Ganti Ban Mobil
Promo Maret Anti Seret

Jangan Ceroboh! Begini 7 Tips Memilih Ban Mobil yang Benar

13 Mar 2021 | 10:01 WIB

Salah satu tanggung jawab dari pemilik kendaraan pribadi adalah merawat ban dengan memilih ban mobil yang bagus. Seperti yang kita ketahui, ban adalah komponen yang dimiliki oleh semua jenis kendaraan baik roda 2 maupun roda 4. Karena pemakaian dan bersinggungan dengan jalan setiap hari, maka pada satu titik ban harus diganti atau diisi angin dan sebagainya.

Pentingnya merawat ban

Mengapa ban harus dirawat? Hal ini berkaitan dengan keamanan pengendara dan kendaraan saat di jalan. Selain itu, ketepatan memilih ban mobil yang bagus juga bisa menyebabkan kecelakaan dan fatalnya berujung kematian. Apakah resikonya memang seserius itu?

Perhatikan ! Berikut Tips Jitu Memilih Ban Mobil Dengan Benar

Risiko ini bukannya menakut-nakuti, karena jika seseorang salah memilih ban mobil yang bagus bisa-bisa terjadi oleng di jalan. Atau yang lebih buruknya, kendaraan tidak bisa berjalan dengan posisi seimbang, apalagi jika kondisi jalanan cukup curam. 

Dengan demikian, keamanan dan kenyamanan dalam berkendara berawal dari memilih ban mobil yang bagus. Bukan sekedar merk saja, cuma tipe, ukuran, jenis semua harus diperhitungkan secara matang. Karena sangat penting dan kesalahannya dapat berisiko, libatkan orang lain untuk proses pemilihan ini. 

Tips memilih ban mobil

Perhatikan ! Berikut Tips Jitu Memilih Ban Mobil Dengan Benar

Memilih ban mobil harus dilakukan secara teliti, agar biaya yang dikeluarkan tidak terlalu besar. Biar kamu tidak salah, berikut ini adalah tips memilih ban mobil yang bagus dengan benar seperti yang dilansir situs daihatsu.co.id:

Memilih ban mobil sesuai dengan tipenya

Jangan salah memilih tipe ban. Setiap kendaraan punya tipe dan ukuran bawaan sendiri. Tipe tersebut diukir pada bagian plakat laci atau pintu, tergantung jenis mobil. Selain itu, ada juga yang mencantumkannya di dekat tutup tangki bahan bakar. So ketika kamu memilih ban mobil yang bagus, jangan lupa lihat dulu rekomendasi dari pabrikan.

Perhatikan ! Berikut Tips Jitu Memilih Ban Mobil Dengan Benar

Selain itu, memilih ban mobil juga bisa dilihat dari petunjuk penggunaan dan penyertaan tipe dan ukuran ban. Tipe tersebut diterangkan pada kombinasi sebuah kode. Sebagai contoh, jika ada ban mobil diberi kode  P 215/55R17 93V, huruf ‘P’ merupakan kode yang berarti Passenger. Arti dari Passenger di sini adalah mobil ini memang didesain untuk mengangkut orang.

Untuk jenis lainnya ada juga tipe ban LT untuk Light Truck atau truk kecil yang bisa membawa muatan barang. Lalu ada ST untuk Special Trailer dan T untuk Temporary yang dikhususkan kepada ban serep atau cadangan sehingga tidak bisa dipakai terus menerus. 

Memilih ban mobil sesuai dengan ukuran ban

Ukuran ban yang tepat adalah salah satu syarat untuk memilih ban mobil yang bagus. Pemiliknya harus mengetahui dulu arti dari kode-kode yang diukir di permukaan samping ban. Sebenarnya, cara menerjemahkan kode tersebut cukup mudah.

Perhatikan ! Berikut Tips Jitu Memilih Ban Mobil Dengan Benar

Misalkan kode ban mobil kamu adalah 205/55 R16 91 V, maka angka 205 yang pertama menunjukkan tentang berapa lebar telapak ban dalam satuan mm. Angka 60 dapat diartikan sebagai aspek rasio ketebalan ban dalam persentase atas lebar tapaknya. Sedangkan angka 16 merupakan informasi terkait dengan diameter velg yang dicantumkan dalam satuan inci dan angka 91 menunjukkan indeks beban maksimum.

Perhatikan ! Berikut Tips Jitu Memilih Ban Mobil Dengan Benar

Dalam memilih ban mobil, kamu bisa membedakannya berdasarkan beberapa kriteria. Ada ban tubetype (dengan ban dalam) dan tubeless (tanpa ban dalam), ada pula ban radial dan ban bias, yang dibedakan berdasarkan konstruksinya. V adalah kode yang menunjukkan batas kecepatan maksimum. Setiap ban memiliki kode yang berbeda seperti S, Q, H, Z, dan lainnya.

