9 Mobil Ternama
Sejarah dibalik merk mobil

Cerita Dibalik 9 Logo Merek Mobil Ternama

26 Jul 2020 | 22:22 WIB

Seperti bentuk pencitraan lainnya, nama, emblem dan logo merk mobil adalah cara penting untuk menunjukkan tingkat kualitas mobil tersebut. Banyak nama, emblem dan logo merk mobil yang didapat dari nama seseorang dengan menggunakan huruf yang menarik atau dari sebuah diskusi untuk menemukan kata yang dapat meningkatkan penjualan mobil. Sementara beberapa nama lainnya memiliki sejarah yang unik.

9 logo merk mobil terkenal

Berikut ini beberapa nama, emblem dan logo merk mobil terkenal dengan latar belakang sejarah yang unik:

1. SAAB

Logo merk mobil SAAB awalnya merupakan singkatan dari Svenska Aeroplan AB, sebuah perusahaan kontraktor industry pertahanan yang berdiri pada tahun 1937. SAAB (dengan huruf besar semua) memasok senjata dan produk pesawat tempur kepada pemerintahan Swedia untuk menjaga kenetralan Swedia semasa perang dunia kedua.

Setelah perang, logo merk mobil SAAB berkembang ke arah merancang dan memproduksi mobil yang sukses dalam balapan dan olahraga kendaraan lain. Saab (dengan huruf kecil) sebagai produsen mobil menggunakan emblem dan logo merk mobil yang sama seperti SAAB sampai pada saat merger dengan perusahaan pembuat truk "Scania". Kemudian mereka memakai "Crowned Eagle", yang merupakan symbol kota Malmo, tempat truk Scania dibuat. Akhirnya mobil Saab pun dibuat di kota tersebut.

Cerita Dibalik 9 Logo Merek Mobil Ternama

2. FIAT

Seperti Saab, logo merk mobil Fiat berawal dari singkatan (Fabbrica Italiana Automobili Torino). Fiat merupakan salah satu perusahaan terbesar di Italia, dan salah satu produsen mobil terbesar di dunia dengan kepemilikan saham di (atau kerjasama dengan) Ferrari, Maserati, SEAT, Lada dan Chrysler.

Emblem dan logo merk mobil Fiat hampir tidak pernah berubah sejak tahun 1901 ketika seorang tipografer dari Turin pertama kali menyusun huruf-huruf tersebut dengan huruf A yang unik.

Cerita Dibalik 9 Logo Merek Mobil Ternama

3. VOLVO

Logo merk mobil selanjutnya adalah Volvo. Nama Volvo terdengar seperti nama dari Swedia, walaupun sebenarnya itu merupakan nama Latin yang berarti bergulir. Logo merk mobil Volvo terkenal tidak mudah terbalik, akan tetapi perusahaan awal Volvo sebenarnya memproduksi bola besi yang digunakan untuk bantalan yang pada saat itu sangat terkenal bergulir dengan baik.

Logo merk mobil Volvo tidak dirancang untuk menunjukkan maskulinitas, logo merk mobil tersebut sebenarnya merupakan referensi dari symbol kuno alchemy dari besi (Swedia terkenal dengan industry besi yang tangguh).

Cerita Dibalik 9 Logo Merek Mobil Ternama

4. MITSUBISHI

Didirikan tahun 1870, Mitsubishi adalah perusahaan tertua dalam daftar ini. Beberapa orang hanya mengetahui Mitsubishi sebagai produsen mobil Lancer Evo. Akan tetapi, sebenarnya Mitsubishi Group di Jepang memproduksi berbagai macam produk seperti produk tekstil, kaca bahkan memiliki usaha jasa perbankan.

Logo merk mobil Mitsubishi (tidak berubah sejak tahun 1914) melambangkan penyatuan lambang keluarga pendiri: Yamauchi (tiga daun jati menyatu ditengah) dan Iwasaki (tiga water chestnuts seperti berlian). Nama Mitsubishi artinya tiga berlian dalam bahasa Jepang.

Cerita Dibalik 9 Logo Merek Mobil Ternama

5. BMW

Bayernische Motor-Werken (Bavarian Motor Works) mulai berdiri pada tahun 1916 sebagai proyek bersama perusahaan mesin Jerman, Rapp Motorwerken, dengan perusahaan pembuat pesawat terbang, Bayernische Flugzeug-Werken.

