Cara Membuka Pintu Mobil yang Terkunci
Cara Membuka Pintu Mobil yang Terkunci

Begini 5 Cara Membuka Pintu Mobil yang Terkunci

16 Okt 2019 | 15:07 WIB
BAGIKAN

Sebagai pemilik mobil, pernahkah kalian menemui momen kunci mobil yang dikendarai justru tertinggal di dalam mobil. Dengan keadaan serba kepepet tersebut, banyak orang yang akan berpikir untuk memecahkan kaca atau mencongkel lis karet di kaca. Namun sebenarnya ada banyak cara membuka pintu mobil yang terkunci dari dalam tanpa merusak komponen mobil lho Sahabat.

Begini 5 Cara Membuka Pintu Mobil yang Terkunci

Tapi sebelum membahas cara membuka pintu mobil yang terkunci dari dalam, alangkah baiknya kita mengulas apa saja penyebab pintu mobil terkunci. Kalian sudah pasti mengetahui, kunci mobil berguna untuk menghidupkan mesin mobil dan sekaligus membuka dan menutup pintu mobil.

Jika kunci mobil hilang, sedangkan pintu mobil dalam keadaan terkunci maka untuk membukanya pun akan mengalami kesusahan. Sebelum kita membahas apa saja cara membuka pintu mobil yang terkunci, alangkah baiknya kita mengetahui apa saja yang menjadi penyebab pintu mobil terkunci.

Penyebab pintu mobil terkunci

Begini 5 Cara Membuka Pintu Mobil yang Terkunci

Selain masalah kunci mobil, ternyata ada beberapa faktor yang mengakibatkan pintu mobil terkunci atau sulit dibuka. Kalau masalah pintu mobil yang tidak bisa dibuka tersebut adalah karena kunci mobil hilang, rusak atau tertinggal di dalam maka kita dapat menggunakan kunci duplikat untuk membukanya. Selain itu ada faktor lain yang mengakibatkan pintu mobil terkunci atau tidak dapat dibuka, apa aja sih faktor penyebabnya? Mari simak ulasan di bawah ini;

Kotoran menumpuk pada handle mobil

Begini 5 Cara Membuka Pintu Mobil yang Terkunci

Faktor penyebab pintu mobil terkunci yang pertama adalah pada handle pintu mobil yang penuh dengan kotoran. Kotoran ini sering kali menyebabkan handle pintu menjadi seret. Apalagi jika kotoran tersebut terkontaminasi dengan udara maka dapat mengakibatkan handle pintu berkarat. Akibatnya pintu ketika telah tertutup menjadi sulit bahkan tidak mau membuka alias terkunci. 

Motor penggerak berkarat

Begini 5 Cara Membuka Pintu Mobil yang Terkunci

Pintu mobil memang mudah sekali dalam hal menutup, namun masalah membuka itu yang terkadang sulit. Hal ini karena selain tenaga yang digunakan untuk membuka lebih besar dari pada menutup, terkadang ada beberapa faktor yang mempengaruhinya, misalnya saja masalah motor penggerak. Motor penggerak mobil yang kurang perawatan ataupun karena usia pemakaian yang telah lama bisa tiba-tiba menjadi seret atau juga berkarat. Sehingga pintu mobil pun akan usah dibuka bahkan lebih fatal lagi dapat mengakibatkan pintu terkunci.

Pintu penyok / pernah terkena benturan

Begini 5 Cara Membuka Pintu Mobil yang Terkunci

Penyebab lain dari pintu tak mau membuka adalah pintu pernah terkena benturan yang cukup keras sehingga mengakibatkan banyak komponen pintu rusak atau mengalami perubahan posisi. Seperti handle pintu yang rusak dan gigi penggerak berubah posisinya. 

Cara membuka pintu mobil yang terkunci dari dalam

Itulah beberapa faktor penyebab pintu mobil tidak bisa dibuka alias terkunci, sekarang kita akan mempelajari cara membuka pintu mobil yang terkunci dari dalam. Hal ini sangat perlu diketahui bagi para pemilik mobil agar ketika mendapatkan masalah tersebut tidak panik namun segera mengambil tindakan.

