Mobil
Mobil SUV dan Crossover

Banyak yang Belum Tahu. Inilah Perbedaan Mendasar Jenis Mobil SUV dan Croosover

03 Jul 2021 | 10:00 WIB

Industri otomotif dalam negeri sedang demam mobil bertubuh maskulin, macho dan berkesan sporty. Beberapa ada yang mendefinisikannya sebagai Crossover, Crossover-look atau malah sudah masuk ke kategori SUV. Beberapa produk yang muncul dalam lima tahun terakhir, ada di antaranya seperti Honda BR-V, Datsun Cross, Mitsubishi Xpander Cross, Suzuki SX4 S-Cross, XL7, dan lainnya. 

Banyak yang Belum Tahu. Inilah Perbedaan Mendasar Jenis Mobil SUV dan Croosover

Namun sebenarnya, bagaimana jelasnya perbedaan antara ketiga jenis penamaan tersebut. Seperti dilansir di Kumparan.com, Pakar dan Pemerhati Desain Otomotif dari Institut Teknologi Bandung (ITB), Yannes Martinus Pasaribu coba menjabarkannya. Yuk simak perbedaanya dari setiap jenis mobil.

SUV (Sport Utility Vehicle)

Mobil SUV merupakan singkatan dari sport utility vehicle. Mobil SUV memang memiliki desain yang mengadaptasi desain dari mobil offroad, namun dengan penambahan aksen sporty membuat mobil ini diberi nama SUV. Penggunaan SUV sebenarnya bisa dikatakan dimana saja, karena mobil ini memiliki fungsi utility, yang artinya sanggup menempuh medan apapun.

Sering Tertukar, Inilah Perbedaan Jenis Mobil SUV dan Mobil MPV

Ada tiga kategori perbedaan jenis mobil SUV yang perlu kamu ketahui;

Compact SUV, mobil SUV yang memiliki karakter crossover yang kental, berbodi mini dan hanya memiliki 4 kursi penumpang. Mobil ini dibuat untuk para konsumen yang hobi crossover namun tinggal didaerah perkotaan yang padat. Oleh karena itu, mobil crossover ini memiliki kemampuan bermanuver yang baik ketika mengalami kemacetan. Salah satu contohnya adalah Honda HR-V.

Medium SUV, kelompok kedua memiliki body lebih besar dari compact suv dan biasanya terdapat 7 buah kursi. Beberapa contohnya adalah Chevrolet CaptivaHonda CR-V dan Nissan X-Trail.

Big SUV merupakan kelompok SUV berbodi bongsor yang sering dijadikan sebagai mobil-mobil menerjang di area pegunungan atau bisa juga digunakan di perkotaan. Beberapa contohnya adalah Toyota FortunerMitsubishi Pajero Sport.

Mobil-mobil berjenis SUV mempunya ciri: 

  1. Platform struktur pada umumnya gabungan sasis ladder dan monokok. Sisi ladder seperti yang dipakai pada mobil beban, membuat tampilan visual kendaraan ini lebih tinggi dari kendaraan lainnya. 
  2. Memiliki ground clearance rerata 210 mm atau lebih. 
  3. Menggunakan ban berprofil besar dengan ring 15 inci atau lebih bahkan kini cenderung 17 inci ke atas.
  4. Desain bodi yang relatif tinggi, kekar dan maskulin. 
  5. Fender berukuran besar, membuat citra visual kendaraan SUV semakin terlihat tinggi.

Crossover

Dilansir dari berbagai sumber, Crossover adalah tipe mobil yang berada di antara SUV dan MPV. Apabila kita melihat pada tampilan bodinya, Crossover mempunyai desain yang tidak jauh berbeda dengan SUV.

Banyak yang Belum Tahu. Inilah Perbedaan Mendasar Jenis Mobil SUV dan Croosover

Tampilan Crossover didesain dengan ground clearance yang sedikit lebih rendah daripada SUV pada umumnya. Lalu, Crossover juga menggunakan struktur unibody atau monokok, yang secara otomatis menghasilkan bobot lebih ringan. Tipe ini rata-rata menggunakan penggerak roda depan sehingga konsumsi bahan bakar menjadi lebih irit.

Mobil-mobil berjensi crossover mempunyai ciri: 

  1. Platform struktur pada umumnya monokok. 
  2. Memiliki ground clearance tinggi rerata 180-210 mm 
  3. Menggunakan velg standar dengan ring 15-16 inci. 
  4. Memiliki desain body yang sedikit lebih tinggi dari sedan atau setara MPV yang menggunakan sasis monokok dan berpenampilan lebih maskulin. 
  5. Memiliki over fender yang lebih besar dari sedan atau MPV, sehingga memberikan kesan ruang spakbor yang tinggi layaknya SUV.

Jadi, perbedaan paling signifikan adalah platform yang digunakan. Crossover berangkat dari sebuah mobil MPV yang menggunakan arsitektur unibody. Artinya, body dan sasisnya terdiri dari 1 bagian utuh. Sementara itu, mobil SUV memiliki sasis yang tak jauh berbeda dengan truk sehingga bodinya terpisah atau kerap disebut "body on frame". 

Banyak yang Belum Tahu. Inilah Perbedaan Mendasar Jenis Mobil SUV dan Croosover

Namun, saat ini berbagai pabrikan memiliki pemahamannya sendiri mengenai crossover dan SUV. Sebagai contoh, Ford Explorer dan Jeep Grand Cherokee disebut sebagai SUV, padahal keduanya mengusung konsep unibody. cara membedakan yang paling mudah adalah tampilannya. Dimensi crossover cenderung kecil serta tidak dibekali berbagai fitur atau pun komponen untuk melibas medan off-road, sebut saja winch built-in, dan ban all-terrain.


Banyak yang Belum Tahu. Inilah Perbedaan Mendasar Jenis Mobil SUV dan Croosover

Mobil crossover bisa dibilang lebih street-orienterd karena menerapkan sistem penggerak 2WD, baik depan (FWD/ front-wheel) drive maupun belakang (RWD/ rear-wheel drive). Sedangkan, mobil SUV yang merupakan kepanjangan dari Sport Utility Vehicle cenderung berdimensi besar, memiliki ground-clearance tinggi, dan menggunakan sistem penggerak all-wheel drive (AWD) dan 4WD. Di Indonesia, mobil yang termasuk ke dalam kelas crossover adalah Honda HR-V, Toyota C-HR, dan Suzuki SX4 S-Cross. Sementara itu, segmen SUV dihuni oleh Wuling Almaz, Mitsubishi Pajero Sport, Nissan Terra, dan Toyota Fortuner.

Foto : Garasi.id

Ditulis oleh ANJAR
Terakhir diupdate: 03 Jul 2021 | 10:00 WIB
Bagikan

Kata kunci pencarian

perbedaansuvdancrossoverbedasuvbedacrossovermobilsuvmobilcrossover