Suzuki
Suzuki Di India

Sudah Tahu Belum, Suzuki Di India Ada "Kategorinya"

25 Agt 2019 | 16:01 WIB

Penjualan Suzuki di India begitu besar, sampai pemegang merek, Maruti Suzuki, merasa harus memisahkan jaringan diler mobil penumpang. Mulai 2015, Maruti Suzuki mendirikan diler premium yang disebut Nexa, dan pada tahun lalu diler-diler yang sudah ada sebelumnya mulai dikemas ulang hingga sekarang disebut Arena. 

Pada tahun lalu Maruti Suzuki menjual 1,4 juta unit di India. Puneet Dhawan, Deputy General Manager and Head Corporate Communications Maruti Suzuki India Limited menjelaskan rata-rata pertumbuhan penjualan meningkat 10 persen setiap tahun. Membenahi jaringan ritel merupakan bagian rencana Maruti Suzuki menjual 2 juta unit pada 2020.

Suzuki Di India Ada "Kategorinya"

Baca juga: Kilas Balik : Begini Sejarah Mobil Di Indonesia

Nexa adalah diler yang khusus menjual S-Cross, Baleno, Ciaz, dan Ignis. Sedangkan Arena menjual model mainstream, yakni Dzire, Ertiga, Swift, Vitara Brezza, Wagon R, Alto 800, Alto K10, dan Celerio.

Puneet mengatakan Nexa didirikan untuk konsumen kelas atas yang biasa liburan rutin ke luar negeri dan merasakan layanan hotel bintang lima. Konsumen itu tadinya tidak melirik mobil Suzuki namun sekarang Nexa sukses menjaring lebih banyak konsumen buat Suzuki. 

"Jadi, kami membawa pengalaman baru di Nexa, dimana mereka akan merasakan layanan yang normal di industri perhotelan bintang lima," kata Puneet saat berbincang dengan wartawan asal Indonesia di Delhi Auto Expo, yang dilansir dari kompas.com, beberapa waktu lalu.

Sudah Tahu Belum, Suzuki Di India Ada "Kategorinya"

Di Nexa, layanan yang ditawarkan seperti diler merek mewah di Indonesia. Percakapan dengan konsumen dilakukan di ruangan khusus dengan perabotan mewah, presentasi produk menggunakan gadget, wiraniaga seperti asisten pribadi, dan setiap mobil yang dikirim ke konsumen pasti bersama paket kue tart dan bunga.

Baca juga: Sejarah Suzuki Di Indonesia

Sementara itu secara bertahap Maruti Suzuki melakukan facelift diler-diler lama menjadi Arena. Desain baru Arena lebih hangat buat konsumen dan modern karena beradaptasi dengan teknologi gadget. 

Pemisahan jaringan diler berdasarkan produk menjadi Nexa dan Arena mengastakan konsumen Suzuki di India. Punnet mengatakan kecil kemungkinannya konsumen Nexa akan pergi ke Arena.

Dijelaskan Puneet saat ini ada di India ada 3.000 diler yang akan berubah menjadi Arena dan sudah berdiri 300 diler Nexa. Sementara itu Maruti Suzuki juga punya 150 diler komersial dan 4.000 bengkel (termasuk yang gabung diler).

Foto : Garasi.id


Ditulis oleh ANJAR
Terakhir diupdate: 11 Mei 2020 | 06:50 WIB
Bagikan

Kata Kunci Pencarian

mobilbarubekasjualbelisuzukiindia