Merawat cat mobil warna putih
Merawat cat mobil putih

Warna Mobil Tampak Kusam? Begini Cara Merawat Cat Warna Mobil Putih

18 Mar 2021 | 10:59 WIB

Saat ini warna putih menjadi warna yang sangat difavoritkan sebuah mobil. Bukan tanpa alasan, mobil warna putih terlihat lebih mentereng dan elegan jika disejajarkan dengan mobil berwarna gelap.

Tampilan putih yang membalut eksterior mobil menghadirkan kesan elegan dan cemerlang bagi setiap pasang mata yang memandangnya. Untuk bisa terlihat cemerlang, cara merawat cat mobil putih tidaklah bisa disepelekan.

Warna Mobil Tampak Kusam? Begini Cara Merawat Cat Warna Mobil Putih

Ada konsekuensi yang harus ditanggung bagi pemilik mobil berwarna putih. Mereka harus menerima kenyataan jika mobil putih yang mereka miliki lebih "manja" dalam hal perawatan cat mobil ketimbang mobil berwarna lain.  Apa saja sih perawatannya ? Mari simak tips merawat cat mobil warna putih di bawah ini :

Jangan terlalu sering dijemur di bawah terik matahari


Cara merawat cat mobil yang paling mudah adalah jangan memarkirkan mobil di bawah terik sinar matahari terlalu sering. Memang saat ini untuk mendapatkan lokasi parkir lumayan sulit dan seringkali berebut dengan orang lain. Istilahnya siapa cepat dialah yang dapat. Apalagi di daerah perkotaan yang terkenal sangat padat volume kendaraan.

Warna Mobil Tampak Kusam? Begini Cara Merawat Cat Warna Mobil Putih

Jika menghadapi masalah seperti ini, seharusnya kamu yang lebih cerdas dan berpikir panjang. Sahabat bisa menggunakan sarung mobil / cover mobil sebagai salah satu cara merawat cat mobil dirumah. Namun ingat, ada bahaya tersembunyi jika Sahabat tidak waspada ketika menggunakan penutup mobil.

Dampak gunakan sarung mobil di tempat terbuka


Salah satu cara merawat cat mobil kesayangan di rumah adalah dengan membungkus kendaraan tersebut dengan sarung mobil. Sarung mobil sendiri digunakan untuk melindungi mobil dari berbagai macam cuaca mulai dari hujan hingga panas. 

Warna Mobil Tampak Kusam? Begini Cara Merawat Cat Warna Mobil Putih

Biasanya sarung mobil akan terus dibawa dan digunakan pada saat mobil terparkir. Namun, siapa sangka di sisi menguntungkan pemilik kendaraan, penggunaan sarung mobil juga bisa merugikan. Nah, berikut bahaya-bahaya yang dapat ditimbulkan dengan membungkus mobil dengan sarung di tempat terbuka adalah :

Merusak warna cat mobil


Menggunakan sarung mobil pada kondisi terus menerus saat musim hujan malah akan membuat masalah bukan merawat cat mobil. Apabila sarung mobil kehujanan, beberapa sarung mobil akan lengket pada bodi mobil dan membuat permukaan cat mobil menimbulkan bekas. Efek samping memakai sarung mobil ini jika dibiarkan terlalu lama akan berpotensi merusak cat.

Warna Mobil Tampak Kusam? Begini Cara Merawat Cat Warna Mobil Putih

Dalam beberapa kasus, masalah ini bisa hilang hanya dengan dipoles. Akan tetapi, beberapa mobil juga sampai harus dicat ulang agar mobil terlihat baik. Banyak orang menyarankan untuk langsung membasuh atau mengusap sampai benar-benar kering setelah mobil diselimuti sarung mobil guna merawat cat mobil agar tetap baik.

Menimbulkan basah pada permukaan cat mobil


Kondisi ini bisa terjadi ketika mobil yang diselimuti dengan sarung mobil terkena hujan. Setelah hujan reda, segera lepas sarung mobil dari mobil kamu. Sebenarnya bahan dari selimut mobil ini memang bisa mencegah air untuk tembus.

Warna Mobil Tampak Kusam? Begini Cara Merawat Cat Warna Mobil Putih

Akan tetapi, udara dingin bisa menimbulkan embun yang bisa membuat bodi mobil basah. Jika didiamkan maupun dibiarkan kering secara alami, bisa menimbulkan bercak-bercak noda pada cat mobil. Dan sudah pasti kamu harus siap merogoh kocek untuk merawat cat mobil agar terhindar dari bercak-bercak noda yang terlanjur menempel.

Membuat bodi mobil panas


Dalam rangkaian cara merawat cat mobil, efek samping dari sarung mobil yang terjemur sinar matahari yang terik akan membuat bodi mobil panas. Panas dari bodi serta uap panas yang ditimbulkan bisa menyebabkan sebagian bahan sarung mobil ini menempel pada bodi mobil. Dari segi warna cat mobil, penggunaan sarung mobil yang sembarangan bisa membuat warna mobil menjadi belang. 

Jangan cuci mobil dibawah terik matahari


Cara merawat cat mobil putih berikutnya adalah menghindari pencucian di bawah sinar matahari. Masyarakat pada umumnya kebanyakan justru lebih senang mencuci di bawah sinar matahari langsung dibandingkan pada tempat yang teduh. Dengan harapan mobil akan cepat kering karena terkena sinar matahari. Padahal tindakan ini justru salah kaprah.