Memilih ban sesuai dengan lebar ban

Perhatikan ! Berikut Tips Jitu Memilih Ban Mobil Dengan Benar

Yang perlu diketahui tentang hubungan lebar ban dengan performa adalah ketika kamu memilih ban mobil yang lebar, maka performa, daya cengkram dan percepatan bisa semakin maksimal. Namun demikian, lebar ban di sini juga sangat terbatas dengan ukuran velgnya. Sebaiknya jangan memodifikasi kendaraan di bagian ban dan velg karena performanya menjadi berubah dan tidak sesuai kapasitas mesin. 

Memilih ban sesuai pola tapak ban

Memilih ban mobil sesuai pola tapak ban sangatlah penting untuk memastikan bahwa benda ini masih layak berada di kendaraan si pemilik. Mengapa demikian? Karena pola tapak ban sangat berpengaruh terhadap akselerasi dan manuver mobil. Jika gesekannya kecil, maka risiko untuk terpeleset atau tergelincir di jalan akan lebih besar. Akibat yang lebih buruk adalah bisa menyebabkan kecelakaan.

Perhatikan ! Berikut Tips Jitu Memilih Ban Mobil Dengan Benar

Memilih ban mobil dengan alur V adalah yang paling baik. Karena tapak dengan alur V memiliki daya gesek yang tinggi terhadap permukaan tanah sehingga traksi mobil sudah bisa dipastikan sangat baik. Selain itu, dengan musim di Indonesia yang kadang hujan dan jalanan kerap basah, pola ini akan bisa tetap mempertahankan posisi ban dan kendaraan seimbang serta stabil. Ban jenis ini biasanya dibanderol dengan harga yang lebih mahal tetapi keamanannya sangat terjamin.

Ketebalan ban mobil

Ban yang baik adalah ban yang memiliki ketebalan 50. Ketika kamu memutuskan untuk memilih ban mobil yang tebal, secara otomatis keseimbangan dan performanya bisa naik. Sebaliknya, tanpa profil (ketebalan)  yang baik maka performanya bisa amat menurun

Perhatikan ! Berikut Tips Jitu Memilih Ban Mobil Dengan Benar

Harga ban yang profilnya tinggi memang sedikit lebih mahal, tetapi perbandingannya tidak terlalu jauh. Jadi, daripada sering mengganti lebih baik untuk memilih ban dengan kapasitas paling maksimal.

Memilih ban mobil berdasarkan tahun pembuatan ban

Bagaimana cara mengamati tahun pembuatan ban sebagai referensi pemilihannya? Yang pertama, perhatikan kode ban. Di sana ada empat digit angka seperti kode 0313. Kode tersebut dapat diterjemahkan menjadi angka 03 yang berarti waktu dibuat ban di minggu ketiga. Lalu, angka 13 menunjukkan pada tahun berapa ban itu diproduksi. Jadi, untuk kode 0313 artinya ban tersebut dibuat pada minggu ke–3 tahun 2013.

Perhatikan ! Berikut Tips Jitu Memilih Ban Mobil Dengan Benar

Sebaiknya, dalam memilih ban mobil, pilihlah ban dengan tahun pembuatan yang masih baru. Karena kualitasnya pasti berbeda dengan ban yang lama. Tidak hanya itu, proses penyimpanan juga bisa menjadi salah satu pertimbangan yang sangat penting. Ketika lama disimpan bisa jadi ada masalah, misalnya jika tempat penyimpanannya lembab atau terkena sinar matahari langsung.

Cermat memilih ban mobil

Jangan terlalu berhemat untuk membeli ban mobil, karena taruhannya adalah nyawa. Belilah di tempat yang resmi dan terpercaya, karena ban tersebut akan lebih awet tentunya. Bertanya kepada orang yang lebih ahli dalam memilih ban mobil akan sangat disarankan. Jika kamu sudah menentukan jenis ban apa yang akan kamu beli, Garasi.id menyediakan beragam pilihan ban mobil lho. 

Jangan Ceroboh! Begini 7 Tips Memilih Ban Mobil yang Benar

Nah, buat Sahabat yang ingin mengganti ban Garasi.id punya solusinya yaitu promo Maret Anti Seret. Untuk Sahabat yang membeli ban mobil melalui Garasi.id pada periode waktu 8 - 19 Maret 2021 menggunakan aplikasi Garasi.id, Sahabat bisa mendapatkan diskon hingga 20%. Menarik bukan Sahabat? Jadi tunggu apalagi, yuk cek promonya di Garasi.id.

Foto: Garasi.id

Ditulis oleh RIZKY YUNIHARTO
Terakhir diupdate: 10 Jun 2021 | 15:51 WIB
Bagikan

Kata kunci pencarian

tipstipsotomotiftipsgarasitipsototipsdantrikotomotiftipsmobiltipsmemilihbantipsbanbanmobilbanmotor
Kontak email [email protected]
Nomor WA 081522550888
Logo Garasi.id
Copyright © 2024 PT. Digital Otomotif Indonesia.
All Rights Reserved
Member Of 
Blibli
 Family