apakah masih dalam kondisi baik atau tidak. Jangan segan untuk mengganti ban yang sudah botak agar perjalananmu nyaman dan jauh dari kecelakaan akibat kondisi ban buruk. Dan pastikan tekanan angin ban sesuai dengan anjuran pabrikan sekitar 32 atau 35.

5. Sediakan ban serep

Setiap mobil khususnya mobil keluarga wajib mempunyai ban serep. Ban serep sangat penting jika di perjalanan ban Sahabat bocor. Sahabat akan kesulitan untuk mencari ban serep di bengkel terdekat jika tidak memiliki ban serep. Sebaliknya, dengan ban serep, Sahabat bisa langsung mengganti ban yang bocor.

6. Perangkat pendukung

Pergi dengan mobil keluarga, Sahabat juga harus menyediakan perangkat pendukung lainnya, seperti dongkrak, kotak P3K, serta alat darurat lainnya. Perangkat tersebut sangat dibutuhkan saat kendaraan Sahabat mengalami masalah sehingga harus tersedia di dalam mobil.

7. Pastikan AC mobil berfungsi dengan baik

Agar perjalananmu dengan mobil keluarga berlangsung dengan menyenangkan, pastikan mesin AC di mobilmu masih berfungsi dengan baik. Periksa isi freon ke bengkel. Jika sudah hampir habis, sebaiknya diisi kembali agar AC tetap dingin.

Selain itu, jangan lupa mengecek semua panel dan spare part yang berkaitan dengan AC, diantaranya filter AC yang sering ngadat, serta tombol-tombol pada kabin yang ada di mobil keluarga.

8. Jangan lupa untuk mengetes mobil sebelum berangkat

Agar Sahabat tenang, sebaiknya Sahabat mengetes mobil keluarga beberapa hari sebelum berangkat. Ini agar Sahabat merasakan respon mobil keluarga yang digunakan baik, seperti setir, ban, suspensi. Apabila ada yang kurang meyakinkan, sebaiknya ditanyakan kepada bengkel terpercaya dan pastikan kembali mobil keluarga dalam kondisi baik.

Nah bila Sahabat perlu penanganan khusus dari ahlinya dalam melakukan servis mobil keluarga, seperti ganti oli, spooring balancing, tune up atau rawat dengan jasa detailing atau coating, Sahabat bisa mendapatkanya di Jasa dan Servis Garasi.id.

Tips Hemat dengan Kendaraan Pribadi

Selain menggunakan mobil keluarga yang tepat dan melakukan perawatan mobil keluarga sebelum bepergian, ada beberapa tips yang dapat digunakan untuk membantu Sahabat berhemat saat berkendara dengan mobil keluarga, antara lain hindari penambahan kecepatan secara mendadak atau sering menginjak rem. Bahan bakar akan lebih banyak terbuang dengan cara mengemudi seperti ini.

Pergi Bersama Keluarga Tercinta, Ini 4 Tunggangan Yang Tepat

Sebelum jalan menggunakan mobil keluarga periksa terlebih dahulu tekanan ban. Jika tekanan ban mobil keluarga kurang, kerja mesin akan lebih berat dan menghabiskan lebih banyak bahan bakar.

Mengemudilah dengan kecepatan normal, jangan mengebut karena kecepatan tinggi membutuhkan lebih banyak bahan bakar.

Jangan terlalu sering memanaskan mesin mobil keluarga. Saat ini rata-rata mobil sudah dilengkapi sistem pembakaran injeksi sehingga tidak perlu dipanaskan. Terlalu sering memanaskan mobil akan menghabiskan lebih banyak bahan bakar.

Foto : Garasi.id

Ditulis oleh ANJAR
Terakhir diupdate: 14 Sep 2019 | 14:01 WIB
BAGIKAN