Warna Mobil Tampak Kusam? Begini Cara Merawat Cat Warna Mobil Putih

Mencuci di bawah sinar matahari justru akan mempercepat merubah dan merusak warna mobil kamu bukan malah merawat cat mobil. Mengapa demikian? Saat kamu mencuci mobil dengan menggunakan sabun atau pun shampo, pastinya akan gelapnya secara menyeluruh terlebih dahulu baru dibilas.

Waspada! Ini 5 Ciri Komponen Kaki-Kaki Mobil yang Rusak


Sahabat Garasi merasa kendaraan sudah tidak nyaman dikendarai, disarankan untuk ikut melakukan pemeriksaan pada bagian kaki-kaki mobil.

Banyak orang yang belum menyadari hal itu. Mana mungkin selesai cuci langsung bilas perbagian. Sama halnya dengan pemborosan air. Solusi terbaiknya adalah melakukan pencucian mobil di tempat yang teduh. Kecuali kamu mencucinya hanya menggunakan air saja tanpa sabun atau sampo, tidak menjadi masalah. 

Gunakan Sabun dan Sampo Khusus


Dalam rangkaian cara merawat cat mobil, untuk urusan sabun dan sampo jangan menggunakan sembarangan ya. Jangan gunakan sabun mandi, atau sabun pencuci baju. Penggunaan yang tidak sesuai dengan fungsinya akan merusak cat mobil.

Warna Mobil Tampak Kusam? Begini Cara Merawat Cat Warna Mobil Putih

Sangat  disarankan untuk menggunakan sabun dan juga sampo khusus yang memang dibuat serta diperuntukkan untuk mencuci mobil. Dengan begitu cat mobil akan terjaga kebersihannya dan warna bisa bertahan dalam jangka waktu yang lama.

Lakukan pembilasan mobil dengan benar


Cara merawat cat mobil warna putih selanjutnya terletak pada proses pembilasan setelah mencuci. Proses pembilasan saja harus menggunakan cara yang benar agar tidak timbul bercak – bercak bekas sabun atau pun sampo. Cara pembilasan yang benar adalah dengan satu arah saja.

Bisa  dimulai dari bagian atas ke bawah, hal ini bertujuan untuk langsung membersihkan sabun dan juga kotoran agar segera turun dengan cepat tanpa meninggalkan sisa yang nantinya akan menimbulkan bercak.

Selalu jaga kebersihan mobil


Mobil dengan warna dasar putih sangat rentan terhadap kotoran atau pun debu. Justru sekarang ini sedang tren warna mobil putih. Banyak orang yang memutuskan untuk memilih warna putih daripada warna lainnya seperti hitam, abu, silver.

Warna Mobil Tampak Kusam? Begini Cara Merawat Cat Warna Mobil Putih

Jika ditanya kenapa pilih warna putih, jawabnya sangat singkat sedang tren. Warna hitam dianggap sudah biasa dan ketinggalan zaman. Memilih warna putih, berarti harus tau konsekuensinya yakni rajin membersihkannya. Selalu bersihkan setelah digunakan, apalagi dalam jarak yang cukup jauh, pasti debu sudah menempel tebal.

Jangan sampai keduluan orang iseng yang menggaris – gariskan tangannya sehingga mobil kamu terlihat tidak terurus. Untuk membersihkan setiap hari kerja (weekdays) Sahabat cukup mengelapnya dengan menggunakan kanebo setengah basah saja.

Berikan lapisan pelindung cat warna mobil


Pada akhir-akhir ini yang sangat banyak diperbincangkan mengenai masalah coating yang sudah menjadi trending topic di kalangan pecinta otomotif. Banyak yang menanyakan tentang apa itu coating mobil? Juga ada pula yang bertanya tentang apa saja manfaat yang dapat kita peroleh dari melakukan perawatan coating mobil? Lalu apakah ada perawatan mobil setelah di coating, atau berhenti sampai situ saja?

Warna Mobil Tampak Kusam? Begini Cara Merawat Cat Warna Mobil Putih

Coating mobil sendiri adalah proses pelapisan menggunakan produk coating pada bagian body mobil dengan tujuan untuk melindungi cat mobil supaya terlihat tetap mengkilap. Proses coating sendiri biasanya dikerjakan oleh tenaga profesional pada salon mobil karena dibutuhkan alat yang khusus dan ketelitian. 

Warna Mobil Tampak Kusam? Begini Cara Merawat Cat Warna Mobil Putih

Berapa lama daya tahan coating mobil? Terkait daya tahan sebenarnya tergantung dari produk coating  yang digunakan. Namun secara umum coating yang bagus dan dikerjakan dengan proses yang benar maka bisa bertahan hingga 3 tahun bahkan lebih. Nah, bagi Sahabat yang ingin melindungi cat mobil sebagai salah satu bentuk cara merawat cat mobil, Garasi.id punya berbagai layanan perawatan mobil lho. Mulai dari perawatan berkala mobil, interior mobil hingga eksterior mobil seperti halnya coating. Jangan takut, karena Garasi.id bekerjasama dengan partner-partner yang sudah memiliki reputasi sangat baik jadi mobilmu di tangani secara profesional dan handal.

Foto: Garasi.id

Ditulis oleh RIZKY YUNIHARTO
Terakhir diupdate: 10 Mei 2021 | 15:03 WIB
Bagikan

Kata kunci pencarian

tipstipsotomotiftipsgarasitipsototipsdantrikotomotiftipsmobil
Kontak email [email protected]
Nomor WA 081522550888
Logo Garasi.id
Copyright © 2024 PT. Digital Otomotif Indonesia.
All Rights Reserved
Member Of 
Blibli
 Family