kaca film
Kaca film mobil

Ganti Kaca Film Mobil, Perhatikan Jenis Hingga Garansinya

08 Jul 2020 | 11:46 WIB

Setelah Sahabat Garasi memilih dan menentukan mobil bekas impian apa sebagai kendaraan kesayangan. Tidak ada salahnya untuk melakukan penggantian kaca film mobil, karena dengan mengganti kaca film bisa membuat tampilan mobil makin kece.

Pasang kaca film mobil Sahabat harus mengetahui jenis dan fungsinya. Ada banyak pilihan merek dan jenis kaca film di pasaran. Bukan hal yang sulit untuk mengetahui apa saja jenis kaca film dan fungsinya. Namun sebelum jauh mengetahui soal fungsi kaca film mobil, kamu juga perlu membaca soal manfaat kaca film mobil yang ada pada artikel ini manfaat kaca film mobil.

Ganti Kaca Film Mobil, Perhatikan Jenis Hingga Garansinya

Tiga Fungsi Utama

Ada tiga fungsi utama dalam memasang kaca film mobil. Ketiga aspek tersebut antara lain keamanan, fungsional, serta estetika. Berikut ini adalah beberapa jenis kaca film sesuai dengan kegunaan agar Sahabat tidak salah kaprah.

1. Kaca Film Pengaman (Safety/Security Film)

Umumnya digunakan sebagai pengaman yang menjamin privasi. Kaca film jenis ini memiliki tingkat kegelapan hingga 90%. Tapi, meskipun disinyalir memberikan keamanan dan kenyamanan yang tinggi, kaca film 90% ini perlu izin ke pihak yang berwajib.

Biasanya mobil yang menggunakan kaca film 90% ini merupakan kendaraan instansi, pejabat atau perusahaan tertentu yang sudah memiliki izin khusus.

Peraturan mengenai tingkat kegelapan ini dimaksudkan agar tidak terjadi penyalahgunaan oleh kendaraan pribadi. Pasalnya, dengan kaca film mobil ini orang di luar mobil akan sulit melihat ke dalam sehingga tidak mengetahui apa yang ada di dalamnya.

Untuk segi keamanan, kaca film security bisa juga membantu menahan pecahan kaca berhamburan ketika terjadi benturan.

Ganti Kaca Film Mobil, Perhatikan Jenis Hingga Garansinya

Khusus untuk kaca depan, sebaiknya pilih intensitas kegelapan yang tidak lebih dari 40%. Hal ini dikarenakan visibilitas pengemudi masih bisa terjaga di kondisi gelap atau malam hari.

2. Kaca Film Artistik (Decorative Film)

Sesuai dengan namanya, kaca film mobil ini difungsikan untuk mendekorasi kaca. Biasanya, kaca film jenis ini memiliki motif atau corak sehingga mempercantik penampilan.

Dengan kaca film ini mobil akan tampak kece dan unik. Penggunaan kaca film jenis ini akan menjadi lebih menarik jika sesuai dengan warna mobil Sahabat.

Ganti Kaca Film Mobil, Perhatikan Jenis Hingga Garansinya

Tapi, pemasangan kaca film mobil ini tidak bisa sembarangan. Selain perkara pemasangannya, rekomendasi motif dan peletakannya lebih baik dibantu oleh tangan ahli. Salah-salah malah mobil Sahabat jadi keliatan norak. 

3. Kaca Film Penolak Panas (Solar Control Film)

Kaca film mobil penolak panas atau solar control film adalah jenis kaca film yang sering digunakan pada umumnya. Teknologi yang digunakan dapat menyerap panas dan memantulkan sinar ultraviolet (UV) sehingga suhu dalam kabin tetap sejuk.

Tidak hanya fungsi, pada kaca film mobil Sahabat juga perlu mengetahui istilah pada kaca film mobil seperti halnya Darkness, TSER, IRR, dan VLT. Nah pasti Sahabat bingung kan dengan istilah tersebut. Biar nggak bingung, yuk kita ulas lebih jelas. 

Istilah Pada Kaca Film

Istilah tingkat/Intensitas kegelapan biasanya disebut Darkness. Istilah ini digunakan untuk mengukur tingkat kegelapan kaca film mobil. Biasanya, ukuran ini dituliskan dalam besaran persentase. Semakin tinggi persentase kegelapan kaca film, maka semakin sedikit cahaya yang akan masuk menembus kaca film.

Seperti yang kita ketahui, sinar matahari juga mengandung sinar ultraviolet yang bisa mengganggu kesehatan jika terpapar dalam jangka waktu yang lama. Ultraviolet Rejected (UVR) digunakan untuk menunjukkan jumlah persentase sinar UV yang mampu ditolak kaca film mobil. Semakin tinggi angkanya, maka kualitas kaca filmnya akan semakin bagus.

Ganti Kaca Film Mobil, Perhatikan Jenis Hingga Garansinya

Total Solar Energy Rejected (TSER) digunakan untuk menunjukan jumlah persentase energi matahari yang ditolak kaca film. Sama dengan UVR, semakin besar persentasenya maka akan semakin bagus juga kualitasnya.

