Mobil matic
Mobil matic

Mobil Matic Banyak Keuntungannya, Ini Penjelasan Lengkapnya

26 Apr 2021 | 14:29 WIB

Bagi sebagian orang, mengendarai mobil matik memiliki tingkat kesulitan yang lebih tinggi jika dibandingkan dengan mobil bertransmisi manual. Namun, bagi sebagian orang lagi, justru mengendarai mobil matic lah yang lebih mudah karena proses transmisinya yang sederhana. Padahal, mengendarai mobil matic sangatlah mudah jika Sahabat telah mengetahui arti dari simbol pada transmisi mobil matic.

Keuntungan Memiliki Mobil Matik yang Perlu Kamu Ketahui

Hal tersebut sering menjadi kendala bagi pengendara (yang sudah terbiasa menggunakan mobil manual) untuk beralih ke mobil bertransmisi otomatis. Karena sudah terbiasa dengan sistem transmisi manual, sebagian orang menganggap bahwa semua kendali perpindahan gigi dan mekanisme kemudi akan selalu dalam kontrol pengemudi.

Tetapi di artikel Pahami Apa yang Ada di Tuas Transmisi Mobil Matik, Sahabat dapat mengetahui dan mempelajari dengan mudah apa sih makna di setiap simbol yang ada pada transmisi matic.

Pahami Apa yang Ada di Tuas Transmisi Mobil Matik

Mengemudikan mobil bertransmisi otomatis, punya karakter berbeda dengan manual. Meski kelihatannya lebih mudah, tapi ada beberapa hal mendasar perlu diketahui.

Keuntungan Memiliki Mobil Matik yang Perlu Kamu Ketahui

Untuk itu, adaptasi terhadap mobil jenis matic perlu dilakukan agar dapat terbiasa. Karena sejatinya, mobil matic dibuat untuk meminimalisir kelelahan dan membuat kenyamanan pengemudi dalam berkendara. Tanpa harus menginjak kopling dan memindahkan persneling, mobil matic sebenarnya lebih aman dikendarai. Apa alasannya?


Menghadapi kondisi jalan menanjak

Seorang pengemudi harus siap saat menjumpai kondisi jalanan menanjak. Hal ini penting untuk dikuasai setiap pengemudi karena jika tidak, mobil yang kamu kendarai bisa saja terjadi hal-hal di luar dugaan seperti : mundurnya kembali mobil yang dikendarai saat mencoba menghadapi tanjakan. Tentu saja hal tersebut akan berakibat tabrakan yang fatal terhadap pengendara mobil lain.

Keuntungan Memiliki Mobil Matik yang Perlu Kamu Ketahui

Untuk menghadapi kondisi jalan yang menanjak, mobil matic justru lebih aman digunakan karena tidak perlu menyeimbangkan pedal kopling dan gas yang sejatinya membutuhkan tenaga yang cukup melelahkan.

Mobil matic akan lebih efektif saat menjumpai kondisi jalan menanjak dengan mengatur perputaran mesin pada angka sekitar 3.000 rpm. Nah, di artikel Pakai Mobil Matik, Jangan Malas Oper Gigi kamu bisa mempelajari mengapa kamu tidak boleh malas untuk mengoper gigi matic. Jadi kamu jangan pernah malas untuk mengoper gigi matic ya!

Pakai Mobil Matik, Jangan Malas Oper Gigi

Sahabat Garasi, Mobil dengan transmisi otomatis jelas berbeda dari transmisi manual. Dalam transmisi manual Sahabat harus ribet oper gigi. Namun di matik juga.


Mobil lebih stabil ketika menyalip

Salah satu alasan kenapa mobil matic lebih aman dikendarai adalah saat kamu dalam kondisi hendak menyalip mobil di depan. Pada situasi seperti ini, Sahabat cukup menginjak pedal gas secara penuh (namun harus tetap pada kendali yang stabil dan fokus yang teratur) pada transmisi D.