Begini 5 Cara Membuka Pintu Mobil yang Terkunci

Cara membuka pintu mobil yang terkunci menggunakan kawat gantungan baju

Cara membuka pintu mobil yang terkunci dari dalam paling mudah adalah dengan menggunakan kawat gantungan baju. Carilah gantungan baju yang telah rusak atau yang tidak terpakai. Setelah itu potong kawat gantungan baju, kemudian luruskanlah kawat gantungan baju tersebut. Setelah itu buatlah lekukan pada ujung kawat (berbentuk kail). 

Begini 5 Cara Membuka Pintu Mobil yang Terkunci

Masukkan kawat di antara bagian pembatas pintu dengan jendela pada lapisan karetnya hingga menyentuh tuas pengait. Setelah sampai pada pengait, kamu hanya perlu menggerakan pengait tersebut untuk membuka pintu mobil.

Tariklah dengan penuh tenaga, karena tuas kunci mobil lebih kuat dibandingkan dengan kawat. Tidak hanya itu saja cara ini juga memerlukan kesabaran ekstra. Ini merupakan cara membuka pintu mobil yang terkunci dari dalam pada mobil yang terkunci secara manual.

Cara membuka pintu mobil yang terkunci pada sistem elektrik / otomatis

Cara membuka pintu mobil yang terkunci secara otomatis pada mobil tentunya harus menggunakan beberapa peralatan yang dibutuhkan. Untuk membukanya pemilik dapat membuka sedikit celah pada bagian atas pintu kemudian menggunakan tangkai yang ukurannya panjang. Tangkai atau besi ukuran panjang tersebut berfungsi untuk mendorong tombol kunci (penggati tangan).

Begini 5 Cara Membuka Pintu Mobil yang Terkunci

Buka sedikit pintu bagian atas suapaya ada celah untuk memasukkan besi kedalam. Setelah terbuka ganjal dengan benda yang telah dipersiapkan, kemudian masukkan tongkat yang digunakan untuk menekan tombol. Cara membuka pintu mobil yang terkunci seperti ini pasti juga akan dilakukan oleh para ahli kunci, sehingga buat apa memanggil tukang kunci jika kamu bisa melakukannya sendiri.

Cara membuka pintu mobil yang terkunci menggunakan penggaris besi

Begini 5 Cara Membuka Pintu Mobil yang Terkunci

Cara membuka pintu mobil yang terkunci dari dalam lainnya adalah dengan menggunakan penggaris besi. Sahabat pasti tidak menyangka bahwa penggaris dapat membantu untuk membuka pintu mobil. Sebelum memulai langkah ini, sebaiknya siapkanlah terlebih dahulu penggaris. Penggaris atau mistar sebaiknya yang memiliki bahan besi agar lebih memudahkan untuk membuka pintu mobil.

Cara membuka pintu mobil yang terkunci dari dalam menggunakan penggaris besi adalah dengan menyelipkan penggaris melalui karet pada kaca mobil. Untuk melakukan cara ini tidak perlu panik, karena karet pada kaca mobil sangat mudah sekali untuk dilepas dan dipasang kembali.

Begini 5 Cara Membuka Pintu Mobil yang Terkunci

Hal ini dimaksudkan agar penggaris tersebut dapat dengan mudah masuk ke dalam bagian bawah kaca mobil. Masukkan penggaris ke bagian dalam pintu. Rasakan titik panel kunci dengan melihat pergerakan panel kunci. Jika terdapat pergerakan panel manual kunci bergerak, berarti itu adalah tuas panel untuk membuka pintu.

Jika masih belum terbuka ulangilah cara di atas sampai berhasil. Cara membuka pintu mobil yang terkunci dari dalam di atas bisa langsung kamu lakukan ketika mengalami masalah untuk membuka pintu mobil yang terkunci akibat dari kunci mobil ketinggalan di dalam mobil. Tapi perlu digaris bawahi jangan melakukan hal tersebut untuk merugikan orang lain ya Sahabat.

