Parkir mobil di luar
Parkir mobil sembarangan

Parkir Mobil Sembarangan Bisa Berdampak Buruk

20 Jul 2020 | 10:43 WIB

Pemerintah Israel berencana untuk bisa menghukum pengendara yang melakukan parkir mobil secara sembarangan, dengan memenjarakannya. Tapi Sahabat Garasi tahu tidak, kalau di Indonesia rupanya sudah menerapkan peraturan tersebut terlebih dahulu.

Seperti yang disampaikan Kepala Korlantas Polri Irjen Royke Lumowa, yang dilansir dari detikOto, dikatakan di Indonesia aturan mengenai parkir sudah diatur dalam undang-undang dan jika melanggar seperti parkir mobil secara sembarangan, pengendara bisa masuk bui.

Parkir Mobil Sembarangan Bisa Berdampak Buruk

"Kalau ada yang melanggar parkir mobil itu bisa dipenjara kurungan maksimal 1 bulan atau denda maksimal Rp 250 ribu yang tertera pada pada 287 UU No. 22 tahun 2009," ujar Royke.

Dalam Undang-undang No. 22 tahun 2009 Tentang Lalu Lintas dan Angkutan Umum, ada beberapa pasal di dalamnya. Mengenai parkir mobil sembarangan tertulis dalam pasal 287 ayat 3.

Pasal 287 ayat 3 ini berbunyi tentang sanksi melanggar aturan gerakan lalu lintas atau tata cara berhenti dan parkir mobil bisa dipidana dengan pidana kurungan paling lama 1 (satu) bulan atau denda paling banyak Rp 250.000.

Dalam pemberitaan sebelumnya parkir sembarangan atau asal-asalan menjadi perhatian banyak orang. Kadang, parkir mobil yang sembarangan atau asal-asalan bikin jengkel pengendara lain. Pengendara lain jadi tak dapat ruang parkir gara-gara pada saat parkir mobil sembarangan. 

Tidak sampai disitu, karena banyaknya dampak dari parkir mobil secara sembarangan. Membuat pemerintah memberlakukan peraturan lain berupa wajib punya garasi bagi penduduk Ibu Kota yang ingin memiliki kendaraan pribadi. Semua upaya yang dilakukan guna mengurangi kemacetan yang timbul akibat parkir mobil sembarangan. 

Nah Sahabat Garasi, mulai sekarang tetap ingat dan lebih hati-hati ya kalau ingin parkir mobil. Kalau sampai Sahabat Garasi salah parkir, tidak lagi hanya dapat kartu parkir tapi Sahabat Garasi bisa juga dapat kartu tilang.

Selain itu, parkir mobil secara sembarangan itu juga bisa berdampak buruk untuk kendaraanmu lho Sahabat. Apalagi bila parkir mobil di ruang tebuka. 

Parkir Mobil di Luar Ruangan Bikin Pendek Usia Mesin

Meskipun sudah ada imbauan dari pihak terkait, masih saja banyak pemilik kendaraan roda empat tidak memarkirkan tunggangannya di garasi. Padahal, parkir mobil di garasi memiliki banyak manfaat. Selain dari tidak mempersempit ruas jalanan dan menjaga cat mobil agar tetap kinclong, mesin pun akan cenderung bertahan lebih lama.

Parkir Mobil Sembarangan Bisa Berdampak Buruk

Melansir Detikcom, ada beberapa alasan mengapa orang masih asik untuk parkir mobil secara sembarangan seperti di tepi jalan dibanding garasi. Mulai dari tidak tersedianya garasi di rumah sampai malas mengeluarkan biaya tambahan untuk menyewa garasi atau parkir mobil di basement. Hasilnya, mobil mengalami hal-hal yang tidak diinginkan.

Paling tidak, parkir mobil di garasi mencegah pencurian atau masalah vandalisme pada mobil kita. Unsur-unsur alam yang tidak diharapkan pun bisa dihindari misalkan hujan lebat dan berangin, lumpur, panas yang ekstrem (radiasi Ultra Violet), dan lain sebagainya yang bisa merusak eksterior mobil. Biasanya, mobil yang diparkir di tepi jalanan akan terkena masalah pembentukan kotoran atau asam pada cat kendaraannya.

