Usahakan memasang alarm pada kendaraan, jadi jika kunci tertinggal alarm akan berbunyi
Tindak pencurian kendaraan kerap terjadi, alangkah baiknya kamu selalu mengunci mobil setelah mobil dipkai

Kunci Mobil Tertinggal di Dalam Mobil, Begini Cara Mengatasinya

20 Jul 2019 | 17:01 WIB
BAGIKAN

Pasti beberapa dari kalian pernah mengalami kejadian kunci mobil ketinggalan di dalam mobil. Tapi tenang, disini kita akan bahas bagaimana caranya. Karena untuk membuka pintu mobil yang terkunci caranya cukup mudah dan sederhana, jadi kalian tidak perlu terburu-buru untuk menghubungi tukang kunci jika tengah mengalami masalah ini karena terdapat beberapa cara yang bisa dilakukan untuk membuka pintu mobil yang terkunci.

Kunci Mobil Tertinggal di Dalam Mobil, Begini Cara Mengatasinya


Beberapa cara yang kita berikan ini sangat sederhana dan tidak perlu menggunakan peralatan yang mahal, karena cara ini menggunakan peralatan sederhana yang biasa kita gunakan sehari-hari. Berikut adalah beberapa cara yang dapat kalian lakukan untuk membuka pintu mobil yang terkunci.


Menggunakan Kawat Gantungan Baju

Untuk membuka pintu mobil yang terkunci kamu dapat membukanya dengan menggunakan kawat gantungan baju. Cara pertama yang dapat dilakukan terlebih dahulu adalah menyiapkan gantungan baju yang berbahan dasar kawat. Carilah gantungan baju yang telah rusak atau yang tidak terpakai.


Setelah itu potong kawat gantungan baju, kemudian luruskanlah kawat gantungan baju tersebut. Cara ini merupakan cara yang dapat bisa dilakukan pada mobil yang terkunci secara manual. Kunci manual biasanya dibuka dengan cara menarik. Kunci pada mobil manual terletak di bagian atas panel pintu tepat di bagian jendela.


Setelah itu buatlah lekukan pada ujung kawat. Hal ini dimaksudkan untuk mengaitkan kunci pintu pada bagian kawat gantungan baju. Untuk panjang kaitanya sendiri sebaiknya memiliki panjang 3 cm hingga 5 cm. Kemudian masukkanlah kawat di antara bagian pembatas pintu dengan jendela pada lapisan karetnya. Masukkanlah kawat tersebut sampai menyentuh tuas pengait yang digunakan untuk membuka pintu.

Kunci Mobil Tertinggal di Dalam Mobil, Begini Cara Mengatasinya


Setelah sampai pada pengait, kamu hanya perlu menggerakan pengait tersebut untuk membuka pintu mobil. Lakukanlah cara ini sampai pengait dapat mengaitkan tuas kunci mobil dengan sempurna. Tariklah dengan penuh tenaga, karena tuas kunci mobil lebih kuat dibandingkan dengan kawat. Tidak hanya itu saja cara ini juga memerlukan kesabaran ekstra.


Menggunakan Penggaris

Cara lainnya yang dapat kamu lakukan untuk membuka pintu mobil yang terkunci adalah menggunakan penggaris. Sahabat pasti tidak menyangka bahwa penggaris dapat membantu  untuk membuka pintu mobil. Sebelum memulai langkah ini, sebaiknya siapkanlah terlebih dahulu penggaris atau mistar. Penggaris atau mistar sebaiknya yang memiliki bahan besi agar lebih memudahkan untuk membuka pintu mobil. Akan tetapi jika tidak memiliki penggaris besi, kamu dapat menggunakan penggaris dengan bahan lain, misalnya saja penggaris dengan bahan plastik.


Untuk melakukan cara ini tidak perlu panik, karena karet pada kaca mobil sangat mudah sekali untuk dilepas dan dipasang kembali. Hal ini dimaksudkan agar penggaris tersebut dapat dengan mudah masuk ke dalam bagian bawah kaca mobil. Masukkan penggaris ke bagian dalam pintu. Rasakan titik panel kunci dengan melihat pergerakan panel kunci. Jika terdapat pergerakan panel manual kunci bergerak, berarti itu adalah tuas panel untuk membuka pintu.


Nah jika posisi penggaris dirasa sudah pas di panel kunci, tariklah sekuat tenaga sampai mobil terbuka. Jika masih belum terbuka ulangilah cara di atas sampai berhasil. Cara-cara serta langkah di atas bisa langsung kamu lakukan ketika mengalami masalah untuk membuka pintu mobil yang terkunci akibat dari kunci mobil ketinggalan di dalam mobil atau lainnya. Tapi perlu digaris bawahi jangan melakukan hal tersebut untuk merugikan orang lain ya Sahabat.

Foto : Internet

Ditulis oleh GEDE RAMANANDA
Terakhir diupdate: 20 Jul 2019 | 17:01 WIB
BAGIKAN