Merawat mobil dari rumah
Merawat mobil dari rumah

PPKM Kembali Diberlakukan. Yuk Bersihkan Mesin Mobil Sendiri di Rumah

13 Jul 2021 | 13:55 WIB

Mesin mobil merupakan bagian yang paling terpenting dari sebuah mobil, karena mesin mobil merupakan pusat kinerja yang menjadikan mobil bisa melaju. Oleh karena itu, sebagai pemilik mobil harus bisa menjaga dan merawat kondisi mobil agar tetap dalam keadaan baik.

PPKM Kembali Diberlakukan. Yuk Bersihkan Mesin Mobil Sendiri di Rumah

Tidak hanya itu saja, merawat mesin mobil juga tidak boleh sembarangan yang nantinya akan menyebabkan mesin mobil berkarat yang pada akhirnya akan berujung pada kerusakan mesin. Bila mesin mobil sudah mengalami kerusakan, secara otomatis laju mobil tidak akan nyaman digunakan lagi, bahkan bisa menyebabkan korsleting yang menimbulkan percikan api sehingga mobil mudah terbakar.

PPKM Kembali Diberlakukan. Yuk Bersihkan Mesin Mobil Sendiri di Rumah

Merawat mesin mobil memanglah bukan hal perkara yang mudah, karena tidak semua orang paham dengan mesin mobil. Bagi Sahabat yang tidak mau repot, menggunakan bantuan bengkel atau jasa mekanik lainnya menjadi solusi yang tepat. Namun, kamu juga harus rela merogoh kocek yang tarifnya juga bisa mencapai ratusan ribu rupiah. Nah agar berhemat tapi mobil tetap terawat, berikut ini adalah cara membersihkan mesin mobil yang baik dan benar agar mobil kamu selalu dalam kondisi prima selama masa PPKM.

Siapkan cairan khusus pembersih mesin mobil

Langkah pertama yang harus disiapkan pemilik mobil adalah bahan pembersih khusus mesin mobil, gunanya untuk menjaga kebersihan serta keawetan mesin pada mobil. Cairan pembersih ini bisa didapatkan di toko khusus peralatan dan perlengkapan mobil.

PPKM Kembali Diberlakukan. Yuk Bersihkan Mesin Mobil Sendiri di Rumah

Disarankan tidak asal dalam menggunakan cairan pembersih, sebab dikhawatirkan akan terjadinya konsleting atau kerusakan pada mesin mobil. Sebaiknya, tanyakan terlebih dahulu kepada pelayan toko atau mekanik yang benar paham menyoal pembersih mesin mobil. Berikut beberapa bahan pembersih mobil yang bisa digunakan dan mudah untuk didapatkan:

  • Engine Conditioner

Engine conditioner adalah cairan pembersih untuk bagian ruang bakar pada mesin. Cairan ini teksturnya seperti busa halus dan berbahan solvent. Cara menggunakannya hanya dengan menyemprotkan busa halus melalui lubang busi yang mengarah pada ruang bakar mesin. Namun, sebelum itu jangan lupa untuk melepas busi terlebih dahulu.

  • Engine Degreaser

Engine degreaser adalah suatu cairan yang digunakan untuk membersihkan kotoran bagian luar mesin. Cairan ini terbuat dari bahan yang sama dengan engine conditioner, hanya saja teksturnya lebih keras, sehingga cairan ini dapat mengikat serta melarutkan kotoran yang ada pada bagian luar mesin mobil. Cara menggunakanya juga cukup mudah, pastikan jika mesin mobil masih bertemperatur hangat, kemudian semprotkan cairan pada bagian yang kotor.

  • Engine Flush

Cairan Engine flush memiliki fungsi yang mirip dengan deterjen, yaitu untuk membersihkan bagian mesin mobil yang berada di bagian tempat oli. Kamu bisa menggunakan cairan ini dengan cara memasukkannya ke dalam lubang oli. Ketika sudah memasukkan cairan tersebut, menyalakan mesin mobil hingga 15 menit dan buang cairan pembersih seperti saat membuang oli.