Infra-Red Rejected (IRR) adalah besaran persentase sinar infra merah yang dapat ditolak oleh kaca film. Perlu dicatat Sahabat, tidak semua kaca film mobil bisa menolak sinar Infra-red. Kamu bisa membaca Ingat, Tidak Semua Kaca Film Bisa Menolak Sinar Infrared.

Visible Light Transmittance (VLT) satuan jumlah persentase cahaya matahari yang masuk ke dalam kabin mobil. Semakin kecil angkanya, maka semakin sedikit cahaya yang masuk.

Bila sudah membahas fungsi dan istilah pada kaca film mobil, yuk sekarang kita bahas soal mitos kaca film mobil yang sempat ramai diperbincangkan yaitu sinyal handphone hilang karna kaca film mobil. 

Mitos kaca film mobil

Salah satu part yang kerap dimodifikasi oleh para pemilik mobil ialah kaca film. Pasalnya, komponen tersebut dapat menghindarkan pengemudi dan penumpang dari sorotan matahari.

Karena itulah, pabrikan kaca film terus mengembangkan produk mereka masing-masing. Bahkan, ada pula yang menggunakan bahan metal untuk komponen tersebut.

Ganti Kaca Film Mobil, Perhatikan Jenis Hingga Garansinya

Namun, ada keluhan akibat penggunaan material tersebut pada kaca film. Dilansir dari Liputan6.com, seorang pemilik mobil melontarkan komplain lantara sinyal handphone miliknya hilang karena terhalang kaca film. Untuk mengetahui infonya lebih lanjut kamu bisa baca Sinyal Handphone Hilang, Apa Pengaruh Kaca Film?

Wah ada-ada saja ya Sahabat. Kalau sudah begitu, Sahabat wajib banget tau nih soal Garansi kaca film mobil. Biar sewaktu-waktu kalau ada apa-apa sama kaca film mobil, kamu tahu harus apa. Tapi ada yang perlu diingat juga Sahabat sebelum membahas soal garansi kaca film mobil. Kamu perlu membaca artikel Usai Pasang Kaca Film Mobil, Hindari Melakukan Hal Ini kalau tidak mau garansi kaca film mobil mu tidak berlaku ya Sahabat. 

Pahami Garansi kaca film mobil

Setelah melakukan pergantian kaca film, terkadang kita sebagai pengendara kerap cuek dengan garansi yang diberikan produsen kaca film. bahkan kebiasaan kita sebagai pengendara bisa menghilangkan garansi kaca film, meski memiliki niat untuk membersihkan kaca film mobil kita.

Hal-hal yang bisa merusak garansi kaca film pun beragam, mulai dari melakukan pemasangan kaca film pada power window terlalu ketat. Sehingga hal ini membuat kaca film menjadi baret, jika ini terjadi dijamin ini tidak akan masuk dalam garansi.

Ganti Kaca Film Mobil, Perhatikan Jenis Hingga Garansinya

Berperilaku berkendara dengan baik dan benar, dengan mengutamakan keselamatan berkendara juga bisa berpengaruh pada garansi kaca film kita. Misalnya saat mobil terjadi kecelakaan, tabrakan, terbakar, atau kaca pecah akibat kecelakaan jelas pihak perusahaan kaca film tidak akan menggantinya. 

Begitu juga saat ada banjir, dan Sahabat Garasi nekat untuk menerobos dan merusak kaca film. Ini juga tidak akan mendapatkan garansi alias tidak akan diganti secara gratis.

Begitu juga dengan perawatan kaca film yang sudah terpasang, jika tidak melakukan perawatan dengan baik maka pihak kaca film tidak akan menggaransinya. Untuk melakukan perawatan kaca film terbilang sangat mudah, tidak memerlukan bahan kimia hanya menggunakan kain dan air bersih saja.

Dan semua perawatan dan tata cara mengklaim garansi kaca film, sudah tertera pada buku panduaan dan kartu garansi. Namun jika ada kerusakan kaca film dari dalam kaca film itu sendiri baru pihak kaca film akan memberikan klaim garansi.

Ganti Kaca Film Mobil, Perhatikan Jenis Hingga Garansinya

Nah Sahabat, begitulah informasi yang bisa diberikan tentang jenis, fungsi, hingga garansi pada kaca film yang bisa Sahabat ketahui. Untuk menjawab kebutuhan kaca film untuk mobil kesayangan Sahabat. Sahabat bisa nikmati promo kaca film dari Solar Gard di Garasi.id. Untuk mendapatkan promo dan apa saja promonya, Sahabat bisa langsung ke jasa dan servis Garasi.id dan cek Promo Solar Gard atau Sahabat bisa menghubungi Officer Garasi.id atau Chat WA langsung di +62-817-0250-888 atau email di clara@garasi.id.

Foto : Garasi.id

Ditulis oleh ANJAR
Terakhir diupdate: 08 Jul 2020 | 11:46 WIB
Bagikan

Kata Kunci Pencarian

tipskacafilmmobilpromosolargardgarasiidpilihanamanotomotif