Jasa dan Servis Garasi.id
Bubut Rem Kendaraan

Rem Mobil Bergetar Saat Diinjak, Kenali Ciri dan Penyebabnya

31 Jan 2020 | 10:42 WIB

Dikenal usia pakainnya yang lama, piringan cakram menjadi spare part yang harus segera diatasi bila terasa bermasalah karena fungsinya yang berkaitan dengan komponen rem mobil.

Urusan pengereman memang paling utama dalam berkendara. Pasalnya jelas menjadi salah satu penentu dalam faktor keselamatan dan keamanan.

Tidak bisa dipungkiri, seiring waktu, ketebalan cakram jelas akan berkurang karena kerap tergeseknya kampas rem mobil pada cakram, guna mereduksi kecepatan. Kalau memang cakram sudah tipis, ya perlu diganti baru.

Rem Terasa Bergetar Saat Diinjak, Mungkin Ini Penyebabnya

Namun yang terjadi tidak selalu begitu. cakram yang masih tebal dan terbilang aman digunakan, ternyata sudah bergelombang akibat penggunaan yang cukup sering.Cirinya saat rem mobil yang diinjak, pedal akan terasa bergetar hingga ke bagian kaki. 

Rem Terasa Bergetar Saat Diinjak, Mungkin Ini Penyebabnya

Di pasaran, harga piringan cakram dari ratusan ribu sampai sejutaan ke atas. Dengan budget ketat, part cakram ini kadang dilewatkan dulu untuk sementara.

Mengingat harga piringan cakram yang tidak bisa dibilang murah, ada solusi yang cukup ramah di kantong, namun aman untuk digunakan dalam berkendara. Yaitu cakram dibubut permukaannya hingga rata kembali, sehingga tidak bergetar saat rem mobil diinjak.

Nah untuk Sahabat yang jadi terfikir ingin melakukan bubut rem mobil. Sahabat bisa melakukanya melalui Jasa dan Servis di Garasi.id. Bersama bengkel Nawilis, Sahabat bisa membeli Paket Bubut Rem

Kenapa harus melakukan bubut rem dari Nawilis?

Piringan rem mobil (disc brake) rentan untuk bergelombang lantaran adanya tekanan dan suhu tinggi saat pengereman berlangsung. Hal tersebut diakibatkan gesekan antara kampas rem dan permukaan cakram sehingga Rem berdenyut karena disc yang tidak halus, rata atau lurus.

Rem Terasa Bergetar Saat Diinjak, Mungkin Ini Penyebabnya

Baca juga: Toko Garasi.id Bisa Jadi Solusi Kamu Merawat Mobil

Pro-cut Rotor Matching System (RMS) adalah solusi untuk rem mobil yang berdenyut dan perawatan disc kendaraan Sahabat. Pro-Cut’s dengan teknologi RMS adalah sistem untuk menyelaraskan hub ke disc secara langsung.

Bubut rem mobil menempel pada roda kendaraan dan menjadikan permukaan yang baru dan benar terhadap sumbu roda, menjamin bahwa toleransi yang ditentukan produsen kendaraan kembali tercapai.

RMS Pro-Cut bahkan dapat melayani ABS dan disc bermasalah. Ini adalah solusi terbaik untuk mencapai spesifikasi sulit masa kini.

Periksa kondisi rem mobil bekas

Rem Mobil Bergetar Saat Diinjak, Kenali Ciri dan Penyebabnya

Ketika Sahabat membeli mobil bekas, penampakan yang masih bagus tidak menjamin kualitas komponen yang ada di mobil masih bagus. Pemeriksaan secara menyeluruh tetap harus dilakukan untuk memastikan kondisinya bagus atau tidak. Salah satu bagian yang vital dan wajib dicek adalah komponen rem mobil bekas tersebut. Apa saja yang harus diperiksa? Yuk simak di bawah ini:

Rem mobil keras

Kualitas rem mobil yang masih baik sebenarnya dapat Sahabat rasakan ketika menginjaknya. Apabila pedal rem terasa keras saat diinjak, berarti ada kerusakan yang terjadi pada booster rem. Bagian ini sendiri berfungsi untuk membantu master rem untuk memompa minyak rem.

Rem Mobil Bergetar Saat Diinjak, Kenali Ciri dan Penyebabnya

Bila bagian tersebut rusak, otomatis jumlah minyak rem mobil yang dipompa pun semakin menipis. Bila tidak segera ditangani, sistem rem yang terdiri dari berbagai komponen logam dapat aus dan cepat panas. akibat paling fatal yang dapat terjadi adalah rem blong.

Rem mobil bergetar

Saat melakukan test drive, cobalah berkendara pada kecepatan 80-100 km/jam. Bila pedal rem mobil bergetar saat pengereman jadikan catatan untuk didiskusikan dengan sang penjual. Bisa jadi hal tersebut muncul karena piringan cakram yang sudah tipis atau bergelombang.

Rem Mobil Bergetar Saat Diinjak, Kenali Ciri dan Penyebabnya

Periksa bagian cakram rem mobil apakah ketebalannya masih berada di pada level ketebalan yang aman atau tidak. Bila ya, cakram dapat diperbaiki dengan cara pembubutan. Bila cakram sudah terlampau tipis, lebih baik lakukan penggantian.

Rem mobil tidak pakem

Rem Mobil Bergetar Saat Diinjak, Kenali Ciri dan Penyebabnya

Rem mobil yang tak pakem saat diinjak dapat disebabkan oleh dua hal yaitu kondisi master rem serta kampas rem yang sudah rusak. Seperti yang sudah disebutkan di atas, distribusi oli yang tak lagi maksimal oleh master rem dapat mempengaruhi kinerja sistem rem. Sementara itu, menipisnya kampas pun dapat membuat bagian rem tak lagi pakem.

Rem mobil terlalu dalam saat diinjak

Apabila pedal rem mobil bekas terasa "jeblos" atau masuk terlalu dalam saat diinjak, jangan dibiarkan begitu saja! Hal tersebut adalah salah satu indikasi rusaknya sistem rem, tepatnya pada bagian master rem.

Rem Mobil Bergetar Saat Diinjak, Kenali Ciri dan Penyebabnya

Rem mobil dengan kondisi seperti itu akan kembali normal bila master rem diganti. Tidak disarankan untuk mengganti bagian seal maupun dinding silinder master rem saja. Agar fungsi rem tidak mudah rusak kembali, sebaiknya penggantian master rem dilakukan secara menyeluruh.

Rem mobil berdecit

Indikasi kerusakan rem mobil bekas yang paling mudah diketahui adalah dari munculnya bunyi decitan saat pengereman dilakukan. Beberapa kerusakan yang terjadi bila hal ini terjadi antara lain piringan cakram yang bergelombang dan juga kampas serta cakram yang permukaannya halus.

Rem Mobil Bergetar Saat Diinjak, Kenali Ciri dan Penyebabnya

Nah Sahabat, solusi yang memuaskan bukan. Jadi mulai sekarang kalo harus melakukan bubut rem mobil kamu, Sahabat bisa langsung cek layanan jasa dan servis di Garasi.id ya.


Foto : Garasi.id

Ditulis oleh ANJAR
Terakhir diupdate: 03 Apr 2020 | 10:31 WIB
Bagikan

Kata Kunci Pencarian

tipsmobilbarubekasremcakrambubutGarasiidjasaservisotomotifnawilis