Cara membuka pintu mobil yang terkunci menggunakan tali rafia atau tali sepatu

Begini 5 Cara Membuka Pintu Mobil yang Terkunci

Cara membuka pintu mobil yang terkunci dari dalam lainnya adalah alat yang sangat sederhana yaitu tali rafia, tali sepatu atau tali kasur. Cara membuka pintu mobil yang terkunci adalah dengan tali rafia panjang yang dibentuk menjadi tali laso yang kencang dan kuat tepat di tengahnya. Kemudian dengan menggunakan obeng, tali rafia tersebut disisipkan masuk ke dalam pintu mobil bagian atas. Carilah pengaman pintu mobil dengan rafia, sampai tali simpul laso rafia tersebut tepat di pengaman pintu kemudian tariklah sehingga pintu dapat terbuka.

Cara membuka pintu mobil yang terkunci menggunakan handphone

Siapa sangka handphone bisa menjadi cara membuka pintu mobil yang terkunci dari dalam. Apalagi jika kebetulan mobil kamu menggunakan remote untuk membuka kuncinya, cara ini sangat ampuh lho Sahabat. Jika pintu mobil terkunci dan kunci yang sedang dibawa hilang atau tertinggal di mobil, kamu tinggal menghubungi saja orang rumah atau siapapun yang memiliki remote cadangan.

Begini 5 Cara Membuka Pintu Mobil yang Terkunci

Cara membuka pintu mobil yang terkunci menggunakan handphone adalah dengan mempelkan handphone yang digunakan untuk menghubungi orang tersebut ke kaca mobil depan yang berdekatan dengan sopir kemudian suruhlah orang rumah untuk menekan tombol " buka " pada kunci mobil remote. Akhirnya pintu mobil pun dapat terbuka. Tidak percaya? Buktikan sendiri.

Cara membuka pintu mobil yang terkunci dengan bola tenis

Sebagaimana dikutip dari Lovethispic, cara membuka pintu mobil yang terkunci bisa juga dengan memanfaatkan bola tenis. Namun, walaupun banyak yang berspekulasi ini mustahil, kamu boleh saja mencobanya sebagai eksperimen. Bagaimana caranya?

Begini 5 Cara Membuka Pintu Mobil yang Terkunci

Cara membuka pintu mobil yang terkunci menggunakan bola tenis adalah buatlah lubang kecil yang cukup dalam di bola tenis. Caranya, bisa dengan memakai obeng yang dipanasi dengan api dari kompor atau korek gas, kemudian ditusuk ke bola hingga berlubang. Setelah bola tenis berlubang, gunakan untuk membuka kunci pintu. Arahkan bagian bola tenis yang berlubang tadi tepat di depan lubang kunci yang ada di pintu.

Begini 5 Cara Membuka Pintu Mobil yang Terkunci

Tekan dengan sekuat tenaga bola tenis itu hingga gepeng memakai tangan. Pastikan udara dari dalam bola tenis menekan kuat ke lubang pintu. Bila kunci masih gagal terbuka, ulangi langkah menekan bola tenis tadi dengan tekanan yang lebih kuat atau lebih cepat. Itulah cara membuka pintu mobil yang terkunci menggunakan bola tenis.

Cara membuka pintu mobil yang terkunci dengan menggunakan jasa pembuat kunci mobil

Begini 5 Cara Membuka Pintu Mobil yang Terkunci

Cara membuka pintu mobil yang terkunci dari dalam yang terakhir adalah memanggil jasa pembuat atau duplikasi kunci. Ini adalah langkah terakhir yang sangat mudah bukan Sahabat. Jika memang kamu ragu untuk melakukan beberapa tips diatas, kamu hanya tinggal memanggil sang ahli kunci agar tidak terjadi hal-hal yang tidak diinginkan.

Foto: Garasi.id

Ditulis oleh GEDE RAMANANDA
Terakhir diupdate: 16 Okt 2019 | 15:07 WIB
BAGIKAN