Keuntungan Memiliki Mobil Matik yang Perlu Kamu Ketahui

Saat situasi seperti ini, sistem transmisi mobil akan berpindah secara otomatis dan akan terdorong berkat akselerasi pada pedal gas yang ditekan. Tentu saja, hal ini lebih sederhana jika dibandingkan dengan sistem transmisi manual yang harus memindahkan persneling saat distorsi rpm semakin meningkat tapi coba deh baca artikel Menyalip Kendaraan Itu Ada Tekniknya supaya kamu memahami bagaimana cara mendahului kendaraan di depan kamu.

Menyalip Kendaraan Itu Ada Tekniknya, Simak Ini Agar Tak Gagal

Sahabat Garasi pasti pernah menjumpai kecelakaan yang terjadi akibat gagal menyalip. Hal tersebut terjadi karena kurangnya perhitungan yang matang.


Lebih aman ketika kondisi jalanan menurun

Perlu diketahui, mobil kamu tidak akan dalam kondisi aman jika hanya mengandalkan rem saat menghadapi kondisi jalanan menurun. Untuk itu, kinerja engine break juga dibutuhkan untuk menjaga kecepatan saat melaju di jalanan menurun. Sehingga beban mesin yang ditanggung tidak sepenuhnya mengandalkan rem.

Keuntungan Memiliki Mobil Matik yang Perlu Kamu Ketahui

Lantas, apa kaitannya dengan mobil matic? Tentu saja, saat ini mobil bertransmisi matic telah dilengkapi fitur yang dapat memindahkan gigi lebih rendah secara otomatis ketika mobil melaju pada kondisi jalanan yang menurun. Tetapi jangan takut Sahabat, karena di artikel Cara Melakukan Teknik Engine Brake Pada Mobil sudah dijelaskan bagaimana tahapan melakukan teknik pengereman engine brake di mobil matic.

Cara Melakukan Teknik Engine Brake Pada Mobil

cara melakukan engine brake dengan benar untuk mobil dengan transmisi manual ataupun transmisi otomatis.


Melaju tanpa menginjak pedal gas

Kebanyakan mobil bertransmisi otomatis dapat melaju walau kamu tidak menginjak pedal gas. Namun, kecepatan laju setiap mobil memiliki perbedaan masing-masing. Dalam hal ini, Sahabat akan dapat mengemudikan mobil secara relax, namun bukan berarti saat kondisi ini kamu bisa santai dan tidak fokus. Karena jika tidak fokus, potensi membahayakan bisa saja terjadi.

Keuntungan Memiliki Mobil Matik yang Perlu Kamu Ketahui

Situasi melaju tanpa menginjak pedal gas biasanya lebih aman jika digunakan ketika hendak berkendara santai di jalanan yang lengang, karena kewaspadaan saat berkendara adalah prioritas yang utama bagi setiap pengemudi.

Di artikel Hindari Kecelakaan Berkendara, Coba Lakukan Ini kamu bisa mendapatkan bagaimana cara berkendara yang aman sehingga terhindar dari kecelakaan.

Hindari Kecelakaan Berkendara, Coba Lakukan Ini

Demi mendapatkan perjalanan yang aman, penting untuk menyimak hal-hal yang jangan dilakukan saat berkendara guna terhindar dari kecelakaan berkendara.

Jadi, mengemudi mobil matic sebenarnya tidak sulit untuk dikuasai dan dipahami. Yang terpenting adalah bagaimana kamu bisa memahami setiap tanda pada tuas transmisi mobil matic dan berkendaralah dengan hati-hati.

Foto: Garasi.id

Ditulis oleh RIZKY YUNIHARTO
Terakhir diupdate: 26 Apr 2021 | 14:29 WIB
Bagikan

Kata kunci pencarian

tipsmobilmatictransmisiotomatisfiturmobilmaticgarasiidsolusipuas
Kontak email [email protected]
Nomor WA 081522550888
Logo Garasi.id
Copyright © 2024 PT. Digital Otomotif Indonesia.
All Rights Reserved
Member Of 
Blibli
 Family