Pengujian emisi dalam kendaraan pribadi harus dilakukan rutin agar lingkungan selalu terjaga.
Mobil jenis hybrid ini diklaim menghasilkan polusi udara yang lebih ramah lingkungan.

Penjelasan Mengapa Mobil Hybrid itu Mahal

20 Jul 2019 | 15:00 WIB
BAGIKAN

Pada beberapa tahun belakangan ini dalam dunia otomotif di Indonesia memang cukup ramai dengan kehadiran produk otomotif terbaru yang mengusung teknologi dan inovasi terbaru pula. Selain mobil listrik yang cukup menggemparkan, ada pula mobil hybrid yang mulai populer dikalangan masyarakat dan pecinta otomotif di Indonesia. 


Baca juga: GIIAS 2019, Mitsubishi kembali gemparkan pecinta otomotif Indonesia


Memang mobil berteknologi hybrid ini memiliki kemampuan performa mesin dan konsumsi bahan bakar yang dapat lebih baik dibandingkan mobil bermesin konvensional. Karena dengan dua mesin yang berbeda pada mobil hybrid yaitu mesin biasa yang dipadukan dengan motor listrik akan memberikan performa tinggi serta memiliki tingkat efisiensi bahan bakar yang lebih baik. 

Selain itu mobil jenis hybrid ini menghasilkan polusi udara yang lebih ramah lingkungan. Tapi kenapa tarif pajak yang dikenakan untuk sebuah mobil hybrid berbeda dengan mobil bermesin konvensional, yang mana cenderung lebih tinggi dibandingkan mobil bermesin konvensional.

Pajak Mobil Hybrid Selangit? Kenapa ya?


Ternyata tarif pajak yang diberlakukan untuk mobil hybrid di Indonesia yang cukup tinggi ini dikarenakan aturan pemerintah yang melihat dan menganggap mobil tersebut menggunakan dua sumber tenaga yang berbeda.


Dari informasi yang ada mobil hybrid saat ini memang memiliki dua mesin berbeda yaitu mesin konvensional dan mesin motor listrik. Nah dengan dua mesin yang berbeda tersebutlah, pajak mobil jenis ini membuatnya lebih tinggi dibandingkan mobil konvensional. 

Pajak Mobil Hybrid Selangit? Kenapa ya?


Padahal jika kita bandingkan dengan pajak di luar negeri, justru mobil hybrid diberikan insentif yang lebih murah dibandingkan mobil bermesin konvensional. Di Indonesia justru tarif pajaknya dinaikkan dua kali lipat dibandingkan mobil bermesin konvensional.


Memang sangat disayangkan sekali bahwa kondisi di Indonesia berbanding terbalik dengan beberapa negara maju di benua Asia, Eropa, maupun Amerika. Dengan tarif pajak yang tergolong tinggi di Indonesia maka tentunya berakibat pula pada banderol harga beberapa mobil hybrid yang dipasarkan di Indonesia menjadi melonjak.

Pajak Mobil Hybrid Selangit? Kenapa ya?

Foto : Garasi.id

Ditulis oleh GEDE RAMANANDA
Terakhir diupdate: 21 Jul 2019 | 18:41 WIB
BAGIKAN