Rem parkir mobil
Rem parkir mobil

Kenali Jenis Rem Parkir Mobil dan Cara Menggunakannya

31 Jul 2020 | 12:00 WIB

Sistem rem parkir mobil memiliki fungsi yang krusial untuk menghentikan laju kendaraan. Tetapi jangan salah, fungsi rem parkir pada mobil hanya boleh digunakan ketika mobil berada di kondisi berhenti atau diam. Lalu, bagaimana sistem kerjanya?

Kenali Jenis Rem Parkir Mobil dan Cara Menggunakannya

Rem parkir mobil merupakan jenis rem mobil yang umumnya terletak dibagian roda belakang kendaraan yang memiliki tugas untuk mengunci roda kendaraan agar mobil tidak bergerak ketika mobil sedang terparkir.

Toyota Fortuner - SUV


Mobil SUV maskulin dan gagah keluaran Toyota ini bisa menjadi pilihan untuk kamu yang mau memiliki mobil gagah. Tersedia mulai dari Fortuner TRD, SRZ, VRZ dan tipe G.

Mungkin, kita pernah melihat sebuah kejadian dimana mobil bergerak sendiri ketika sedang terparkir. Seperti itulah gambaran mobil tanpa rem parkir mobil. Meski mengusung nama rem, sistem ini tidak diperuntukan untuk digunakan ketika mobil sedang berjalan.

Kenali Jenis Rem Parkir Mobil dan Cara Menggunakannya

Hal itu karena rem parkir mobil memiliki sistem lock bukan return. Sehingga ketika kita mengangkat rem parkir mobil, tidak secara otomatis rem bisa release seperti rem pedal.

Bagaimana rem parkir mobil bisa bekerja?


Secara umum, rem parkir mobil memanfaatkan rem tromol sebagai media pengunci ban di roda belakang. Namun, pada pengoperasiannya ada dua macam yakni sistem tombol dan tuas. 

Kenali Jenis Rem Parkir Mobil dan Cara Menggunakannya

Meski memiliki beda pengoperasian, namun pada prinsipnya sama yakni menarik kabel rem tromol. Jika pada sistem tuas kita memanfaatkan prinsip ayunan sederhana dimana tuas yang kita tarik akan menarik kabel rem. Sementara sistem Elektrik Parking Brake menggunakan motor untuk menarik kawat rem. Alur kerjanya seperti dijelaskan dibawah

Saat rem parkir mobil ditarik

Saat tuas rem ditarik, maka tuas tersebut akan menarik kawat yang sudah di mount di bagian bawah tuas rem. Saat ini, Sahabat akan mendengar bunyi kuncian. Bunyi tersebut dihasilkan karena lock point berinteraksi dengan lock gear.

Kenali Jenis Rem Parkir Mobil dan Cara Menggunakannya

Saat kawat tertarik otomatis ujung kawat juga tertarik, hal itu akan menarik Park brake strut yang terletak didalam rem tromol. Saat park brake strut tertarik otomatis komponen park brake lever juga akan tertarik.

Komponen park brake lever bekerja seperti ayunan yang bisa menggerakan kedua kampas rem dari satu arah, pada ujung atas komponen ini terdapat suatu poros atau engsel yang terletak di leading shoe, sementara dibawah poros tersebut terdapat adjusting screw yang digunakan untuk menyetel ketinggian rem tangan.

Kenali Jenis Rem Parkir Mobil dan Cara Menggunakannya

Saat park brake lever tertarik, otomatis poros dibagian ujungnya menjadi engsel yang membuat bagian tengah lever mendorong adjusting screw. Akibatnya trailing shoe tertekan, ketika trailing shoe menyentuh tromol maka bagian adjusting screw berubah menjadi tumpuan. Sehingga jika brake lever terus ditarik maka akan terjadi efek ayunan yang membuat bagian poros yang berada pada leading shoe terdorong ke arah tromol.

Hal tersebut membuat rem tromol dalam keadaan mengembang. Sehingga ban belakang bisa terkunci.

Saat rem parkir mobil dilepas

Kenali Jenis Rem Parkir Mobil dan Cara Menggunakannya

Ketika hand brake diturunkan, maka spring pada tuas dan pada sistem tromol rem akan mendorong kampas rem untuk kembali menciut. Hal tersebut dimulai ketika lock nut yang berfungsi mengunci rem tangan ditekan. Itu akan membuat kuncian pada tuas rem parkir mobilterlepas sehingga gaya balik pegas secara otomatis mengembalikan posisi rem agar tidak menekan tromol.

Apa saja komponen pada sistem hand brake ?


Seperti yang kita bahas diatas, sistem rem ini mengikuti pada sistem rem tromol biasa dengan komponen,

  • Tuas rem
  • Lock Nut
  • Locking Point
  • Kawat kabel
  • Park brake strut and spring
  • Park brake lever
  • Adjuster screw
  • Brake shoe

Meskipun berbeda, namun pada tujuannya sama yaitu menahan kendaraan agar roda terkunci dan mobil tidak bergerak meski keadaan mesin mati. Tidak sampai disitu, perlu Sahabat ketahui rem parkir mobil itu memiliki bermacam-macam jenis.

Jenis Rem Parkir Mobil

Rem parkir mobil model tuas tarik

Untuk rem parkir mobil model ini sangat banyak ditemukan pada kendaraan jadul seperti mobil Toyota Kijang Kotak, Isuzu Panther model lawas / model pick up dan lain sebagainya. Untuk mobil keluaran terbaru pun saat ini masih ada lho yang menggunakannya yakni mobil Nissan Datsun Go.

