Suspensi
Bahan Kue Untuk Optimalkan Suspensi

Optimalkan Suspensi, Para Ahli Gunakan Bahan Kue?

04 Agt 2019 | 20:00 WIB

Dalam pengembangan mobil berperforma tinggi, beragam cara dilakukan oleh tim insinyur untuk mendapatkan hasil terbaik. Salah satunya adalah menggunakan bahan-bahan pembuat kue untuk mengoptimalkan pengaturan suspensi.

Melansir laman Liputan6.com, Baru-baru ini Hyundai Motor UK membocorkan rahasia dari pengembangan pengendalian hot hatch i30N. Dalam sebuah video pengujian, terlihat sebuah tikungan bernama 'Cacao Corner' yang 'dipanggang' oleh insinyur Hyundai. Tikungan tersebut digunakan untuk menangkap jejak roda mobil, lalu jejak roda tersebut dianalisis.

Optimalkan Suspensi, Para Ahli Gunakan Bahan Kue?

'Cacao Corner' merupakan bahan viskovitas tinggi yang dibuat menggunakan tiga bahan utama yaitu biji cokelat, mentega, dan susu. Uniknya, bagian dari 'Cacao Corner' dapat dipisahkan dari jalanan dan dibekukan untuk menjadi bahan referensi untuk dibandingkan dengan data pengujian lainnya.

Cara Mell, Hyundai Chief Materials Engineer, mengatakan," Di Hyundai kami membuat segala sesuatu untuk menciptakan mobil kami. Termasuk bahan bakar, robot, bahkan perahu untuk mengantarnya. Jadi sudah sewajarnya kami membuat permukaan sirkuit sendiri, menggunakan mentega, susu, dan biji cokelat untuk 'Cacao Corner'.

Hasil dari jejak roda tersebut digunakan untuk membaca karakter suspensi yang dipadukan dengan data on-board telemetry. Hasilnya adalah pengaturan suspensi yang digunakan pada hot hatch Hyundai i30N yang sudah mulai dijual.

Wah Sahabat, macem-macem ya komponen untuk mengukur mobil berperforma tinggi. 

Foto : Garasi.id

Ditulis oleh ANJAR
Terakhir diupdate: 07 Mei 2020 | 14:35 WIB
Bagikan

Kata Kunci Pencarian

mobilbarubekasjualbelisuspensiahlimentegasusucoklatperforma