Tutup komponen penting dan sistem elektrikal

PPKM Kembali Diberlakukan. Yuk Bersihkan Mesin Mobil Sendiri di Rumah

Langkah pertama yang harus Sahabat lakukan adalah menuutup semua komponen penting dan elektrikal menggunakan plastik atau bisa juga dengan aluminium foil. Misalnya lubang isap udara, soket kelistrikan, sensor, koil dan lainnya. Perhatian khusus juga perlu untuk lubang isap (air intake). Masuknya air di daerah ini efeknya water hammer!

Bersihkan dari bagian termudah dahulu

PPKM Kembali Diberlakukan. Yuk Bersihkan Mesin Mobil Sendiri di Rumah

Membersihkan bagian termudah bisa menggunakan sabun khusus atau bahkan sabun pencuci piring. Cara ini umumnya digunakan untuk membersihkan mobil secara mandiri tanpa harus pergi ke pencucian atau bengkel. Bagian ini bisa berupa kap bawah mobil, dan pastikan bersihkan dengan cara yang benar dengan menggunakan spons atau sikat gigi untuk bagian yang sulit dijangkau.

Membersihkan ruang mesin mobil

PPKM Kembali Diberlakukan. Yuk Bersihkan Mesin Mobil Sendiri di Rumah

Lalu Sahabat bisa mulai untuk membersihkan ruang pada mesin mobil. Kamu bisa melakukannya dengan menyemprotkan air selang ke arah ruang mesin. Namun, perhatikan intensitas serta tekanan pada air yang keluar dari selang. Pastikan jika membersihkan nya dengan benar dan tidak ada kotoran yang tersisa pada bagian ruang mesin mobil. Cara ini bisa dilakukan sendiri dirumah tanpa menggunakan jasa cuci mobil dengan biaya yang lumayan mahal.

Gunakan spons dan sikat gigi

PPKM Kembali Diberlakukan. Yuk Bersihkan Mesin Mobil Sendiri di Rumah

Spons atau sikat gigi merupakan alat pembersih yang sering kali digunakan untuk membersihkan bagian mobil yang susah dijangkau. Nah,kamu bisa menggunakan kedua media ini secara bersamaan. Spons digunakan untuk mesin yang kotor dan sikat gigi ini bisa digunakan untuk mesin mobil yang kotor membandel. Selain itu, bisa juga menggunakan kain yang sudah tidak terpakai.

Lap hingga semua komponen kering

PPKM Kembali Diberlakukan. Yuk Bersihkan Mesin Mobil Sendiri di Rumah

Pastikan kembali jika seluruh bagian sudah dibersihkan, kemudian siram mesin tersebut dengan air bersih dan keringkan dengan kain kanebo hingga benar-benar kering apalagi di bagian kelistrikan agar tidak terjadi konsleting. Sahabat juga bisa menggunakan semprotan khusus agar mobil lebih mengkilap.

Banyak untungnya membersihkan mobil sendiri dirumah

Ada banyak sekali keuntungan yang didapat dengan membersihkan mobil sendiri di antaranya kamu bisa tahu lebih banyak tentang mesin, bisa mengecek kondisi mesin secara berkala, dan yang terpentingnya lagi akan menghemat pengeluaran daripada harus pergi ke bengkel atau tempat pencucian mobil.

PPKM Kembali Diberlakukan. Yuk Bersihkan Mesin Mobil Sendiri di Rumah

Jika biasanya dalam 1 bulan menghabiskan biaya 200 ribu lebih untuk membersihkan mobil, maka kali ini bisa menghabiskan 200 ribu hanya untuk membeli bahan pembersih mobil yang bisa digunakan berkali-kali hingga beberapa bulan kedepan. Otomatis beberapa bulan kedepan akan jauh lebih hemat dan bisa menggunakan uang tersebut untuk keperluan lainnya seperti membeli mobil atau membeli voucher jasa dan servis di Garasi.id.

Foto : Garasi.id

Ditulis oleh RIZKY YUNIHARTO
Terakhir diupdate: 13 Jul 2021 | 13:55 WIB
Bagikan

Kata kunci pencarian

merawatmobiltipsmerawatmobildirumahajadampakcoronagarasiid
Kontak email [email protected]
Nomor WA 081522550888
Logo Garasi.id
Copyright © 2024 PT. Digital Otomotif Indonesia.
All Rights Reserved
Member Of 
Blibli
 Family