Komponen karet di mobil seperti pipa, selang, sampai wiper bisa cepat menua dari seharusnya bila parkir mobil tidak di garasi. Namun di atas itu semua, ternyata parkir mobil di ruang terbuka bisa memperpendek usia mesin mobil itu sendiri.

Ketika parkir mobil di dalam garasi, suhu di bawah kap mesin akan tetap stabil dan tidak berfluktuasi dengan kenaikan atau penurunan suhu di luar rumah. Ini menjaga oli mesin tetap pada viskositas optimalnya untuk engine start-up (menyalakan mesin untuk pertama kali). Sehingga, mesin mobil tetap berjalan dengan lancar dan dalam jangka panjangnya akan memperpanjang usia mesin mobil.

Kinerja AC atau pendingin ruangan di mobil pun bisa bekerja secara maksimal ketika mobil diparkir di garasi dibanding di luar. Soalnya, ketika mobil diparkirkan di luar suhu akan menjadi terlalu panas. Dalam hal ini, ketika AC dinyalakan, ia akan bekerja ekstra keras untuk mendinginkan interior.

Terakhir, parkir mobil di luar garasi akan merusak bagian interior. Dasbor dan lapisan kulit interior pada akhirnya akan memudar lebih cepat. Dalam beberapa kasus ekstrem, sistem hiburan juga bakal rusak karena membran pada speaker retak sampai hancur. Ada juga kemungkinan untuk beberapa bagian penting yang tidak tahan panas dapat terkelupas.

Parkir Mobil di Tempat Panas

Suhu panas kerap kali menjadi permasalahan tersendiri, apalagi bila kendaraan kesayangan Sahabat Garasi diparkir di ruang terbuka. Sahabat Garasi pengguna mobil pasti langsung menghidupkan AC kencang-kencang saat baru memasuki kabin setelah mobil terjemur.

Parkir Mobil Sembarangan Bisa Berdampak Buruk

Memang, hal itu dilakukan agar suhu panas cepat hilang. Tapi ternyata malah bikin boros bahan bakar.

Kok bisa? Melansir dari Otodetik.com, ternyata hal itu memungkinkan lho Sahabat Garasi. Karena, kinerja AC tidak akan optimal namun dipaksakan untuk mengembuskan angin kencang-kencang. Hasilnya, usia AC bakal tidak panjang dan memboroskan bahan bakar. Pada artikel  tersebut juga menyarankan agar saat memasuki mobil yang telah terjemur dan suhunya panas, lebih baik membuka jendela dahulu agar uap panas keluar.

Selain itu, ada bagian lain yang dirugikan saat mobil terjemur seperti bagian karet wiper yang bisa mengeras dan rusak (tidak elastis lagi), interior khususnya dashboard mengecap, dan cat mobil yang memudar (bila terjemur dalam waktu lama).

Untuk mengatasinya, sebaiknya tegakkan batang wiper terlebih dahulu agar tidak bersentuhan langsung dengan kaca. Jadi, mengerasnya karet wiper bisa dihindari karena tidak ada interaksi langsung antara karet wiper dengan kaca depan mobil yang panas.

Sedangkan pada interior mobil, lapisi kaca mobil dengan kaca film yang mampu mengurangi efek sinar ultraviolet ke kabin. Pilih kaca film yang memang sudah terkenal kualitasnya. Kamu juga bisa baca Ini Manfaat Kaca Film Mobil Yang Belum Kamu Tahu

Nah Sahabat Garasi, sekarang sudah tau kan dampak dari memarkirkan mobil kesayangan di tempat terbuka. Jadi mulai sekarang, lebih perhatikan lagi saat ingin memarkirkan kendaraanmu ya Sahabat.

Foto : Garasi.id

Ditulis oleh ANJAR
Terakhir diupdate: 20 Jul 2020 | 10:50 WIB
Bagikan

Kata Kunci Pencarian

parkirmobildampakparkirsembaranganmobilbekasgarasiid