Mobil drift
Mobil drift

Wow ! Inilah Mobil Drift Murah untuk Pemula

20 Agt 2019 | 17:01 WIB
BAGIKAN

Drift merupakan salah satu jenis balapan mobil yang sangat populer. Drift (drive rightly in false position) atau drifting merupakan teknik bermanuver yang umumnya pada belokan dengan keadaan mobil yang oversteer. Oversteer sendiri merupakan kondisi ketika bagian belakang mobil melintir/ bergeser yang biasanya diakibatkan ban belakang kehilangan daya cengkram.

Nah, pada drifting, mobil dengan sengaja dibuat oversteer dengan menggunakan beberapa teknik dan pengemudi harus mempertahankan kondisi oversteer tersebut dari awal sebelum berbelok sampai keluar dari corner. Biasanya sih kita sering menyebutnya dengan kata ngesot. 

Wow ! Inilah Mobil Drift Murah untuk Pemula

Teknik oversteer sendiri terjadi pada mobil berpenggerak roda belakang (RWD) yang terjadi karena aktivitas membelok dengan kecepatan tinggi sehingga roda belakang terpelintir karena kehilangan daya cengkeram.

Jika kamu tertarik dengan dunia drift, kamu bisa memulainya dengan memiliki mobil bahan untuk drifting. Mobil-mobil ini berpenggerak roda belakang (RWD) dan sering digunakan para drifter dalam pertandingan drift lho. Berikut beberapa mobil bagi kamu yang ingin memulai karir di dunia drifting seperti dilansir di situs blackxperience.com.

Nissan Cefiro

Nissan Cefiro menggunakan mesin 2000cc 6 silinder 130 hp, dengan bobot kurang lebih 1300 kg sudah menjadi mobil yang menjamur di kalangan anak drift Indonesia, terlebih untuk pemula. Selain harga yang murah dan hanya bermodalkan las gardan saja, sudah bisa digunakan untuk drifting.

Wow ! Inilah Mobil Drift Murah untuk Pemula

Tidak hanya itu saja, kelebihan cefiro masih banyak, mobil berkode S chassis A  ini, bisa mengadopsi kaki-kaki maupun mesin dari nissan Silvia S13, S14, S15, dan nissan skyline R32, R33, R34. sehingga pilihan parts maupun body parts bisa convert ke bentuk manapun. kelebihan ini sangat memudahkan drifter memodifikasinya.

Toyota Cressida

Mobil ini mulai ramai digunakan drift awal tahun 2010 berbarengan nissan cefiro, mobil ini terkenal dengan sebutan mobil bapak-bapak menjadi tren saat itu, walau basic mesin 1G-E 105 hp ,1280 kg namun setelah di modifikasi Toyota Cressida bisa juga digunakan untuk drifting lho. Untuk mendapatkan mobil Toyota Cressida dengan kondisi yang baik sangatlah sulit, kebanyakan sudah ada karat dimana-mana dan mempunyai kelemahan pada radius putar stri yang sedikit.

Wow ! Inilah Mobil Drift Murah untuk Pemula

BMW E30

Mobil mas boy, yang terkenal di film catatan si Boy dengan 318i nya menjadi seri varian terbanyak di indonesia, seri 316i, 320i, 323i, 325i jarang sekali ditemukan. Biasanya model BMW 318i dengan kode mesin M40B18 yang digunakan, walaupun spesifikasi orisinalnya masih pas-pasan untuk digunakan drifting. Namun untuk mendongkrak performa BMW 318i agar nyaman digunakan untuk keperluan drifting, banyak yang mengganti mesinnya dengan mesin BMW dengan kode mesin M20B25 atau M50/52B25.

Wow ! Inilah Mobil Drift Murah untuk Pemula

Corolla DX

Mobil yang terkenal di kalangan anak retro ini, juga menjadi favorit karena modelnya disukai, basic mesin K ini kebanyakan sudah di swap dengan 4AGE, namun ada juga memasukan mesin 3SGTE namun sangat jarang ditemukan. Kelebihan dari Corolla DX sendiri adalah bobotnya yang ringan hanya 950 kg.

Wow ! Inilah Mobil Drift Murah untuk Pemula

Nah itulah beberapa mobil murah yang bisa dijadikan rekomendasi mobil drifting menurut Garasi.id. Namun, perlu kamu ingat, jangan melakukan drift di tempat sembarangan ya !

Foto: Internet

Ditulis oleh GEDE RAMANANDA
Terakhir diupdate: 20 Agt 2019 | 17:01 WIB
BAGIKAN