Kenali Jenis Rem Parkir Mobil dan Cara Menggunakannya

Rem parkir mobil model tarik ini memanfaatkan sistem rem tromol / drum brake sehingga Sahabat sebagai pemilik mobil harus telaten melakukan perawatan di bagian drum brake, terutama dalam membersihkan debu kampas rem serta pelumasan komponen bergerak didalamnya. Termasuk juga penyetelan di bagian pengunci rem karena bisa longgar kabel selingnya seiring pemakaian.

Untuk pengoperasian rem parkir mobil ini sangat mudah sekali walau membutuhkan tenaga yang lumayan, cukup Sahabat tarik tuas rem parkir ini secukupnya, dan untuk membebaskan rem parkir mobil model tarik ini biasanya kita harus menarik tuas rem sedikit keatas, lalu memutarnya ke kiri dan melepaskannya.

Rem parkir mobil model tuas dongkrak

Kenali Jenis Rem Parkir Mobil dan Cara Menggunakannya

Rem parkir mobil model tuas atau orang paling sering menyebutnya dengan sebutan hand rem / rem tangan ini adalah salah satu jenis rem parkir mobil yang paling banyak diaplikasikan pada kendaraan model baru. Contoh mobil yang menggunakan rem parkir mobil jenis ini banyak sekali, mulai dari Toyota Avanza, Isuzu Panther model terbaru, Daihatsu Terios dan lain sebagainya.

Posisi dari tuas rem tangan ini berada di sebelah kiri pengemudi, tempatnya biasanya berada di belakang kanan tuas perseneling mobil. Untuk mengoperasikannya cukup Sahabat tarik keatas rem parkir mobil tersebut secukupnya. Untuk membebaskan rem parkir mobil model ini caranya adalah, tarik sedikit tuas rem keatas, kemudian tekan tombol diujung tuas sembari ditahan, barulah Sahabat bisa menurunkan tuas rem parkir mobil.

Rem parkir model tuas ini masih menggunakan sistem rem tromol dalam pengoperasiannya, atau sistem rem ganda yang mana untuk pengereman utama menggunakan rem cakram, namun didalamnya terdapat teromol yang di khususkan untuk rem parkir seperti mobil Toyota Fortuner, Isuzu MU-X dan lain sebagainya.

Perawatan dari rem parkir model tuas ini sama hal nya dengan merawat rem parkir model tarik, Sahabat perlu melakukan perawatan berkala di bagian drum brake guna membersihkan sisa sisa debu kampas rem, serta melumasi komponen bergerak yang ada didalamnya dengan menggunakan vet / grease.

Untuk penyetelan rem parkir ini sebaiknya dilakukan secara seimbang, yakni dengan cara menyetel baut pengatur kelonggaran yang berada di bagian tromol, maupun melalui baut penyetel yang biasanya terletak di bagian bawah tuas rem parkir.

Rem parkir model pedal

Untuk model rem parkir mobil model pedal ini memiliki cara kerja yang hampir sama dengan rem parkir yang menggunakan tuas, hanya saja posisi rem parkirnya berupa pedal yang biasanya terletak di samping kiri pedal kopling untuk mobil manual, atau di samping kiri pedal rem untuk mobil matik.

Kenali Jenis Rem Parkir Mobil dan Cara Menggunakannya

Untuk mengaktifkan rem parkir mobil model pedal ini Sahabat cukup menginjak pedal rem parkir secukupnya saja, dan untuk membebaskannya Sahabat perlu menginjak kembali pedal rem parkir mobil tersebut sedikit lebih dalam sampai nanti pedal rem terangkat ke posisi semula. Rem parkir model pedal ini banyak ditemukan di mobil kelas premium seperti Toyota Camry, Lexus, Beberapa model dari mobil Marcedes Benz serta Holden Torana lawas pun memakainya.

Rem parkir elektrik

Rem parkir mobil elektrik ini juga dulunya merupakan jenis rem mobil yang banyak diaplikasikan pada kendaraan premium seperti yang ada pada mobil Lexus maupun pada BMW seri 7 E65 yang dirilis pada tahun 2001 lalu. Namun seiring berkembangnya teknologi keberadaan rem model elektrik ini sudah diaplikasikan pada kendaraan ber level menengah keatas.

Kenali Jenis Rem Parkir Mobil dan Cara Menggunakannya

Beberapa tahun yang lalu, rem parkir mobil elektrik merupakan fitur yang hanya terdapat pada kelas premium. Mulai dari munculnya pertama kali pada BMW Seri 7 E65 pada 2001, fitur ini dianggap semakin memudahkan kerja pengemudi.Seiring berkembangnya teknologi, fitur ini mulai hadir pada mobil-mobil level menengah seperti yang ada pada mobil Chevrolet Captiva facelift.

Kenali Jenis Rem Parkir Mobil dan Cara Menggunakannya

Untuk mengoperasikan rem parkir model ini tentu saja sangat mudah sekali, cukup dengan memainkan tombol rem parkir dengan cara menekan untuk mengaktifkan, dan mengangkat keatas untuk menonaktifkan.

Karena sudah elektrik maka kabel seling tidak digunakan lagi dan diganti dengan motor elektrik dan sensor canggihnya. Beberapa jenis mobil memiliki aturan aktivasi yang berbeda beda, misalnya saja Sahabat harus menginjak pedal rem terlebih dahulu baru kemudian rem parkir elektrik bisa aktif.

Foto : Garasi.id

Ditulis oleh RIZKY YUNIHARTO
Terakhir diupdate: 13 Nov 2020 | 14:54 WIB
Bagikan

Kata kunci pencarian

tipsandtrickmobilrawatremmobilotomotifgarasiidjenis rem mobilrem parkir mobil
Kontak email [email protected]
Nomor WA 081522550888
Logo Garasi.id
Copyright © 2024 PT. Digital Otomotif Indonesia.
All Rights Reserved
Member Of 
Blibli
 Family