Mobil Diangkut Ekspedisi
Mudik Dengan Jasa Ekspedisi

Mudik Nggak Mau Repot Karena Mobil Diangkut Ekspedisi, Simak Ini Dulu

23 Mei 2019 | 21:54 WIB
BAGIKAN

Saat malas menggunakan mobil pribadi untuk mudik, menggunakan jasa ekspedisi merupakan salah satu alternatif yang bisa dicoba. Namun sebelum melangkah lebih jauh, ada baiknya untuk mencari informasi dan mempelajari tentang jasa ekspedisi tersebut.

Selain kelengkapan dokumen serta peraturan administratif lainnya, kondisi mobil juga patut jadi perhatian. Terlebih bila jarak pengiriman cukup jauh.

"Pertama adalah oli. Sebab ini tergantung dari jarak dan bulan pemakaian. Ada baiknya diganti lebih dahulu," ujar Mekanik Astrido Toyota Jakarta, Suryadi melansir dari laman detikcom beberapa waktu lalu.

Mudik Nggak Mau Repot Karena Mobil Diangkut Ekspedisi, Simak Ini Dulu

Lalu setelah mobil sudah sampai tujuan, lanjut dia, segera lakukan pengecekan ke bagian kelistrikannya, seperti baterai atau aki mobil.

"Jangan lupa cek kelistrikan, karena biasanya saat ekspedisi kelistrikan ini jarang diperhatikan. Contohnya adalah baterai," kata Suryadi.

Abai dengan hal tersebut, mobil bisa-bisa mogok. Jadi walaupun tidak dibawa sendiri (sudah menggunakan jasa ekspedisi), jangan lalai untuk memperhatikan kendaraan kesayangan ya Sahabat. 

Diangkut Ekspedisi, Tangki Bensin Kosong atau Isi?

Selain itu yang perlu di ingat juga ketika membawa kendaraan dengan jasa ekspedisi adalah bensin dalam tangki. Mengisi tangki bensin kendaraan saat akan dilakukan ekspedisi menuai tanggapan berbeda. Ada yang beranggapan sebaiknya tangki bensin dikosongkan saja agar menghindari kejadian terbakar, ada juga sebaliknya.

Baca juga: Paket Proteksi Dari Garasi.id Bisa Lindungi Perjalanan Mudikmu

Mekanik Astrido Toyota Jakarta, Suryadi menyebut, lebih baik mobil diisi bensin penuh sebelum dilakukan ekspedisi. Namun dalam catatan, jarak pengantaran cukup jauh.

"Hal ini dilakukan guna menghindari kondensasi, jadi sebaiknya penuh," terangnya.

Sedangkan Service Advisor Cahaya Motor Ramadhi mengatakan, memang adanya bensin di tangki berpotensi untuk adanya risiko kebakaran. Tapi ini tidak untuk mobil baru karena sudah punya sistem pencegahan yang lebih baik.

"Iya memang alasan tangki bensin dikosongkan saat dilakukan ekspedisi untuk mengurangi risiko terbakar. Tapi untuk mobil, ada baiknya disisakan sedikit karena untuk diparkirkan," kata dia.

"Namun untuk mobil yang baru, saya rasa sudah baik sistemnya sehingga tidak masalah bila tangki bensin terisi. Tidak harus benar-benar kering. Berbeda ya kalau untuk sepeda motor, karena penempatan (saat ekspedisinya) setahu saya berbeda," lanjut Ramdhani.

Nah Sahabat, hal itulah yang harus Sahabat perhatikan jika berencana mengirim kendaraan dengan jasa ekspedisi agar mobil kesayangan baik-baik saja sampai tujuan. 

Foto : Garasi.id


Ditulis oleh ANJAR
Terakhir diupdate: 23 Mei 2019 | 21:54 WIB
BAGIKAN