Promo Garasi.id
Promo Servis Berkala

Tidak Perlu Repot. Ini 5 Cara Tune Up Mobil Sendiri di Rumah

29 Jan 2021 | 07:45 WIB

Melakukan servis berkala seperti tune up mobil adalah aktivitas yang wajib Sahabat lakukan jika ingin kendaraan selalu berada dalam kondisi prima. Namun, terkadang kendala waktu menjadi penyebab utama sebagian besar pemilik kendaraan enggan untuk melakukan tune up mobil.

Tidak Perlu Repot. Ini 5 Cara Tune Up Mobil Sendiri di Rumah

Padahal, jika tidak melakukan servis berkala kendaraan bisa menimbulkan masalah baru seperti kerusakan komponen atau hal lain yang bisa membahayakan keselamatan. Nyatanya, Sahabat bisa melakukan tune up mobil sendiri di rumah tanpa perlu repot ke bengkel dengan perlengkapan sederhana. Nah bagaimana caranya? Yuk simak di bawah ini.

Siapkan Peralatan Untuk Tune Up Mobil

cara tune up mobil

Langkah pertama yang harus Sahabat lakukan jika ingin tune up mobil sendiri adalah menyiapkan beberapa peralatan sendiri.  Ketahui apa saja peralatan yang harus ada untuk bisa melakukan pemeriksaan sekaligus perawatan mobil sendiri di rumah. Peralatan yang wajib ada antara lain kunci ring, amplas, kain lap (bisa kanebo atau lap biasa), kunci pas, obeng plus dan minus, tes kompresi, pengukur celah atau feeler gauge, dan timing light.

Bersihkan Filter Udara

Tidak Perlu Repot. Ini 5 Cara Tune Up Mobil Sendiri di Rumah

Komponen pertama yang harus dibersihkan saat ingin tune up mobil sendiri adalah membersihkan bagian filter udara mobil. Bagian ini jauh lebih mudah dibongkar dibandingkan dengan komponen mobil lainnya. Sifatnya pun lebih cepat dingin bahkan setelah mesin dinyalakan. Sahabat bisa membersihkan bagian ini dengan cara mencucinya menggunakan air sabun dan dikeringkan hingga benar-benar kering jika saringan udara mobil terbuat dari bahan busa. Namun, jika ternyata komponennya adalah kertas berpelumas, maka sebaiknya kamu menggantinya dengan yang baru.

Cek Pengapaian saat Tune Up

Tidak Perlu Repot. Ini 5 Cara Tune Up Mobil Sendiri di Rumah

Langkah selanjutnya yang harus dilakukan saat hendak tune up mobil sendiri adalah memeriksa beberapa komponen pengapian seperti busi, kabel busi dan tutup distributor. Ketiga bagian ini bisa Sahabat cek dan lakukan perbaikan secara berurutan agar lebih menghemat waktu. Namun, pastikan untuk tidak langsung mengecek tutup distributor ketika mesin baru saja dimatikan. Periksa pula bagian kabel busi dan pastikan tidak ada kerusakan. Terakhir, periksa kebersihan busi berikut celah elektrodanya. Jika ingin mengetahui bagaimana kondisi busi yang baik Sahabat bisa mendapatkan penjelasannya di artikel Performa Mesin Mobil Selalu Optimal, Cek Kondisi Busi Mobil.

Melakukan Penyetelan Pengapian

Tidak Perlu Repot. Ini 5 Cara Tune Up Mobil Sendiri di Rumah

Langkah ketiga saat melakukan tune up mobil sendiri adalah melakukan penyetelan bagian idle dan pengapian. Caranya cukup mudah, Sahabat hanya tinggal memutar bagian distributor saat mobil dalam posisi menyala. Putar bagian distributor hingga mendengar raungan mesin yang lebih halus dengan tenaga maksimal. Pastikan putaran mesin berada pada kondisi stasioner penyetelan (tidak terlalu tinggi dan rendah) karena jika akan menyebabkan mobil boros.

Memeriksa Kondisi Aki Mobil

Tidak Perlu Repot. Ini 5 Cara Tune Up Mobil Sendiri di Rumah

Langkah keempat yang harus dilakukan ketika melakukan tune up mobil sendiri adalah melakukan perawatan aki mobil. Melakukan perawatan mobil yang menggunakan aki kering lebih mudah ketimbang melakukan perawatan aki mobil basah.

Baca Juga : Tidak Perlu Ribet! Begini Cara Membuat Sim Online Terbaru 2020

Jika mobil kamu menggunakan aki kering, pastikan air aki tidak berada di batas terendah. Bersihkan pula bagian kutubnya menggunakan air hangat menggunakan amplas halus untuk membersihkan karat yang mengotori kutubnya agar arus listrik mengalir dengan baik. Jika Sahabat ingin lebih jelas cara melakukan perawatan aki mobil, kamu bisa membaca artikel ini Menjadi Komponen Vital, Kamu Wajib Paham Aki Mobil

Membersihkan Intake Saat Tune up Mobil

Tidak Perlu Repot. Ini 5 Cara Tune Up Mobil Sendiri di Rumah

Langkah terakhir saat hendak melakukan tune up mobil sendiri adalah membersihkan bagian intake manifold.  Buka manifold intake dan lihat apakah ada kotoran di dalam throttle, bila terlihat kotor maka perlu disemprot dengan cairan kimia khusus yang tidak membuat catalytic converter menjadi mampet dan ini dilakukan sambil mesin dinyalakan sekitar 2.500 rpm. Ini juga akan sekalian membersihkan ruang bakar dan klep intake sekaligus. Hal ini bertujuan untuk membersihkan bagian ruang bakar mobil agar selalu optimal. 

Itulah 5 cara tune up mobil sendiri yang bisa Sahabat lakukan dirumah. Jika Sahabat tidak memiliki peralatan yang memadai atau tidak punya waktu untuk membersihkan sendiri, kamu bisa melakukan perawatan tune up mobil di Garasi.id. 

Perawatan Berkala Mobil di Garasi.id

Nah untuk Sahabat yang dirasa belum melakukan perawatan berkala mobil yang disebutkan diatas, Sahabat bisa membeli voucher perawatan mobil di Jasa dan Servis Garasi.id. Karena di Garasi.id lagi ada promo servis berkala harga mulai dari 300 ribu.

Tidak Perlu Repot. Ini 5 Cara Tune Up Mobil Sendiri di Rumah

Keuntungan Bertransaksi Jasa & Servis di Garasi.id

  • Banyak Promo yang Berlangsung
  • Selalu bekerjasama dengan partner terpercaya
  • Proses mudah dan cepat bisa diakses melalui handphone
  • Tersedia banyak bank yang kerjasama, bisa dicicil 0%

Wah menarik bukan promo seris berkala dari Garasi.id, nah buat Sahabat yang tertarik bisa langsung cek Servis Berkala Mobil atau Sahabat bisa menghubungi Officer Garasi.id ke Chat WA langsung di +62-817-0250-888 atau email di [email protected]

Foto : Garasi.id

Ditulis oleh RIZKY YUNIHARTO
Terakhir diupdate: 03 Mei 2021 | 16:38 WIB
Bagikan

Kata kunci pencarian

promogarasiservisberkalamobilotomotif
Kontak email [email protected]
Nomor WA 081522550888
Logo Garasi.id
Copyright © 2024 PT. Digital Otomotif Indonesia.
All Rights Reserved
Member Of 
Blibli
 Family