AC kendaraan
AC mobil

Pahami AC mobil dari 'Luar' hingga 'Dalam'

15 Des 2019 | 16:55 WIB

Iklim dan kondisi jalanan jadi hal utama saat kita berkendara, bahkan bisa dipastikan hal ini bakal berlaku untuk mobil baru dan mobil bekas pastinya. Karena jika tidak mengenal kondisi jelas bisa merusak kendaraan kesayangan khususnya AC mobil Sahabat lho.

Pahami AC mobil dari 'Luar' hingga 'Dalam'

Seperti debu dan kerikil, kedua hal ini bisa merusak AC Kondensor kendaraan Sahabat. Oleh karena itu tentu Sahabat harus cermat dalam merawat kendaraan kesayangan, dan jangan pernah meremehkan hal sekecil apa pun saat berkendara.

Untuk menghindari AC mobil Sahabat bermasalah, kali ini Garasi.id akan memberikan informasi tentang AC mobil mulai dari cara menghidupkan AC  yang benar, penyebab AC tidak dingin, kondensor AC rusak, hingga tips cara merawat AC mobil tetap dingin. 

Jangan sembarangan oprasikan AC mobil

Operasikan AC mobil jangan sembarangan sahabat! Hidup di negara tropis seperti Indonesia, sudah pasti AC dalam mobil akan berperan aktif dan sangat dibutuhkan setiap pengendara. Sahabat Garasi tahu tidak sih bagaimana  cara menghidupkan AC yang tepat, agar AC kalian tidak cepat rusak? Sahabat bisa membaca cara menghidupkan AC yang baik, agar kondisi AC tetap prima dan membuat sejuk selama perjalanan.

Pahami AC mobil dari 'Luar' hingga 'Dalam'

Mengendarai mobil di daerah perkotaan yang memiliki kepadatan penduduk tinggi serta pepohonan yang minim seperti Jakarta akan membuat pengendara mobil akan terasa sauna didalam mobil jika tidak menggunakan AC. Apalagi ketika sedang terjadi kemacetan, tentunya siapa saja akan tidak betah berlama-lama didalam mobil tanpa adanya pendingin. Bahkan mobil yang sudah ada AC-nya sekalipun, tak sedikit yang mengeluhkan kepanasan. Hal tersebut disebabkan karena AC pada mobil tersebut tidak dingin. Penyebab AC tidak dingin itu bermacam-macam Sahabat Garasi. Banyak hal yang bisa jadi pemicu AC kendaraanmu tidak dingin lho Sahabat. Apa saja si penyebabnya? kamu bisa baca Inilah Penyebab Ac Mobil Tidak Dingin dan Cara Mengatasinya

Selain beberapa penyebab AC tidak dingin diatas, penyebab lain AC tidak dingin yang sering ditemui adalah rusaknya kondensor AC rusak. 

 Kerusakan yang Terjadi Pada Kondensor

  1. Kondensor Bocor
  2. Kondensor Tersumbat
  3. Kondensor Panas
  4. Kondensor Sudah Tua
  5. Kondensor Berkarat

Untuk mengetahui lebih jelas kondensor AC rusak, Sahabat bisa membaca Kenali Penyebab Utama Kondensor AC Mobil Rusak.

Nah bila Sahabat sudah paham soal apa saja hal yang membuat AC kendaraan kesayangan tidak dingin, dan cara pengoprasian AC yang benar. Ada baiknya Sahabat juga mengetahui cara merawat AC mobil agar tetap dingin seperti berikut ini. 

8 Langkah Merawat AC Mobil Tetap Dingin

Pahami AC mobil dari 'Luar' hingga 'Dalam'

Menikmati perjalanan menjadi sempurna dengan dukungan pendingin udara atau air conditioner (AC). Angin dingin yang menerpa wajah dan sekujur tubuh, di saat macet pun rasanya tetap segar. Betul ya Sahabat? Agar air conditioner (AC) milik Sahabat selalu dingin harus tahu cara merawatnya.

Bukan hanya sekedar membersihkan filter AC atau mengisi ulang freon saja.  Namun ada beberapa hal penting lainnya yang wajib kamu lakukan agar AC selalu dingin. Simak beberapa hal penting menurut Garasi.id yang akan membuat AC kamu selalu dingin.

  • Jaga kebersihan kabin
  • Tutup jendela selama berkendara
  • Jangan merokok di dalam mobil
  • Bersihkan kondensor ketika mencuci mobil
  • Memilih tempat parkir yang sejuk
  • Pasang filter kabin
  • Periksa kipas kondensor
  • Kebocoran sistem pendingin

Untuk lebih jelas soal perawatan AC, kamu bisa baca 8 Langkah Merawat AC Mobil Agar Selalu Tetap Dingin dan juga Tips Ampuh Bikin AC Mobil Cepat Dingin. Itulah beberapa penyebab AC mobil tidak dingin, agar kerusakan tidak terjadi, sudah seharusnya Sahabat lebih memperhatikan kondisi AC. Begitulah tips yang bisa diberikan, semoga bermanfaat ya Sahabat.

Foto : Garasi.id

Ditulis oleh ANJAR
Terakhir diupdate: 10 Mei 2020 | 15:29 WIB
Bagikan

Kata Kunci Pencarian

ACpanastidakdinginbeltkompresortipsbelimobilbekasmobilbekasmurahjualmobilmurahjualbelimobilonlinejualbelionlinemobilonline