BMW nyaris tutup dua tahun kemudian karena penandatanganan Traktat Versaille yang melarang Jerman untuk mendesain dan memproduksi pesawat terbang. BMW kemudian bermaksud mendesain dan memproduksi mesin pesawat terbang sampai akhirnya memproduksi sepeda motor dan mobil.

Logo merk mobil biru-putih BMW datang dari penggambaran baling-baling pesawat yang sedang berputar.

Cerita Dibalik 9 Logo Merek Mobil Ternama

6. PORSCHE

Ferdinand Porsche memiliki pengalaman unik pada perang dunia kedua. Ia membangun transmisi untuk tank selama di penjara. Pada saat yang sama, perusahaannya (dengan nama yang aneh: "Dr. Ing. h. c. F. Porsche GmbH") dijalankan oleh anaknya, Ferry, yang kesal karena tidak tersedia mobil sport seperti yang ia inginkan.

Dengan desain dan tim rekayasa milik ayahnya Ferry membangun prototipe mobil sport dengan mesin di belakang. Hasilnya diperlihatkan kepada Ferdinand setelah ia keluar dari penjara. Ferdinand mengatur kembali perusahaannya dengan nama yang lebih pendek dan logo merk mobil baru untuk memproduksi mobil Porsche.

Logo merk mobil tersebut merupakan kombinasi lambang Negara bagian Wuerttemberg pada masa Weimar dengan gambar kuda yang melambangkan Stuttgart.

Cerita Dibalik 9 Logo Merek Mobil Ternama

7. FERRARI

Kuda hitam Ferrari berasal dari simbol pribadi Francesco Baracca, pilot tempur Italia nomor satu selama perang dunia pertama. Sebagai pembalap muda Alfa Romeo yang pemberani, Enzo Ferrari diberikan kesempatan oleh ibunda dari Baracca pada tahun 1929 untuk menggunakan simbol tersebut sebagai hadiah kepada sesama penduduk Modena.

Logo merk mobil tersebut pertama kali dipakai pada mobil balap Scuderia Ferrari di awal tahun 1930-an. Kemudian digunakan sebagai logo mobil produksi Ferrari setelah berpisah dari Alfa Romeo. Kamu juga bisa baca Berniat Meminang Supercar Bekas? Coba Baca Ini Dulu

Cerita Dibalik 9 Logo Merek Mobil Ternama

8. CHEVROLET

Louis Chevrolet awalnya hampir tidak terkait dengan usaha pemasaran mobil yang menyandang namanya. Ia merupakan imigran dari Swiss yang memiliki darah Perancis. Ia merupakan pembalap bagi Alfa Romeo dan Buick. Ia juga merupakan ahli rekayasa yang pintar. Chevrolet kemudian bertemu dengan William C. Durant yang dipecat dari General Motors.

Durant dan Chevrolet memproduksi mobil dengan logo merk mobil yang terinspirasi palang sebagai lambang negara Swiss yang terkenal. Perubahan yang mendasar dari logo itu hanyalah hilangnya nama Chevrolet dari logo pada tahun 1985.

Cerita Dibalik 9 Logo Merek Mobil Ternama

9. ALFA ROMEO

Alfa Romeo telah terlibat dalam balapan mobil sejak tahun 1911, setahun setelah berdiri. Alfa Romeo merupakan perusahaan dari Milan dengan simbol tradisional Milan pada logo merk mobil nya: salib merah diatas putih digabung dengan "biscione" yang tidak tradisional.

Biscione adalah simbol kejayaan keluarga Visconti yang agung. Keluarga tersebut memerintah Milan pada tahun 1200-an

Cerita Dibalik 9 Logo Merek Mobil Ternama

Nah Sahabat Garasi, itulah 9 sejarah dibalik nama atau logo merk mobil yang unik pada kendaraan. yang dilansir dari KASKUS.

Foto : Garasi.id

solusi puas untuk servis mobil

[[ KLIK GAMBAR ]]

Ditulis oleh ANJAR
Terakhir diupdate: 26 Jul 2020 | 22:22 WIB
Bagikan

Kata Kunci Pencarian

sejarahmerekmobilinfootomotifgarasiid